Penumpang Whoosh Membludak-Pecah Rekor Terbanyak, Ini Alasannya

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebanyak 22.249 penumpang menggunakan Kereta Cepat Whoosh dalam satu hari pada Kamis (27/6) lalu. Angka itu memecahkan rekor sebagai jumlah penumpang harian tertinggi sejak Whoosh dioperasikan secara komersil.

Dari total 22.249 penumpang, sebanyak 11.482 penumpang berangkat dari Stasiun Halim, 8.123 penumpang dari Stasiun Padalarang, dan 2.644 penumpang dari Stasiun Tegalluar.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, saat ini rata-rata harian volume penumpang whoosh mencapai 17.000-an per hari.

Adapun kenaikan volume pada akhir pekan ini juga dipengaruhi dengan adanya momen libur sekolah yang saat ini sudah mulai berlangsung. Banyak penumpang keluarga yang menggunakan Whoosh untuk berlibur di Jakarta maupun di Bandung.

“KCIC berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah menggunakan Whoosh. Sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023, Whoosh telah melayani sebanyak 3,5 juta penumpang,” kata Eva.

Menurut dia, capaian tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat dalam menjadikan Whoosh sebagai moda pilihan. Ke depan, pihak KCIC berjanji akan terus meningkatkan pelayanan Whoosh, baik di stasiun hingga dalam perjalanan.

Secara bertahap rata-rata penumpang harian Whoosh Juga bertambah. Pada bulan Juni, rata-rata jumlah penumpang Whoosh per hari mencapai 17,2 ribu penumpang.

Jumlah ini meningkat 3% jika dibandingkan rata rata harian penumpang di bulan Mei sebanyak 16,7 ribu atau meningkat 26% jika dibandingkan bulan April sebanyak 13,6 ribu penumpang per hari.

Eva menjelaskan, peningkatan ini juga didukung melalui penambahan perjalanan Whoosh Secara bertahap. Dari 14 perjalanan, 28 perjalanan, 36 perjalanan, 40 perjalanan, hingga 48 perjalanan perhari sejak Desember 2023.

“Perjalanan yang singkat, nyaman, serta memiliki ketepatan waktu yang tinggi menjadi nilai tambah kenapa masyarakat memilih Whoosh,” ujar Eva.

Inovasi seperti batal dan ubah jadwal secara online, penerapan tarif dinamis, layanan pemesanan rombongan, Frequent Whooser Card, Contact Center yang dapat diandalkan, kerjasama destinasi wisata, integrasi antar moda yang terus bertambah juga menjadi faktor-faktor penting yang mempengaruhi peningkatan jumlah penumpang Whoosh secara bertahap.

“KCIC akan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk menghadirkan inovasi dan peningkatan layanan. Harapannya, akan semakin banyak masyarakat yang akan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik yang ramah lingkungan,” Eva memungkasi.

(fab/fab)