Jakarta –
Toyota melakukan recall terhadap Alphard. Ada puluhan ribu unit yang terdampak. Apa masalahnya?
Toyota mengumumkan adanya recall pada MPV premiumnya Alphard di Indonesia. Recall itu berkaitan dengan adanya potensi masalah pada dua komponen yaitu Front Hood Moulding dan Alternator Pulley.
Toyota Alphard memiliki Front Hood Moulding atau awam menyebutnya sebagai moulding kap mesin. Toyota mendeteksi adanya potensi masalah pada Front Hood Moulding Toyota Alphard tahun produksi Agustus – Oktober 2020.
Diperlukan tindak lanjut pemeriksaan terhadap posisi struktur pemasangan yang perlu diperkuat dikarenakan terdapat potensi Front Hood Moulding dalam kondisi tertentu dapat terlepas dari posisinya. Estimasi waktu pengecekan dan penggantian sampai inspeksi hanya sekitar 30 menit.
Sementara itu potensi masalah pada Alternator Pulley ditemukan di Alphard tahun produksi Desember 2014 hingga Desember 2022. Alternator Pulley itu berpotensi tidak sempurna sehingga bisa menimbulkan bunyi abnormal dan bising. Pada kondisi tertentu, dapat menyebabkan output kelistrikan menurun. Adapun untuk melakukan pengecekan dan penggantian pada Alternator Pulley itu memakan waktu sekitar 1 jam.
Buat kamu pemilik Toyota Alphard dengan tahun produksi yang disebutkan di atas, maka sebaiknya langsung pergi ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan sekaligus penggantian. Namun sebelum pergi ke bengkel, disarankan untuk melakukan booking service terlebih dahulu, agar dealer dapat mempersiapkan stall dan teknisi, serta tidak perlu terlalu lama menunggu antrean karena sudah terjadwal. Seluruh proses pemeriksaan hingga final check tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis.
Proses pengecekan dan perbaikan Front Hood Moulding dan Alternator Pulley ini akan dilakukan oleh teknisi ahli yang sudah bersertifikat Toyota global. Di laman resmi Toyota Astra Motor, setidaknya ada puluhan ribu unit Alphard terdampak recall kali ini. Rinciannya, 31.046 unit terdampak recall Alternator Pulley dan 608 unit recall Front Hood Moulding.
“Mengingat ada 2 recall Toyota Alphard dengan tahun produksi berbeda, pelanggan bisa memastikannya dengan menghubungi jaringan dealer resmi Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia, website resmi https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315 untuk pengecekan status mobil. Cara lainnya, pelanggan dapat berinteraksi dengan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 08111500315. Langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab atas kualitas produk yang dipasarkan dan memberikan peace of mind kepada semua pelanggan Toyota,” ungkap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily dalam keterangan resminya.
(dry/din)