Bisnis.com, BANTEN – Xiaomi Indonesia mengklaim berhasil menjadi merek smartphone nomor satu di Indonesia pada kuartal II dan III/2024. Mereka mengungkapkan strategi yang digunakan untuk mencapai posisi teratas tersebut.
Sebagai informasi, klaim memimpinnya smartphone Xiaomi di Tanah Air pada kuartal I dan kuartal II/2024 diungkapkan oleh Country Director Xiaomi Indonesia Wentan Zhao dalam acara Xiaomi Corporate Updates yang digelar di Novus Jiva Anyer, Banten, pada Rabu (15/1/2025).
Director Xiaomi Indonesia Andi Renreng, kemudian menambahkan bahwa data tersebut berdasarkan dari data Canalys pada Kuartal II/2024, dan untuk Kuartal III/2024 berdasarkan data Counterpoint.
Pasalnya, berdasarkan laporan Canalys di Kuartal II/2024 Xiaomi memimpin pasar dengan pangsa pasar sebesar 20%. Posisi tersebut diikuti oleh Oppo (19%), Vivo (18%), dan Samsung (18%).
Sementara itu, data dari Counterpoint menunjukkan Xiaomi memimpin pangsa pengiriman di Tanah Air sebesar 19% pada kuartal III/2024, diikuti oleh Oppo (18%), Vivo (17%), dan Samsung (17%).
Kala ditanya mengenai apa strategi Xiaomi sepanjang 2024 hingga menyentuh posisi tersebut, Andi menjelaskan bahwa perusahaan menghadirkan berbagai pilihan smartphone, mulai dari seri flagship hingga entry-level.
“Karena di tahun 2024 bukan hanya dari produk-produk kami yang flagship, tapi di series yang low-end, entry level, para pengguna Xiaomi, produk-produk Xiaomi juga sudah bisa mendapatkan teknologi, kelas atas teknologi di setiap level dari smartphone,” jelas Andi kepada Bisnis, Rabu (15/1/2025).
Lanjutnya, dikatakan bahwa strategi ini memungkinkan Xiaomi bersaing dengan merek-merek lain sekaligus menarik pengguna baru
“Dengan memberikan banyak opsi ini, itu memungkinkan kita untuk bisa bersaing menggaet para pengguna kami sebelumnya, dan juga para pengguna smartphone yang mungkin berpindah ke produk kita,” pungkasnya.
Sebelumnya, Xiaomi mengumumkan dalam waktu dekat Redmi Note Series akan segera meluncur di Tanah Air. Produk ini menjadi senjata Xiaomi dalam memperlebar pasar di segmen anak muda.
Redmi Note 14 Series akan hadir dalam empat varian, yakni Redmi Note 14, Redmi Note 14 5G, Redmi Note 14 Pro 5G, dan Redmi Note 14 Pro+ 5G.
Country Director Xiaomi Indonesia, Wentan Zhao menuturkan bahwa target untuk Redmi Note 14 series ini adalah untuk generasi muda yang memiliki budget terbatas.
“Tetap mereka mencari produk terbaik agar mereka bisa berkreasi, melakukan pekerjaan sehari-hari, menjadi kamera hingga fotografer,” jelasnya dalam acara Xiaomi Corporate Updates yang digelar di Novus Jiva Anyer, Banten, pada Rabu (15/1/2025).
Sebab demikian, pihaknya kemudian memilih Rich Brian, rapper generasi muda Indonesia, untuk menjadi brand ambassador untuk Redmi Note Series ini.