Update Proyek MRT Jakarta Fase 2A CP 201, Berjalan Sesuai Jadwal

13 January 2024, 18:57

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo, mengatakan Pekerjaan pembangunan CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas) fase 2A MRT Jakarta berjalan sesuai jadwal. Per 25 Desember 2023, perkembangan pembangunan telah mencapai 67,26 persen.Dalam keterangan resminya, Sabtu, 13 Januari 2024, dia menyebutkan saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran dinding dan lantai peron (platform slab) pada suar penyejuk (cooling tower); pemasangan noseblade persiapan jacking pada entrance 1 Jalan Museum; pengecoran dinding struktur pada entrance dua silang barat daya monas; pengetesan parsial sistem mekanikal elektrikal terpasang di gardu induk (RSS).Proses pembangunan selanjutnya adalah pemasangan sistem HVAC; jalur kabel; pipa suplai air; drainase dan sistem pemadam kebakaran; penyelesaian pekerjaan arsitektural di gardu induk (RSS); pekerjaan instalasi dinding bata ringan; finishing dan pengecatan stasiun; serta pemasangan rangka ACP dan rangka pendukung langit-langit (ceiling) stasiun.Untuk pembangunan di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan memcakup penyelesaian pengecoran lantai beranda peron (concourse slab) stasiun; penggalian dan pengecoran lantai dasar (base slab) stasiun; pengecoran kolom sisi utara stasiun; jet grouting persiapan pembangunan entrance empat; pemasangan OTE Duct sisi utara stasiun; pembangunan kembali drainase untuk pekerjaan area parkir kereta (stabling yard); serta pemasangan pipa drainase di bawah peron (platform).”Per 25 Desember 2023 pula, sedang dilakukan penyelesaikan pembongkaran mesin bor terowongan satu. Tim konstruksi juga terus mengerjakan pemasangan tunnel walkway sekaligus pengecoran track bed di terowongan dan pemasangan pipa pemadam kebakaran,” kata Ahmad.Tidak hanya itu, untuk CP 202 (Stasiun Harmoni—Sawah Besar—Mangga Besar) setelah resmi dimulai pada 25 Juni 2022, per 25 Desember 2023 telah mencapai 23,81 persen dengan cakupan pekerjaan meliputi pekerjaan D-Wall Stasiun Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar dan fabrikasi pembesian D-Wall.Pascapenandatanganan paket kontrak (contract package) CP 203 (Stasiun Glodok dan Kota) pada 20 April 2021, pekerjaannya pun sudah terus berlanjut dan berjalan sesuai jadwal. Per 25 Desember 2023, perkembangannya sudah mencapai 42,97 persen dengan pekerjaan di Stasiun Glodok.Iklan

Pengerjaannya meliputi pekerjaan perakitan TBM 1 di sisi utara stasiun, persiapan peluncuran TBM 2 di sisi selatan stasiun, perakitan gantry crane untuk pekerjaan pembangunan terowongan (tunnelling), dan persiapan konstruksi dinding peron (platform).Sementara itu, di Stasiun Kota sedang dilakukan pekerjaan penggalian tanah untuk upper dan lower concourse slab, serta pembangunan strukturnya. Pengadaan CP 205 railway systems and trackwork (sistem perkeretaapian dan rel) yang meliputi Bundaran HI—Kota dilakukan dengan sistem international competitive bidding.Pada 30 November 2023, tiga perusahaan kontraktor telah memasukkan dokumen proposal dan saat ini sedang dilakukan evaluasi teknis serta finansial. CP 206 rolling stock (ratangga) telah diperoleh conditional JICA concurrence untuk pelaksanaan tender.Target call for tender pada Q4 2023 dan untuk CP 207 automatic fare collection system (sistem pembayaran) sedang dalam tahap penyusunan dokumen tender dan penyelesaian aspek kontraktual maupun teknis. Call for tender telah dilaksanakan pada November 2023.Pilihan Editor: Indeks Kepuasan Pelanggan MRT Jakarta 2023 Capai 88,51, Naik Dibanding 2022

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi