1,3 Juta Penumpang Naik LRT Jabodebek selama Maret 2024

31 March 2024, 8:38

TEMPO.CO, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mencatat ada sebanyak 1.339.810 pengguna Light Rail Transit atau LRT Jabodebek selama Maret 2024. Angka tersebut mengalami peningkatan 6 persen dibanding jumlah pengguna di Februari 2024, yaitu 1.261.111 orang.Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono, menyatakan, rata-rata pengguna LRT Jabodebek di Maret 2024 mencapai 58 ribu per harinya. Peningkatan pengguna LRT Jabodebek di Maret juga terjadi saat hari kerja.Ia mengungkapkan, rata-rata harian pengguna LRT Jabodebek di hari kerja selama Maret sebanyak 60.943 orang. Sedangkan pada Februari, LRT Jabodebek mencatat pengguna harian hanya mencapai 51.840 orang.”Berdasarkan evaluasi kami, tren rata-rata harian pengguna di Maret terus meningkat setiap harinya,” kata Mahendro dalam keterangannya, Sabtu, 30 Maret 2024. Dengan adanya jumlah peningkatan pengguna tersebut, ia menyatakan bahwa bakal mengoperasikan kembali 308 perjalanan LRT Jabodebek di hari kerja selama April 2024. Sementara untuk akhir pekan, LRT Jabodebek menjadwalkan sebanyak 260 perjalanan.”Langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap tren peningkatan jumlah pengguna yang signifikan pada Maret setelah diberlakukan pola operasi yang sama,” ucapnya.Iklan

Dengan pola operasional tersebut, nantinya jarak antar kereta atau headway saat hari kerja menjadi 12,5 menit pada lintas Jatimulya/Harjamukti menuju Cawang. Selain itu, dari lintas Cawang menuju Dukuh Atas jarak antar keretanya mencapai 6 menit.”Sedangkan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, peak headway akan tetap 12,5 menit dan off peak headway akan menjadi 19,5 menit,” ujar Mahendro.Meski mengalami peningkatan jumlah pengguna dari bulan sebelumnya, Mahendro meyakini bahwa jumlah rata-rata pengguna harian LRT Jabodebek belum mencapai puncaknya. Karena itu, katanya, pihaknya memutuskan kembali mengoperasikan 308 perjalanan saat hari kerja dan 260 perjalanan saat akhir pekan di April 2024.Ia menuturkan, bahwa KAI berkomitmen meningkatkan kualitas layanan serta akan terus mengeksplorasi potensi pertumbuhan pengguna yang lebih besar. “Kami ingin melihat seperti apa pertumbuhan jumlah pengguna jika pola operasi yang ditetapkan lebih konsisten dan panjang,” katanya.Pilihan Editor: PT KAI Daop 4 Semarang Siapkan 421.020 Kursi saat Mudik Lebaran, 41 Persen Telah Terisi

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi