Palmeera Lounge: Jemaah Umrah-Haji Perlu Dukungan Fasilitas Premium

Palmeera Lounge: Jemaah Umrah-Haji Perlu Dukungan Fasilitas Premium

Jakarta, Beritasatu.com – Jemaah umrah di Indonesia diyakini layak mendapatkan perlakuan istimewa. Dari segi jumlah, berdasarkan  data resmi Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (siskopatuh) hingga 13 April 2025, jumlah jemaah umrah yang berangkat ke Tanah Suci mencapai 648.485 orang. 

Angka ini tergolong tinggi, mengingat saat ini masih awal tahun dan belum memasuki musim puncak umrah yang banyak terjadi pada akhir tahun. Jumlah yang besar itu artinya setiap jemaah umrah di Indonesia memberikan kontribusi yang tinggi bagi perekonomian Indonesia dan luar negeri. 

Hanya saja tidak bisa dipungkiri jika layanan yang diberikan kepada jemaah umrah justru kurang begitu maksimal. Menteri BUMN Erick Thohir, pada Januari 2025, juga pernah menekankan perlunya ekosistem yang lebih rapi dalam pengelolaan keberangkatan jemaah.  

Hal ini kemudian diperkuat Presiden Prabowo Subianto pada Mei 2025 yang menginginkan formula terbaik agar jemaah umrah memperoleh layanan yang aman dan nyaman. Keinginan ini yang coba dipenuhi oleh Palmeera Lounge yang ada di Terminal 2F Gate 6 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Menurut mereka setiap jemaah umrah layak mendapatkan fasilitas premium sejak awal keberangkatan mereka menuju tanah suci. 

Palmeera Lounge hadir sebagai ruang tunggu berstandar hotel bintang lima yang dibuat untuk meningkatkan kenyamanan jemaah umrah dan haji, dengan ruang istirahat yang cozy serta fasilitas pendukung yang dirancang mengutamakan kenyamanan.  Kehadiran lounge ini merupakan bagian dari upaya pemerintah melakukan sentralisasi layanan jemaah umrah dan haji. 

Palmeera Lounge merupakan lounge terbesar dan halal pertama di Asia Tenggara yang ada di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta. Lounge ini siap melayani jemaah haji dan umrah Tanah Air. – (Beritasatu.com/Wahyu Sahala Tua)

Managing Director Palmeera Lounge, Tomi Isnawan, menegaskan komitmen mereka dalam menyediakan layanan terbaik.   “Dengan adanya regulasi baru tersebut, kami Palmeera Lounge hadir sebagai gerbang kelas dunia yang memberikan pelayanan terbaik dan inklusif bagi seluruh jemaah di Indonesia, dan ini sebagai wujud penghormatan tertinggi kepada bangsa,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (10/12/2025). 

Tak hanya itu, Tomi menambahkan bahwa lokasi lounge yang terhubung langsung dengan jalur pemeriksaan mempercepat proses keberangkatan. 

“Untuk mereka yang memulai perjalanan melalui Palmeera Lounge, akan lebih mudah mencapai pesawat karena kami satu-satunya lounge di Terminal 2F yang memiliki area SCP dan langsung terhubung dengan TPI, sehingga jemaah tidak harus berjalan kaki dengan jarak yang jauh,” jelasnya.

Palmeera Lounge memiliki kapasitas hingga ±1.000 orang yang dibagi ke tiga area: Reguler, VIP, dan VVIP. Fasilitas yang disediakan mencakup mushola, area sofa berkonsep grouping, view langsung ke pesawat, serta buffet halal bersertifikat. Setiap hari tersedia sekitar 40 varian makanan dan minuman, mulai dari masakan Nusantara, Asian, hingga Western, lengkap dengan berbagai kudapan dan minuman yang dapat dinikmati sepuasnya.

Sejak diperkenalkan pada Juli 2024, Palmeera Lounge telah menjalin kerja sama dengan sejumlah travel agent penyelenggara perjalanan jemaah umrah dan haji. Tomi juga berharap semua maskapai dapat mengikuti arah kebijakan pemerintah. 

“Kami tentunya menyambut baik apabila Saudia Airlines segera bergabung dengan dua maskapai lainnya di Terminal 2F Gate 6. Hal tersebut sejalan dengan keinginan pemerintah yang ingin melakukan sentralisasi urusan Umroh dan Haji,” katanya.

Pengoperasian lounge ini didukung berbagai pihak, termasuk Angkasa Pura Indonesia di bawah kepemimpinan Muhammad Rizal Pahlevi. Selain ditujukan untuk jemaah umrah, Palmeera Lounge juga terbuka bagi pelanggan reguler yang ingin merasakan layanan premium. Selama Desember 2025 hingga Januari 2026, lounge ini memberikan promo khusus bagi pengunjung.

Dengan fasilitas lengkap dan akses yang lebih efisien ini, jemaah umrah dapat menikmati pengalaman keberangkatan yang lebih nyaman dan berkelas sebelum memulai perjalanan ibadah mereka.