Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

XL Axiata Bidik Gen-Z, Jaga Momentum Pertumbuhan Pelanggan Pascabayar 2025

XL Axiata Bidik Gen-Z, Jaga Momentum Pertumbuhan Pelanggan Pascabayar 2025

Bisnis.com, JAKARTA –  PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memperluas target pasar pascabayar dengan mengincar pasar generasi Z atau Gen-Z. Strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan pascabayar perseroan yang saat ini konsisten bertumbuh. 

Diketahui, XL Axiata mengalami pertumbuhan jumlah pelanggan pascabayar secara konsisten dalam 3 tahun terakhir. Jumlah pelanggan pascabayar XL Axiata pada kuartal III/2022 sebanyak 1.5 juta, bertambah menjadi 1,6 juta pada kuartal III/2023 dan menjadi 1,7 juta pada kuartal III/2024. 

Group Head Premium Segment XL Axiata Randu Zulmi mengatakan pada tahun depan perusahaan memperkirakan penggunaan layanan pascabayar akan meningkat, terlebih lagi XL Prioritas baru saja meluncurkan paket unlimited baru, Hyfe. 

Hfye diluncurkan pada Oktober 2024. Paket ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp90.000 dengan salah satu benefit yaitu pemakaian batas wajar. Artinya, pengguna dapat terus internetan selama tidak melebih batas wajar penggunaan. 

“Plan yang ditujukan untuk pangsa pasar yang lebih muda diharapkan dapat menarik pelanggan baru dari segmen Gen Z dan milenial yang mencari layanan pascabayar dengan fleksibilitas dan nilai tambah yang tinggi,” kata Randu kepada Bisnis, Kamis (21/11/2024). 

Gerai XL AxiataPerbesar

Randu menuturkan Paket unlimited seperti Hyfe dirancang untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup digital generasi muda, termasuk akses tanpa batas untuk streaming, gaming, dan media sosial. 

Selain itu, kombinasi dengan strategi pemasaran digital yang agresif dan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi diharapkan dapat meningkatkan akuisisi pelanggan baru.

Dengan diversifikasi produk ini, XL Prioritas juga memperluas daya tariknya ke segmen pelanggan lainnya  dengan tetap fokus  mempertahankan loyalitas pelanggan pascabayar yang sudah ada. Strategi ini mendukung optimisme perusahaan terhadap pertumbuhan yang lebih signifikan pada tahun depan.

Selain itu pada 2025, XL Prioritas akan memberikan pelayanan terbaik dengan VIP Service dan Personal Assistant  yang dapat diakses melalui MyXL. Ke depannya perusahaan juga akan memperkenalkan selfcare dan sistem notifikasi yang didukung oleh teknologi AI yang dapat diakses di semua platform seperti Whatsapp, Aplikasi MyXL dan Website untuk memudahkan dan membantu pelanggan XL PRIORITAS mendapatkan informasi dan bantuan.

“Dengan mulai dikenalnya sistem “subscription-based service” yg diperkenalkan oleh penyedia SVOD, XL Prioritas saat ini fokus untuk menjual plan unlimited dengan model tersebut untuk memudahkan pelanggan agar terus terhubung tanpa harus memikirkan tagihan dan kekurangan kuota,”kata Randu.