Survei: Banyak Masyarakat Belanja Karena Pengaruh Konten

3 July 2023, 16:11

Merdeka.com – Era digitalisasi telah mengubah industri pemasaran dan periklanan. Hasil riset Nielsen menunjukkan belanja iklan digital di Asia tumbuh 5 kali lipat dalam waktu singkat. Terutama didorong oleh belanja online yang dilakukan masyarakat.
“Menurut (hasil riset) Nielsen, belanja iklan digital di Asia tumbuh lima kali lipat dibandingkan pertumbuhan keseluruhan. Dan belanja online berada di posisi teratas,” kata Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi di acara MMA: Modern Marketing Talk 2023 di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (3/7).

Seiring dengan kemajuan teknologi belanja online semakin digemari masyarakat. Banyak produk yang justru lebih mudah didapat lewat platform digital ketimbang membeli secara langsung.
Apalagi, teknologi yang ada sudah bisa melacak aktivitas belanja masyarakat. Tentunya hal ini membuat perlindungan terhadap privasi data pribadi menjadi fokus utama dalam bisnis iklan digital.

“Sekarang regulator mulai mendukung privasi data, kini, peran media retail sebagai pemilik data pihak pertama menjadi semakin penting,” kata dia
Tak hanya itu, survei lainnya menunjukkan sebelum membeli produk, konsumen di Indonesia mudah terpengaruh oleh banyaknya konten-konten. Sehingga pihaknya mulai menyusun strategi untuk menggaet konsumen melalui konten kreatif dan inspiratif.
“Kami secara kreatif menggabungkan iklan sebagai sumber inspirasi di Discovery Channels konsumen sehingga kolaborasi antara pelaku industri, media retail menjadi sangat penting,” tuturnya. [azz]Baca juga:
Felicia Box, Inovasi Belanja Online dan Permainan Dalam Satu Aplikasi
Kedigdayaan Shopee Masih Belum Tergoyahkan oleh E-Commerce Lainnya, Apa Kuncinya?
Tips Jitu UMKM Laris Jualan Online
OJK: Banyak Masyarakat Pakai Paylater untuk Barang Konsumtif, Akhirnya Tak Bisa Bayar
Belajar dari Pandemi, UMKM Makin Mantap Go Digital

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi