Organisasi: API

  • Panduan Masuk Ancol untuk Penonton Formula E Jakarta

    Panduan Masuk Ancol untuk Penonton Formula E Jakarta

    Jakarta: Ajang balap Formula E 2025 seri Jakarta bertajuk Jakarta E-Prix siap digelar pada Sabtu, 21 Juni 2025 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara. Para penonton wajib mengetahui akses masuk lokasi balapan.

    Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol telah menyiapkan sejumlah akses masuk untuk para penonton. Nah, buat kamu yang sudah mengantongi tiket perhatikan akses masuknya untuk masing-masing kategori.

    Berikut cara mengakses menuju Jakarta International E Prix Circuit:
    Kategori Grandstand, Festival dan VIP

    Untuk pemegang tiket baik grandstand, festival maupun VIP dapat memarkir kendaraan di E Convention atau Pasar Seni.

    Penonton akan dijemput menggunakan shuttle bus dari lokasi parkir menuju arena International Jakarta E-Prix 2025.
     

     

    Kategori President Suite dan Royal Suite 

    Buat kamu yang mempunyai tiket kategori President Suite dan Royal Suite dapat memarkir kendaraan di area parkir Jakarta International Stadium (JIS). Nantinya akan ada shuttle bus yang akan menjemput penonton dari lokasi parkir ke arena balapan.
    Barang yang Dilarang

    Selain akses masuk, kamu juga perlu mengetahui barang yang dilarang dibawa. Melansir dari laman resmi Jakarta E-Prix, setidaknya puluhan barang atau benda yang dilarang untuk dibawa saat menonton langsung Formula E Jakarta. 
     
    Benda-benda yang dilarang tersebut adalah senjata tajam, tenda, replika atau senjata api, kembang api, suar, petasan, bahan peledak, bahan kimia perangkat pembakar, aerosol, obat-obatan terlarang, minuman beralkohol, laser, rantai, botol kaca, serta benda tumpul.

    Pengunjung juga dilarang membawa hewan, benda besar dan spanduk, tenda, dan sejenisnya. Tak hanya itu, pengunjung ataupun penonton diharamkan membawa perlengkapan fotografi, GoPro, kamera,  tongkat selfie, tablet, serta drone. 
     
    Tak cukup itu saja, penonton Formula E Ancol juga tidak diperbolehkan membawa sepeda, sepeda motor, sepatu roda, serta helm motor. 
     
    Harga tiket Formula E Jakarta
    Tiket Formula E Jakarta ditawarkan dalam beberapa kategori. Termurah adalah kategori festival yang dibanderol Rp500.000, lalu kategori Grandstand seharga Rp1.000.000.
     
    Untuk kategori yang lebih premium tersedia VIP Race Suite dengan harga Rp3.000.000 serta  VVIP Race Suite yang dibanderol Rp10.000.000 (sebelum pajak).

    Jakarta: Ajang balap Formula E 2025 seri Jakarta bertajuk Jakarta E-Prix siap digelar pada Sabtu, 21 Juni 2025 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara. Para penonton wajib mengetahui akses masuk lokasi balapan.
     
    Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol telah menyiapkan sejumlah akses masuk untuk para penonton. Nah, buat kamu yang sudah mengantongi tiket perhatikan akses masuknya untuk masing-masing kategori.
     
    Berikut cara mengakses menuju Jakarta International E Prix Circuit:
    Kategori Grandstand, Festival dan VIP

    Untuk pemegang tiket baik grandstand, festival maupun VIP dapat memarkir kendaraan di E Convention atau Pasar Seni.

    Penonton akan dijemput menggunakan shuttle bus dari lokasi parkir menuju arena International Jakarta E-Prix 2025.
     

     

    Kategori President Suite dan Royal Suite 

    Buat kamu yang mempunyai tiket kategori President Suite dan Royal Suite dapat memarkir kendaraan di area parkir Jakarta International Stadium (JIS). Nantinya akan ada shuttle bus yang akan menjemput penonton dari lokasi parkir ke arena balapan.
    Barang yang Dilarang

    Selain akses masuk, kamu juga perlu mengetahui barang yang dilarang dibawa. Melansir dari laman resmi Jakarta E-Prix, setidaknya puluhan barang atau benda yang dilarang untuk dibawa saat menonton langsung Formula E Jakarta. 
     
    Benda-benda yang dilarang tersebut adalah senjata tajam, tenda, replika atau senjata api, kembang api, suar, petasan, bahan peledak, bahan kimia perangkat pembakar, aerosol, obat-obatan terlarang, minuman beralkohol, laser, rantai, botol kaca, serta benda tumpul.
     
    Pengunjung juga dilarang membawa hewan, benda besar dan spanduk, tenda, dan sejenisnya. Tak hanya itu, pengunjung ataupun penonton diharamkan membawa perlengkapan fotografi, GoPro, kamera,  tongkat selfie, tablet, serta drone. 
     
    Tak cukup itu saja, penonton Formula E Ancol juga tidak diperbolehkan membawa sepeda, sepeda motor, sepatu roda, serta helm motor. 
     
    Harga tiket Formula E Jakarta
    Tiket Formula E Jakarta ditawarkan dalam beberapa kategori. Termurah adalah kategori festival yang dibanderol Rp500.000, lalu kategori Grandstand seharga Rp1.000.000.
     
    Untuk kategori yang lebih premium tersedia VIP Race Suite dengan harga Rp3.000.000 serta  VVIP Race Suite yang dibanderol Rp10.000.000 (sebelum pajak).

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • KAI sajikan `Balon Jumbo Dolan Jogja` sambut pengguna-wisatawan

    KAI sajikan `Balon Jumbo Dolan Jogja` sambut pengguna-wisatawan

    PT Kereta Api Indonesia berkolaborasi dengan Visinema menghadirkan Balon Jumbo Dolan Jogja setinggi 10 meter di depan Stasiun Yogyakarta selama 18–30 Juni 2025. ANTARA/HO-Humas KAI

    KAI sajikan `Balon Jumbo Dolan Jogja` sambut pengguna-wisatawan
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 20 Juni 2025 – 19:13 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berkolaborasi dengan Visinema menghadirkan Balon Jumbo Dolan Jogja setinggi 10 meter di depan Stasiun Yogyakarta untuk menyambut pengguna kereta dan wisatawan selama 18-30 Juni 2025.

    Berada tepat di halaman depan stasiun yang berhadapan langsung dengan kawasan Malioboro Yogyakarta, instalasi itu menjadi daya tarik visual sekaligus simbol keramahan KAI kepada masyarakat.

    “Area depan Stasiun Yogyakarta adalah titik temu penting pelanggan, wisatawan, dan warga. Kami ingin menyambut mereka dengan cara yang lebih segar dan menyenangkan,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba, di Jakarta, Jumat.

    Balon raksasa karakter Don itu bisa dikunjungi dua sesi setiap hari, yakni pukul 06.00-13.00 WIB dan 15.00-23.00 WIB.

    KAI mencatat pertumbuhan penumpang di Stasiun Yogyakarta menunjukkan peningkatan signifikan. Sepanjang 2024, jumlah penumpang naik mencapai 2.956.012 orang atau naik 13,7 persen dibanding tahun 2023. Penumpang turun juga meningkat sebesar 12,9 persen menjadi 2.902.443 orang.

    Tren positif itu berlanjut di tahun 2025. Periode Januari-Mei mencatat 1.164.550 penumpang naik dan 1.141.300 penumpang turun. Angka itu mencerminkan Yogyakarta sebagai salah satu tujuan perjalanan yang paling diminati, khususnya saat masa liburan sekolah. Tak hanya melayani KA Jarak Jauh, Stasiun Yogyakarta juga menjadi simpul utama untuk layanan perkotaan. Commuter Line Yogyakarta mencatat peningkatan pelanggan dari 727.895 orang pada Januari-Mei 2024 menjadi 780.878 pada periode yang sama 2025.

    KA Prameks juga naik signifikan menjadi 207.325 penumpang dari sebelumnya 179.335. Akses ke Bandara YIA juga semakin mudah dengan KA Bandara. Sepanjang 2024, layanan ini mencatat 2.730.791 penumpang. Sementara dalam empat bulan pertama 2025, sebanyak 888.653 orang telah memanfaatkan layanan ini.

    Oleh karena itu, menurut Anne, kehadiran balon jumbo itu menjadi bagian dari komitmen KAI untuk menghadirkan pengalaman yang berkesan sejak pelanggan tiba di stasiun. Tak sekadar perjalanan, KAI ingin menjadi bagian dari momen menyenangkan yang dialami pelanggan.

    “Kami percaya bahwa perjalanan terbaik dimulai dari suasana yang baik juga. Maka, sambutan seperti ini kami hadirkan sebagai bagian dari pengalaman pelanggan yang lebih humanis dan dekat,” kata Anne pula.

     

     

    Sumber : Antara

  • Direksi Telkom Kunjungi Pelanggan dan Tinjau Infrastruktur Digital di Surabaya

    Direksi Telkom Kunjungi Pelanggan dan Tinjau Infrastruktur Digital di Surabaya

    PIKIRAN RAKYAT – Menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan merupakan komitmen utama bagi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dalam setiap langkah strategis dan transformasi yang dijalankan perusahaan.

    Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Telkom melakukan kunjungan langsung ke pelanggan guna meningkatkan kolaborasi dan memahami kebutuhan pelanggan secara lebih mendalam. Pada kesempatan kali ini, Direktur Utama Telkom Dian Siswarini, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Veranita Yosephine, didampingi EVP Telkom Regional III Fera Pebrayenti melakukan kunjungan ke PT Tanto Intim Line yang disambut langsung oleh CTO PT Tanto Intim Line Agung Prayitno beserta jajaran, di Surabaya, pada Senin (16/6).

    Direktur Utama Telkom Dian Siswarini menekankan pentingnya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, serta perbaikan kualitas yang berkelanjutan.

    “Kuncinya adalah memperkuat kualitas eksekusi agar produktivitas meningkat dan layanan menjadi lebih baik, guna mewujudkan Telkom sebagai katalis ekosistem digital Indonesia yang mampu bersaing secara global. Service excellence harus kita bangun, baik untuk pelanggan eksternal maupun internal, dengan menjunjung kolaborasi. Strategi value propositioning, branding, dan service excellence harus terintegrasi dengan baik,” ungkap Dian.

    PT Tanto Intim Line merupakan pelanggan segmen Business-to-Business (B2B) Telkom yang berhasil mengimplementasikan produk digital IoT Tracking Container, sebuah solusi digital hasil pengembangan bersama antara Telkom dan PT Tanto Intim Line. Solusi ini mencakup penyediaan perangkat Sensor Tracking Container dan Bluetooth Low Energy (BLE), infrastruktur pendukung seperti Gateway LoRaWAN di lokasi depo, serta penyediaan Managed Service Tracking Container berupa API untuk integrasi data, connectivity sensor, monitoring dashboard, dan layanan assurance.

    Tidak hanya pelanggan B2B, kunjungan juga dilakukan kepada pelanggan segmen Business-to-Consumer (B2C) di GraPARI TelkomGroup Manyar, Surabaya. Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk menjaga kualitas layanan dan mendengarkan kebutuhan pelanggan di seluruh segmen. Kegiatan kunjungan ini menjadi bagian dari upaya perbaikan berkelanjutan yang dilakukan perusahaan untuk menghadirkan layanan terbaik.

    Direktur Enterprise and Business Service Telkom Veranita Yosephine menyampaikan bahwa pelanggan merupakan prioritas utama perusahaan, “Kita harus mempertahankan, mengembangkan, serta memperkuat pelayanan dan kepuasan pelanggan. Kita harus mampu memberikan solusi yang tidak hanya berbasis fitur, tapi juga melalui pelayanan yang lebih personal dan sesuai dengan karakter pelanggan agar tercipta loyalitas yang berkelanjutan.”

    Selain itu, jajaran Direksi Telkom melakukan peninjauan infrastruktur TelkomGroup, meliputi Data Center Surabaya. Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan infrastruktur digital dalam mendukung kebutuhan bisnis pelanggan. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan agenda tatap muka bersama karyawan Telkom Regional III di wilayah Surabaya. Diskusi berfokus pada agenda transformasi perusahaan, serta rencana kerja dalam mendorong peningkatan profitabilitas perusahaan dan kinerja berkelanjutan.

    EVP Telkom Regional III Fera Pebrayenti menegaskan bahwa Telkom terus berupaya memahami kebutuhan dan permasalahan pelanggan untuk memastikan setiap layanan tersampaikan dengan optimal. “Kami terus mendengarkan pain point pelanggan agar setiap layanan ter-deliver dengan baik. Melalui program seperti Excellence Sales Growth, Regional Winning Group, dan Sales Execution Program, kami memastikan setiap proyek berjalan sesuai standar dan berintegritas. Kami juga mengembangkan Accelerate Monitoring Dashboard dan memperkuat kapabilitas tim melalui consultative selling, mentoring, dan coaching untuk memastikan eksekusi end-to-end yang optimal,” ujar Fera.***

  • Mau ke Jakarta Fair naik transportasi umum? Ini pilihannya

    Mau ke Jakarta Fair naik transportasi umum? Ini pilihannya

    Warga melihat atraksi kembang api pada pembukaan Jakarta Fair Kemayoran 2025 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/6/2025). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.

    Mau ke Jakarta Fair naik transportasi umum? Ini pilihannya
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 20 Juni 2025 – 13:07 WIB

    Elshinta.com – Jakarta Fair 2025 yang merupakan pameran multiproduk terbesar, terlengkap dan terlama di Kawasan Asia Tenggara telah resmi dibuka pada Kamis (19/6). Pameran tersebut digelar pada 19 Juni hingga 13 Juli 2025, di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta.

    Untuk berkunjung ke Jakarta Fair, seperti keterangan dari media center Jakarta Fair 2025, terdapat beberapa jenis moda transportasi untuk bisa dipilih guna mengurai kepadatan di jalan. Bagi warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) atau luar daerah lainnya, Anda bisa menjajal ragam transportasi umum untuk menyaksikan pemeran tersebut.

    Anda bisa menggunakan KRL Commuter Line untuk menuju ke Jakarta Fair 2025. Adapun rute stasiun yang bisa dijadikan titik pemberhentian menuju Jakarta Fair Kemayoran, yaitu Stasiun Rajawali. Setelah berasa di Stasiun Rajawali, Anda bisa lanjut menggunakan Jaklingko rute JAK 120 menuju JIEXPO Kemayoran.

    Selain KRL, Anda bisa menggunakan Transjakarta. Transportasi umum itu menyiapkan rute khusus selama acara Jakarta Fair 2025. Anda juga bisa menggunakan transportasi daring maupun taksi konvensional untuk menuju Jakarta Fair 2025. Anda bisa turun di pintu masuk terdekat, yaitu Pintu 1, 2, 3, 6A dan Pintu 9 JIEXPO.

    Adapun, rute, koridor dan waktu operasionalnya sebagai berikut:

    1. Koridor PRJ 1, meliputi Kampung Melayu-IEXPO Kemayoran. Waktu operasional Senin-Jumat mulai pukul 14.00 WIB hingga 23.00 WIB, untuk Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 WIB hingga 24.00 WIB.

    2. Koridor PRJ 2, meliputi Pulo Gadung-JIEXPO Kemayoran. Waktu operasional Senin-Jumat mulai pukul 14.00 WIB hingga23.00 WIB. Kemudian, Sabtu dan Minggu pukul 08.00 WIB hingga 24.00 WIB.

    3. Koridor 2C, meliputi Balai Kota-JIEXPO Kemayoran. Waktu operasional Senin-Jumat mulai pukul 14.00 WIB hingga 23.00 WIB. Sabtu dan Minggu pukul 08.00 WIB hingga 24.00 WIB.

    4. Koridor 14, meliputi Senen dan menyambangi JIEXPO Kemayoran. Berbeda dengan koridor lain, untuk Koridor 14 ini beroperasi selama 24 jam.

    Ke Jakarta Fair juga bisa menggunakan MRT. Anda bisa turun di MRT Bundaran HI dan dapat lanjut menggunakan Transjakarta Koridor 1 dan transit di Halte Monas. Dari Halte Monas, Anda dapat kembali menaiki Transjakarta Koridor 2C Balaikota-JIEXPO Kemayoran.

    Sumber : Antara

  • Usulan BMAD Benang Impor China Ditolak, Industri Tekstil Terhindar dari PHK

    Usulan BMAD Benang Impor China Ditolak, Industri Tekstil Terhindar dari PHK

    Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mengapresiasi pemerintah untuk tidak memproses lebih lanjut rekomendasi pengenaan bea masuk antidumping (BMAD) terhadap impor benang filamen sintetis tertentu asal China.

    KADI sebelumnya menyelidiki antidumping sejak 2023 atas permohonan Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI) yang mewakili PT Asia Pacific Fibers Tbk. dan PT Indorama Synthetics Tbk.

    Produk yang diselidiki mencakup benang filamen sintetis tertentu yang terdiri atas dua jenis yakni partially oriented yarn (POY) dan drawn textured yarn (DTY). KADI pun menyarankan tarif BMAD bervariasi, dengan batas atas mencapai 42,3%.

    Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan API Anne P. Sutanto pun mengatakan, keputusan pemerintah tidak memproses rekomendasi KADI itu menjadi angin segar bagi industri tekstil. Pelaku usaha dapat menghindari opsi pemutusan hubungan kerja (PHK).

    Anne mengaku menerima surat petisi dari 101 pengusaha tekstil sekitar 3 bulan yang lalu. Perwakilan 101 pengusaha tekstil juga telah dipertemukan dengan APSyFI.

    Dirinya merasa pengenaan antidumping terhadap POY dan DTY bukanlah solusi yang tepat untuk industri hulu penghasil jenis benang filamen sintetis tersebut. Sebab, kondisi dalam 2 tahun ini kebutuhan akan POY hampir 10 kali lipat lebih besar dari kapasitas produksi POY dalam negeri.

    Oleh karena itu, pengenaan antidumping akan menurunkan daya saing produksi turunan tekstil yang dihasilkan oleh produsen tekstil nasional terutama 101 perusahaan yang mengajukan petisi. Lebih lanjut, efek dari pengenaan antidumping dikhawatirkan akan menambah PHK dan penutupan pabrik tekstil lebih lanjut.

    “Kekhawatiran APSyFi mengenai anggotanya yang kalah berdaya saing sebenarnya juga sudah dibahas dalam pertemuan di mana perwakilan 101 pengusaha yang mengajukan petisi bersedia untuk menyerap kapasitas produksi POY dalam negeri dengan praktik-praktik standar berbisnis,” tutur Anne melalui keterangan resmi, Jumat (20/6/2025).

    Malah, kata Anne, perwakilan 101 pengusaha juga mengusulkan pemerintah melalui Kementerian Perindustrian tetap dapat mengatur harmonisasi kebutuhan impor POY dan DTY berdasarkan kebutuhan dalam negeri dibandingkan kapasitas produksi dalam negeri. 

    “Sehingga kekhawatiran mengenai dumping dari negara lain bisa tetap diatasi dengan pengaturan impor oleh pemerintah sesuai kinerja produksi masing-masing pihak,” imbuh Anne.

    Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memutuskan tak memproses lebih lanjut rekomendasi KADI terkait BMAD atas impor benang filamen.

    Menteri Perdagangan Budi Santoso mengungkapkan, keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan kondisi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional secara menyeluruh, serta masukan dari para pemangku kepentingan terkait. 

    Menurutnya, pasokan benang filamen sintetis tertentu ke pasar domestik masih terbatas, sementara kapasitas produksi nasional belum mampu memenuhi kebutuhan industri pengguna dalam negeri. 

    “Sebagian besar produsen benang filamen sintetis tertentu memproduksi untuk dipakai sendiri,” ujar Budi Santoso alias Busan melalui keterangan resmi, dikutip Jumat (20/6/2025). 

    Pertimbangan lainnya, lanjut Busan, sektor hulu industri TPT saat ini telah dikenakan trade remedies, seperti bea masuk tindakan pengamanan (BMTP) melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 46 Tahun 2023. Selain itu, BMAD untuk produk polyester staple fiber dari India, China, dan Taiwan berdasarkan PMK No. 176 Tahun 2022.

    Jika BMAD atas benang filamen sintetis tertentu tetap diberlakukan, maka akan meningkatkan biaya produksi dan menurunkan daya saing sektor hilir. 

    “Sektor industri TPT baik hulu maupun hilir sedang menghadapi tekanan akibat dinamika geoekonomi-politik global, pengenaan tarif resiprokal dari Amerika Serikat, dan penutupan beberapa industri,” imbuh Busan.

  • Angkutan Batu Bara Jadi Tulang Punggung KAI Logistik

    Angkutan Batu Bara Jadi Tulang Punggung KAI Logistik

    Jakarta

    KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) meraih sertifikat pemeringkatan untuk periode 14 Mei 2025 sampai 1 Mei 2026 dengan peringkat AA (Double A; Stable Outlook) atau kategori sehat. Sertifikat itu dikeluarkan PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).

    Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah mengatakan peringkat AA ini mencerminkan komitmen KAI Logistik dalam menjaga kesehatan keuangan. Selain itu sebagai refleksi dari proyek strategis yang sedang dijalankan untuk memperkuat rantai pasok nasional, khususnya dalam komoditas batu bara dan pengembangan infrastruktur logistik.

    “Peringkat AA ini bukan hanya pengakuan terhadap performa keuangan KAI Logistik, tetapi juga refleksi dari proyek-proyek strategis yang tengah kami jalankan untuk memperkuat rantai pasok nasional, khususnya dalam komoditas batu bara dan pengembangan infrastruktur logistik,” kata Fredi dalam keterangan tertulis, Jumat (20/6/2025).

    Saat ini, KAI Logistik sedang merampungkan beberapa proyek strategis untuk akselerasi kinerja di antaranya Coal Unloading Terminal Kramasan. Proyek pengembangan terminal bongkar muat batu bara di Kramasan, Sumatra Selatan menjadi salah satu proyek penting dengan potensi volume mencapai lebih dari 17 juta per tahun dan akan menjadi simpul strategis dalam distribusi batu bara.

    Batu bara disebut masih menjadi tulang punggung performa perusahaan. Selain Coal Unloading Terminal Batu Bara ini, KAI Logistik juga tengah mengembangkan layanan pengelolaan container yard Sumatra Selatan.

    Pengembangan jaringan stasiun muat berbasis Container Yard di Sumatera Selatan melayani area muat batu bara dengan kapasitas awal 1-1,5 juta ton per tahun dan mampu mencapai kapasitas maksimal sebesar 4 juta ton per tahun. Proyek ini memperkuat layanan angkutan batu bara berbasis kereta api di wilayah Sumatra Selatan sebagai solusi logistik yang efisien.

    Selain batu bara, KAI Logistik juga fokus pada pengembangan pergudangan. Pihaknya mengembangkan fasilitas pergudangan modern di Pulau Jawa untuk mendukung layanan logistik terintegrasi.

    Sejalan dengan berbagai inisiatif strategis tersebut, KAI Logistik memproyeksikan pertumbuhan CAGR (Compound Annual Growth Rate) proyeksi pendapatan sebesar 10,4% dengan target pendapatan sebesar Rp 1,8 triliun pada tahun 2029, diikuti dengan CAGR proyeksi volume produksi sebesar 11,8% dengan target volume mencapai 47,2 juta ton pada tahun yang sama.

    “KAI Logistik akan terus berinovasi untuk menciptakan solusi logistik yang efisien, ramah lingkungan, serta memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan. Peringkat AA ini menjadi pijakan penting untuk mewujudkan visi sebagai perusahaan logistik terdepan di Indonesia,” pungkasnya.

    (aid/ara)

  • RI Tak Lupa Bantuan Rusia saat Masih Miskin

    RI Tak Lupa Bantuan Rusia saat Masih Miskin

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto menyinggung soal bantuan-bantuan yang pernah diberikan Rusia kepada Indonesia. Bantuan-bantuan itu diberikan di masa Indonesia baru lahir dan masih miskin.

    Hal ini diungkapkannya di depan Presiden Vladimir Putin dalam pertemuan resmi di Istana Konstantinovsky, St. Petersburg, Rusia, Kamis siang waktu setempat.

    “Sewaktu Indonesia masih baru mereka dan masih sangat miskin, Uni Soviet pada saat itu, di mana Rusia adalah inti sudah sangat membantu kami,” beber Prabowo dalam keterangan pers bersama dikutip Jumat (20/6/2025).

    Di depan Putin dia mengungkapkan Rusia kala itu membantu Indonesia untuk membangun banyak gedung, jembatan, kereta api, hingga pabrik-pabrik besar. Menurutnya masyarakat Indonesia tak akan bisa lupa dengan bantuan Rusia.

    “Sampai hari ini rakyat Indonesia tak lupa dengan bantuan dari Rusia, tidak hanya di ibu kota kami, tapi di kota besar kami begitu banyak gedung-gedung besar, jembatan, kereta api, pabrik besar yang dibangun dengan bantuan Rusia,” papar Prabowo.

    Spesialnya lagi, Prabowo bilang Rusia membantu Indonesia bagai tanpa pamrih. Sebab, tak pernah menagih bantuan itu secara cepat. Namun, Prabowo meyakinkan Indonesia sudah melunasi semua utang ke Rusia atas bantuan-bantuan tersebut meski dalam waktu yang cukup lama.

    “Pada saat Indonesia masih sangat miskin, Rusia membantu tanpa meminta kita kembali bayar utang dalam waktu cepat. Tapi akhirnya walaupun beberapa puluh tahun kami kembalikan utang kami pada saat itu,” tegas Prabowo.

    (hal/fdl)

  • Prabowo: Sampai Hari Ini Rakyat Indonesia Tak Lupa Bantuan Dari Rusia

    Prabowo: Sampai Hari Ini Rakyat Indonesia Tak Lupa Bantuan Dari Rusia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Prabowo Subianto mengungkapkan Rusia merupakan mitra penting bagi Indonesia. Ia juga menyinggung jasa Rusia dalam pembangunan di Indonesia.

    Hal ini diungkapkan Prabowo saat memberikan keterangan pers bersama Presiden Rusia Vladimir Putin, usai pertemuan bilateral, di Istana Konstantinovsky, St. Petersburg, Rusia, Kamis (19/6/2025).

    Prabowo mengatakan bahwa tahun ini Indonesia juga memperingati hubungan diplomatik yang ke 75 dengan Rusia. Negeri beruang merah menjadi mitra penting bagi Indonesia baik di bidang politik, ekonomi, hingga sosial – budaya.

    “Sewaktu Indonesia masih baru merdeka, dan masih sangat miskin, Uni Soviet pada saat itu dimana Rusia adalah inti, sudah membantu kami. Sampai hari ini rakyat Indonesia tidak lupa dengan bantuan dari Rusia,” kata Prabowo.

    Ia menyinggung sampai saat ini banyak juga infrastruktur yang pembangunannya dibantu oleh pihak Rusia.

    “Tidak hanya di ibu kota kami, tapi di kota-kota besar kami begitu banyak gedung-gedung besar, jembatan, kereta api, pabrik-pabrik besar yang dibangun dengan bantuan Rusia,” kata Prabowo.

    Bahkan kepala negara juga menyinggung ketika Indonesia masih sangat miskin, pihak Rusia yang membantu memberikan pinjaman dengan tenor yang panjang.

    “Rusia membantu tanpa meminta kita kembali membayar hutang dalam waktu cepat. Tapi akhirnya walaupun berapa puluh tahun tapi kami kembalikan hutang kami pada saat itu,” katanya.

    Menurut Prabowo, hari ini hubungan RI – Rusia berada pada tingkat yang lebih tinggi. Dalam pertemuan itu juga dibahas berbagai peningkatan kerja sama baik pada bidang ekonomi, kerja sama teknis, perdagangan, investasi, hingga pertanian.

    (emy/mij)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Bukan Jakarta, Bandung Jadi Kota Termacet di Indonesia, Begini Janji Dishub Jabar

    Bukan Jakarta, Bandung Jadi Kota Termacet di Indonesia, Begini Janji Dishub Jabar

    Liputan6.com, Bandung – Menurut laporan tahunan TomTom Traffic Index, Kota Bandung menyandang gelar sebagai kota termacet, tak hanya di Jawa Barat, melainkan se-Indonesia. Kemacetan di Kota Bandung disebabkan oleh meningkatnya jumlah kendaraan pribadi. Sementara di sisi lain, sistem transportasi umum dinilai kurang maksimal.

    Terkait itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat, Dhani Gumelar mengeklaim bahwa membludaknya jumlah penduduk di Kota Bandung menjadi salah satu faktor yang memicu kemacetan.

    “Karena memang Bandung kan didesain awalnya kan sebagai kota leisure ya, zaman Belanda itu, dengan kapasitas mungkin maksimal di 800.000, enggak sampai 1.000.000,” ucap Dhani di Bandung pada Kamis, 19 Juni 2025.

    Maka dari itu, Dhani menilai perkembangan Kota Bandung yang kini menjadi salah satu kota metropolitan perlu diimbangi pula dengan perkembangan infrastruktur.

    “Dengan perkembangan yang cukup masif menjadi satu kota metropolitan, otomatis infrastruktur juga tidak memadai,” ucap dia.

    Oleh karena itu, Dhani menyebut salah satu langkah konkret yang tengah dilakukan oleh pihaknya adalah mendorong perbaikan angkutan massal.

    “Untuk yang jarak jauh, kita akan memperbaiki layanan kereta api lokal ya, terutama yang dari luar Bandung Raya,” pungkasnya.

    Selain itu, Dishub Jawa Barat juga tengah mempersiapkan pengembangan sistem transportasi publik berbasis bus dan penataan ulang sistem angkot.

    “Perbaikan untuk jaraknya medium itu menggunakan bus, menambah layanan bus. Terus yang terakhir adalah perbaikan atau revitalisasi angkot. Nah ini yang sedang kita bahas ya,” tuturnya.

     

    Penulis: Arby Salim

  • Update Aktivitas Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Badan Geologi: Status Masih Awas Level IV 

    Update Aktivitas Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Badan Geologi: Status Masih Awas Level IV 

    Wafid melaporkan, berdasarkan pengamatan visual pada periode 18-19 Juni 2025, gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut tebal. Teramati asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi sekitar 200-1000 meter dari puncak. 

    Terekam Gempa Letusan, namun secara visual tinggi letusan dan warna abu tidak teramati. Guguran teramati dengan jarak luncur 2.000 meter dari puncak, arah luncuran ke arah utara dari puncak Gunung Lewotobi laki-laki.

    “Pasca erupsi pada tanggal 17 Juni 2025, area kawah bagian utara mengalami sedikit perubahan dengan terbongkarnya area bagian kawah sebelah utara yang menyebabkan morfologi bukaan mengarah ke utara,” kata Wafid.

    “Terpantau material lava dengan ukuran sekitar 200 meter panjang dan 150 meter lebar berada di dalam kawah Gunung Lewotobi Laki-laki,” imbuhnya.

    Sementara, data kegempaan dari tanggal 18 hingga 19 Juni 2025 pukul 06.00 WITA tercatat 6 kali Gempa Erupsi, 7 kali Gempa Guguran.

    Selain itu, 17 kali Gempa Hembusan, 20 kali Tremor Non Harmonik, 11 kali Gempa Low Frequency, 3 kali Gempa Hybrid, 1 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 7 kali Gempa Vulkanik Dalam, 1 kali tektonik lokal, 4 kali Gempa Tektonik Jauh.

    “Berdasarkan data kegempaan, mengindikasikan aktivitas vulkanik lebih dominan berada di kedalaman dangkal dan permukaan, namun masih ada suplai magma dari dalam dengan ditandai adanya gempa vulkanik dalam, sehingga masih ada potensi terjadi erupsi kedepannya,” jelasnya.

    Dari data deformasi tiltmeter menunjukkan penurunan namun tekanan pada permukaan masih tinggi sehingga indikasinya material dari dalam berkurang namun belum mencapai kestabilan, sedangkan dari data GPS menunjukkan masih ada indikasi inflasi. 

    “Hal ini menandakan adanya tekanan dari dalam tubuh gunungapi yang dapat berpotensi menjadi erupsi,” sebut Wafid.