Bisnis.com, JAKARTA— PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) melalui brand AXIS mengungkapkan strategi untuk menggaet pelanggan muda.
Head Marketing Communication Youth Segment XLSMART, Nahdiyah Estu Pawestri, menjelaskan saat ini banyak merek mulai berbicara tentang generasi muda atau generasi Z (Gen Z). Namun, Axis berupaya melangkah lebih jauh dengan memahami generasi berikutnya yang akan menjadi pasar potensial di masa depan.
“Jadi salah satu strateginya itu adalah kita gimana caranya stay ahead. Untuk tau nih next generation kayak Gen Alpha tuh gimana. Meanwhile sekarang semua orang lagi bicara Gen Z. Masih bicara Gen Z. Kita udah mulai depend up,” kata Nahdiyah ditemui usai acara Road To Grand Final Axis Nation Cup, Selasa (7/10/2025).
Selain fokus pada regenerasi audiens, Nahdiyah menuturkan bahwa Axis juga memberi perhatian besar terhadap proses digitalisasi pelanggan muda. Nahdiyah menjelaskan tantangan utama dalam menghadapi segmen muda adalah keterbatasan mereka dalam hal finansial dan administrasi.
Sebagian besar masih mengandalkan uang saku dan belum memiliki KTP, sehingga akses mereka terhadap sistem pembayaran digital pun masih terbatas.
“Tapi kami fokus gimana caranya digitalisasi mereka supaya mereka mendapat benefit yang lebih maksimal,” katanya.
Upaya digitalisasi itu diwujudkan melalui aplikasi AxisNet, yang menawarkan berbagai kemudahan serta keuntungan eksklusif bagi pelanggan muda. Dari sisi branding, Axis mengusung semangat kebebasan berekspresi, yang dianggap sebagai nilai utama generasi muda saat ini.
“Karena kan bedanya sama generasi kita. Kita tuh takut punya pilihan ya. Tapi kan anak-anak ini kan enggak ya. Pilihan hidupnya banyak banget. Nah itu yang kita encourage. Makanya opsi kita tuh beragam banget,” tutur Nahdiyah.
Axis juga mencermati pola konsumsi data di segmen muda yang didominasi oleh aktivitas streaming, media sosial, dan gaming. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Axis menghadirkan paket data yang fleksibel dan terjangkau sesuai kemampuan finansial pengguna muda.
“Kekuatan kami adalah di short validity. Short validity itu artinya apa? Di 3 hari, 5 hari. Berapanya itu macam-macam. Kami kasih varian. Tergantung gigabyte-nya, tergantung benefit di dalamnya. Tapi memang itu kayaknya masuk akal banget sama pocket money-nya mereka ya,” kata Nahdiyah.
Selain itu, Axis juga mengedepankan personalisasi melalui fitur “Paket Suka-Suka” di aplikasi AxisNet. Nahdiyah menegaskan kustomisasi menjadi kunci dalam menjangkau segmen muda.
“Makanya yang kita sekarang perjuangkan itu adalah customize. Itu salah satu hero dari produknya Axis di kategori youth. Anak-anak kecil dan anak-anak muda ini semua di-customize ya sekarang,” pungkasnya.
