Telkom Bantu UMKM Cari Cuan di Pasar B2B Lewat Teknologi – Page 3

Liputan6.com, Jakarta – Platform B2B (business-to-business) yang diinisiasi PT Telkom Indonesia, PaDi UMKM,  akan membuka saluran bisnis lebih luas bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ke pasar yang lebih besar, seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sektor swasta.

Melalui Business Matching, PaDi UMKM telah membantu UMKM terhubung langsung dengan pembeli potensial yang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.

EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, mengatakan inisiatif Business Matching yang dihadirkan PaDi UMKM merupakan bukti nyata Telkom membangun ekosistem digital yang kuat.

“Harapannya, teknologi yang dihadirkan dapat menjawab tantangan UMKM, khususnya dalam hal kemudahan akses serta peningkatan skala bisnis di bidang B2B,” tutur Komang melalui keterangannya, Kamis (3/10/2024).

PaDi UMKM tidak hanya sekadar mempertemukan pelaku usaha dengan pembeli, tetapi juga membantu UMKM memahami cara bermain di pasar B2B.

Lewat program PaDi Talks dan Temu Sobat, pelaku UMKM diajarkan cara meningkatkan daya saing melalui digitalisasi, memanfaatkan teknologi, hingga mengelola transaksi lebih efisien.

Hal ini tidak hanya meningkatkan skala bisnis UMKM, tetapi juga berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.