Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Telkomsel Genjot Bisnis Pascabayar, Bidik Pasar Anak Muda Tahun Depan

Telkomsel Genjot Bisnis Pascabayar, Bidik Pasar Anak Muda Tahun Depan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) bakal menggenjot bisnis pascabayar dengan mengincar pasar anak muda pada 2025. Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. itu akan menghadirkan produk yang relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat. 

Telkomsel saat ini masih menjadi pemimpin pasar pascabayar di Tanah Air. Jumlah pelanggan Telkomsel pascabayar mencapai 7,6 juta pada kuartal III/2024 atau bertambah 200.000 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu Indosat melayani 1,4 juta pelanggan dan XL Axiata melayani 1,7 juta pelanggan pascabayar. 

VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel – Saki H. Bramono mengatakan untuk meningkatkan jumlah pelanggan pascabayar pada 2025, Telkomsel fokus pada pendekatan yang senantiasa berorientasi pelanggan (customer centric). 

Produk-produk pascabayar Telkomsel, lanjutnya, telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan layanan premium dengan nilai tambah lebih.

“Strategi ini memungkinkan kami untuk menawarkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan segmen pelanggan, baik di segmen umum maupun anak muda,” kata Saki kepada Bisnis, Kamis (28/11/2024). 

Saki melanjutkan perusahaan akan mendorong Halo+ Bold dan Halo+ Supreme yang menawarkan kuota besar dan berbagai layanan hiburan premium seperti Netflix dan Prime Video. Halo+ Bold dibanderol mulai dari Rp100.000 dengan kuota hingga 120 GB. 

Telkomsel juga mendorong Halo+ Supreme Max untuk segmen premium dan traveler, di mana pelangan mendapatkan kuota melimpah termasuk kuota untuk mengakses internet di dalam pesawat dan di luar negeri. 

“Telkomsel juga mengadakan berbagai program menarik untuk pelanggan setia, termasuk program loyalitas Telkomsel Prestige yang dapat menjadi daya tarik utama yang membedakan produk pascabayar Telkomsel dari kompetitor,” kata Saki. 

Saki juga berpendapat pertumbuhan pada tahun depan akan terdongkrak oleh dukungan jaringan broadband perusahaan dan berbagai inisiatif seperti peluncuran Kartu Kredit UOB Telkomsel, serta pengalaman layanan pascabayar yang lebih eksklusif, seamless, dan relevan bagi pelanggan.

Telkomsel meyakini kolaborasi dengan mitra strategis serta penguatan produk-produk premium akan makin mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan, tidak hanya dari sisi pelanggan, tetapi juga dari kontribusi terhadap pertumbuhan ekosistem digital nasional.

Adapun untuk 2024, kata Saki, layanan pascabayar Telkomsel menunjukkan tren positif. Telkomsel berhasil meningkatkan jumlah pelanggan layanan Telkomsel Halo sebesar 3% YoY pada akhir kuartal ketiga 2024, dengan total lebih dari 7,6 juta pelanggan berkualitas.

“Kami berharap tren positif ini dapat terus berlanjut hingga 2025, didorong oleh perkembangan kebutuhan pelanggan yang makin dinamis dan inovasi berkelanjutan pada produk pascabayar kami, seperti Halo+ Bold dan Halo+ Supreme sejak Juni 2024 yang menjadi salah satu pendorong utama pertumbuhan pelanggan pascabayar,” kata Saki.