Gaet Kemendikbudristek, LOreal Hairducation Komitmen Cetak Generasi Muda Siap Kerja di Industri Tata Rambut

3 March 2024, 23:30

Warta Ekonomi, Jakarta –
L’Oréal Hairducation sudah terhitung 7 tahun menjalani kemitraan strategis antara PT L’Oréal Indonesia dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Tata Kecantikan Rambut di seluruh Indonesia dalam mencetak hairdressers berkualitas dan siap kerja di industri tata rambut Indonesia.
Baca Juga: Menperin Kasih Bukti Jika Industri Tidak Sedang Alami Deindustrialisasi

Sampai saat ini, program L’Oréal Hairducation pun telah menjangkau sebanyak 28 SMK di Indonesia dengan 54 guru terlatih dan lebih dari 1.700 lulusan SMK yang siap berkarya di industri tata rambut.
“Program L’Oréal Hairducation, yang diusung oleh brand kami, L’Oréal Professionnel, merupakan wujud komitmen kami untuk turut berperan aktif dalam mendukung program Pemerintah untuk mengedukasi generasi muda dan mengembangkan kualitas talenta siap kerja di Indonesia, terutama di industri tata rambut. Hal ini sejalan dengan misi L’Oréal untuk menciptakan dunia kecantikan yang menggerakkan Indonesia,” jelas Melanie Masriel, Chief of Corporate Affairs, Engagement, and Sustainability PT L’Oréal Indonesia. 
Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D, Plt, mengatakan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh kepada program L’Oréal Hairducation sebagai salah satu upaya mewujudkan tranformasi SMK yang menyeluruh dan berkelanjutan.
Baca Juga: Pelaku Industri, Asosiasi dan Regulator Sepakat Pajak Kripto Harus Dikaji Ulang
“Melalui kemitraan ini, kami memastikan kurikulum pembelajaran sekolah vokasi jurusan tata kecantikan terus berkembang untuk dapat menjawab kebutuhan industri salon yang dinamis. Melalui kerjasama industri, dalam hal ini L’Oréal Indonesia, kami berfokus pada program pelatihan yang mengedepankan keterampilan bekerja, sehingga lulusan vokasi akan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja dan masyarakat saat ini.”
Sejak pertama kali dijalankan pada tahun 2017, program L’Oréal Hairducation memberikan pelatihan pengembangan skill tata rambut kepada para guru SMK jurusan Tata Kecantikan Rambut terpilih di Indonesia. Kegiatan belajar mengajar turut didampingi oleh tim edukator dari L’Oréal Professionnel dan dukungan juga diberikan berupa produk untuk mendukung kegiatan pembelajaran bagi siswa SMK. 
Melalui dukungan mitra salon, kesempatan praktek kerja lapangan terbuka untuk para siswa sehingga memberikan pengalaman berinteraksi langsung dengan konsumen di salon. Program pembelajaran L’Oréal Hairducation tidak hanya mengajarkan keterampilan teknis, tetapi juga menumbuhkan kreativitas dan keterampilan bisnis yang diperlukan dalam industri yang terus berkembang ini.
Queentia Tampubolon, Education & Business Development Director, Professional Product Division PT. L’Oréal Indonesia, mengungkap, “Kami bekerja sama dengan lembaga survei independen pada tahun 2023 untuk memahami dampak dari program yang telah kami jalankan selama 7 tahun di Indonesia. 97% lulusan merasa puas terhadap keseluruhan program dan 86% menyatakan bahwa program tersebut meningkatkan rasa percaya diri mereka.”
Baca Juga: Didampingi Nadiem, Jokowi Turun Bagikan Program Indonesia Pintar di 2024
Lebih lanjut, Queentia menyebut bahwa 82% lulusan menyatakan manfaat utama dari mengikuti program Hairducation adalah untuk memperoleh kemampuan baru, seperti Basic and Fashion Coloring, Hairstyling, dan Hair Diagnosis & Consultation.
“Sebanyak 61% lulusan L’Oréal Hairducation kini telah menjalankan karir mereka di industri tata rambut, baik membuka salon sendiri, maupun bekerja di salon atau menjadi freelance hairstylists. Hal ini menjadi bukti nyata dari manfaat program L’Oréal Hairducation dalam menyiapkan lulusan SMK jurusan Kecantikan untuk masuk ke dunia kerja,” imbuhnya. 

Ke depannya, L’Oréal Hairducation berambisi untuk dapat menjangkau lebih banyak lagi SMK dan peserta didik hingga ke seluruh Indonesia. 
Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Partai

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi