Bisnis.com, JAKARTA — PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk. (EXCL)melalui brand XL SATU menegaskan strategi bisnis mereka dalam layanan internet rumah tidak semata-mata bersaing di harga murah.
Maraknya perusahaan telekomunikasi yang menjual paket seharga Rp100.000-an, tidak membuat XLSMART lantas menjual produk dengan harga di bawah Rp200.000.
Group Head Home Business Management XLSMART, Julius Goeinawan, mengatakan perusahaan selalu berupaya menghadirkan layanan yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Menurutnya, saat ini pelanggan tidak hanya mencari harga yang murah, tetapi juga kualitas layanan.
“Strategi kami di XL SATU, tidak hanya berfokus pada harga, tetapi juga kualitas layanan, koneksi yang cepat dan stabil, serta pengalaman pelanggan yang menyeluruh,” kata Julius kepada Bisnis pada Senin (22/9/2025).
Dia menuturkan, XL SATU menghadirkan beragam paket WiFi rumah yang fleksibel dengan kecepatan mulai dari 50 Mbps. Dengan tambahan sekitar Rp20.000, pelanggan juga dapat memperoleh kuota ponsel sekeluarga sebesar 15 GB.
Selain itu, tersedia pilihan add-on seperti berlangganan kanal TV maupun layanan video streaming (OTT). Bagi pelanggan yang belum terjangkau jaringan fiber optik, XLSMART juga menyediakan solusi broadband wireless melalui XL SATU Lite.
Produk ini dirancang dengan konsep plug and play, menawarkan performa stabil, kuota utama yang dapat terakumulasi, serta desain ramah pengguna. Julius menekankan, perusahaan terus mencermati dinamika kebutuhan masyarakat terhadap koneksi internet yang andal.
“Untuk itu, kami menghadirkan berbagai pilihan paket WiFi rumah yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing segment,” ujarnya.
Lebih lanjut, Julius memastikan kehadiran penyedia internet murah Rp100 ribuan tidak serta-merta menggerus pelanggan XLSMART. Menurutnya, kompetisi justru menjadi pemicu untuk terus meningkatkan kualitas layanan.
“Dinamika kompetisi adalah hal yang wajar dalam industri ini. Kehadiran pemain baru tentunya membuat persaingan semakin dinamis sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat keunggulan kompetitif layanan kami,” jelasnya.
Dia menambahkan, fokus perusahaan tetap pada pemberian pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui kualitas jaringan, inovasi produk, dan layanan pelanggan yang unggul. Julius meyakini, pelanggan tidak hanya mempertimbangkan harga, tetapi juga kualitas serta stabilitas jaringan.
XLSMART juga menegaskan akan terus melakukan evaluasi dan melahirkan berbagai inovasi agar produk tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat.
“Bagi kami, menjaga kualitas jaringan dan layanan pelanggan tetap menjadi prioritas utama karena kami percaya dua hal tersebut adalah kunci untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan,” pungkas Julius.
