Netflix Naikkan Harga dan Tambah Pelanggan Jadi 9 Juta, meski Ada Pemogokan

19 October 2023, 8:04

TEMPO.CO, Jakarta – Netflix (NFLX.O) menaikkan harga langganan untuk beberapa paket streaming di Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis pada hari Rabu, 18 Oktober 2023, karena hal tersebut menghancurkan ekspektasi pelanggan baru, sehingga membuat sahamnya melonjak 13%.Hampir 9 juta pelanggan bergabung dengan Netflix di seluruh dunia pada kuartal ketiga, melampaui perkiraan analis Wall Street sebesar 6 juta, menurut LSEG. Netflix memperkirakan akan ada tambahan jumlah serupa pada kuartal ini.Kinerja yang kuat menunjukkan Netflix tetap berkembang meskipun ada ketegangan perburuhan di Hollywood yang menghentikan sebagian besar produksi di AS. Netflix membuat banyak acara dan filmnya di luar negeri, yang menyumbang sebagian besar pendaftaran barunya.Netflix menunjuk pada kesuksesan global “One Piece”, sebuah adaptasi live-action dari serial manga Jepang yang terkenal dan contoh dari investasi besar mereka dalam cerita-cerita dengan resonansi lokal yang berkeliling dunia. Raksasa streaming ini juga menarik pemirsa baru untuk acara televisi yang sudah lama tayang, seperti drama hukum “Suits”, yang dilisensi dari Comcast (CMCSA.O), dan serial Perang Dunia Kedua HBO “Band of Brothers”.“Ini adalah saat-saat saya senang kita memiliki pilihan program yang kaya, mendalam, dan luas,” kata co-CEO Netflix Ted Sarandos setelah merilis hasil kuartalan. “Hal yang sama juga terjadi selama masa COVID, ketika kami mampu mengelola proses tersebut melalui gangguan produksi yang berkepanjangan dan tidak dapat diprediksi.”Para penulis film dan televisi Hollywood meratifikasi kontrak baru bulan ini, namun para aktor tetap melakukan pemogokan. Sarandos mengatakan Netflix “berkomitmen penuh untuk mengakhiri pemogokan ini.”Perolehan pelanggan pada kuartal ketiga merupakan peningkatan kuartalan terkuat sejak kuartal kedua tahun 2020, ketika lockdown di awal pandemi global menyebabkan lonjakan langganan streaming yang belum pernah terjadi sebelumnya.Netflix menaikkan harga paket bebas iklan premium di AS sebesar $3 per bulan menjadi $22,99. Biaya premi naik sebesar 2 pound menjadi 17,99 pound di Inggris dan sebesar 2 euro menjadi 19,99 euro di Perancis.Investor menyambut baik berita tersebut, membuat saham Netflix naik menjadi $390,80 dalam perdagangan yang diperpanjang dari penutupan $346,19.Analis PP Foresight, Paolo Pescatore, mengatakan pertumbuhan Netflix pada kuartal ketiga merupakan bukti tindakan keras baru-baru ini terhadap pembagian kata sandi dan peluang pertumbuhan ketika beralih ke periklanan.“Hal ini berjalan dengan baik, dan upaya-upaya yang dilakukan saat ini semuanya mengarah ke arah yang benar,” katanya.Keuntungan globalIklan

Kenaikan harga diumumkan dalam laporan pendapatan yang menunjukkan basis pelanggan global perusahaan mencapai 247 juta pada akhir September.Peningkatan jumlah pelanggan yang signifikan terjadi di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, di mana Netflix menambah hampir 4 juta pelanggan. Lebih dari 70% anggotanya kini tinggal di luar Amerika Serikat.Selama kuartal tersebut, “Suits” menjadi judul yang paling banyak ditonton di seluruh film, TV asli, dan TV streaming di AS selama 12 minggu berturut-turut setelah ditayangkan di Netflix. Serial yang dibintangi istri Pangeran Harry, Meghan Markle ini pertama kali ditayangkan di jaringan kabel AS pada tahun 2011 hingga 2019.“Seiring dengan berkembangnya lingkungan kompetitif, kami mungkin memiliki peluang yang lebih besar untuk melisensikan lebih banyak judul populer,” kata Netflix dalam surat triwulannya kepada pemegang saham.Perusahaan membukukan pendapatan $8,54 miliar, sejalan dengan perkiraan analis. Pendapatannya mencapai $3,73 per saham, melampaui ekspektasi Wall Street sebesar $3,49.Perkiraan Netflix untuk pendapatan kuartal keempat sebesar $8,69 miliar sedikit di bawah perkiraan analis sebesar $8,77 miliar.Pemogokan penulis dan aktor tersebut mendorong Netflix untuk merevisi proyeksi pengeluaran konten menjadi $13 miliar pada tahun 2023, dengan asumsi studio-studio tersebut mencapai kesepakatan dengan aktor-aktor yang melakukan aksi mogok tersebut “dalam waktu dekat”.Jumlah tersebut turun dari perkiraan pengeluaran sebesar $17 miliar.Netflix mengatakan pihaknya terus mendominasi jumlah penonton. Pemrograman Netflix menyumbang 8% dari waktu tayang televisi, nomor dua setelah YouTube, kata perusahaan itu, mengutip data Nielsen.Pilihan Editor: Beasiswa Kemitraan S2 Dalam Negeri Kemenkominfo Masih Dibuka, Terbuka untuk PNS hingga Masyarakat UmumSelalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi