Tutorial Cara Menggunakan dan Membatalkan Shopee SPinjam

Tutorial Cara Menggunakan dan Membatalkan Shopee SPinjam

Bisnis.com, JAKARTA — Kebutuhan darurat mendorong Anda untuk melakukan peminjaman melalui aplikasi, termasuk SPinjam. Namun bagaimana cara menggunakan pinjaman ini yang aman? 

SPinjam merupakan layanan pinjaman dana tunai yang disediakan oleh Shopee. Melalui layanan ini, pengguna dapat mengajukan pinjaman dengan sistem cicilan bulanan.

Namun, bagaimana jika Anda ingin membatalkan pengajuan atau menonaktifkan layanan SPinjam? Bagaimana jika Anda ingin menggunakannya dengan aman?  Simak langkah-langkah berikut ini:

1. Perhatikan Status Pengajuan

Kunci pertama adalah memeriksa status pengajuan Anda. Jika formulir belum dikirim, Anda dapat membatalkannya dengan tidak melanjutkan proses pengisian. Namun, Jika formulir sudah dikirim, pengajuan tidak dapat dibatalkan. 

Dalam kondisi ini, Anda wajib segera melunasi pinjaman sesuai tenggat waktu agar terhindar dari denda keterlambatan. Hindari juga mengajukan pinjaman baru sebelum yang aktif terlunasi.

2. Hubungi Pusat Bantuan Shopee

Jika masih bingung atau mengalami kendala, segera hubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat di aplikasi Shopee, atau telepon ke call center resmi: (021) 5086 7055, atau melalui Email ke: cs@support.lenteradana.co.id.

Peringatan penting jangan menghubungi atau memberikan informasi pribadi kepada nomor atau akun yang mengatasnamakan Shopee di luar kontak resmi di atas. Waspadalah terhadap modus penipuan.

3. Cara Membatalkan SPinjam melalui Aplikasi

Adapun jika Anda ingin membatalkan SPinjam, Ikuti langkah-langkah berikut:

-Buka aplikasi Shopee. 

-Masuk ke menu Saya, lalu pilih SPinjam. 

-Cek status pengajuan. Jika masih diproses, akan ada tombol batalkan di halaman tersebut. Jika status sudah disetujui atau dana telah masuk ke rekening, pinjaman tidak bisa dibatalkan. 

-Anda harus menyelesaikan seluruh cicilan sesuai perjanjian.

4. Cara Menonaktifkan SPinjam

Untuk menonaktifkan fitur SPinjam sepenuhnya Anda harus melunasi semua pinjaman aktif terlebih dahulu dan hindari mengajukan pinjaman baru. Hubungi Customer Service PT Lentera Dana Nusantara (mitra resmi SPinjam) untuk meminta penghentian penawaran atau peningkatan limit. Keputusan akan mengikuti kebijakan internal perusahaan.

5. Waspada Penipuan

Jika ada pihak yang mengaku sebagai CS Shopee atau SPinjam dan meminta data pribadi (KTP, OTP, PIN, password, nama ibu kandung, dll.) melalui WhatsApp, itu adalah penipuan. Layanan pelanggan resmi tidak pernah meminta data sensitif melalui WhatsApp. (Nur Amalina)