Sanken Ungkap Rencana Inovasi Sehat Usai Dianugerahi detikcom Awards 2025

Sanken Ungkap Rencana Inovasi Sehat Usai Dianugerahi detikcom Awards 2025

Jakarta

PT Sanken Argadwija (Sanken) berhasil meraih penghargaan pada kategori ‘Pelopor Inovasi Kesehatan di Industri Home Appliances Lokal’ dalam ajang Detik Awards 2025 yang digelar di Java Ballroom The Westin Jakarta, hari ini. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Head of Economic & Industry News detikcom, Ardhi Suryadi, kepada Marketing Director Sanken, Esmond H. Tirtajasa.

Sanken dinilai layak mendapat penghargaan tersebut berkat rangkaian inovasi produknya, mulai dari dispenser BPA free, AC dengan filter vitamin C, hingga rice cooker berbahan stainless steel. Semua inovasi ini dirancang untuk memastikan kualitas air, udara, dan makanan yang aman bagi keluarga Indonesia.

Dalam sesi wawancara, Esmond menjelaskan bahwa fokus Sanken pada kesehatan konsumen berawal dari kondisi pasar yang didominasi oleh harga murah tanpa mempertimbangkan aspek kesehatan.

“Pastinya kita lihat dari kondisi pasar saat ini banyak sekali home appliance yang tidak mementingkan arah kesehatan. Jadi banyak sekali saat ini produk-produk elektronik yang masih beredar itu hanya fokus kepada value for money-nya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (25/11/2025).

Ia menambahkan bahwa kebutuhan akan produk yang lebih aman menjadi alasan Sanken untuk terus menghadirkan inovasi yang menempatkan kesehatan sebagai prioritas utama.

“Artinya biasanya harga (produk) lebih murah tapi tidak sama sekali menyinggung masalah kesehatan. Nah dari situlah Sanken melihat bahwa dari semua brand haruslah ada satu minimum satu atau dua yang lebih memperhatikan ke arah sana. Makanya dari dulu Sanken terus selalu mementingkan kesehatan konsumen dari segi fitur dan keunggulan utamanya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Esmond menjelaskan meski pihaknya mengutamakan kesehatan, keterjangkauan harga tetap menjadi hal yang turut dipertimbangkan. Ia mengakui bahwa inovasi produk berbasis kesehatan memerlukan biaya lebih tinggi, namun ia menilai konsumen modern saat ini mulai memahami nilai dari produk yang lebih sehat, sehingga tantangan harga bisa semakin teratasi.

Di akhir kesempatan, Esmond pun menjelaskan bahwa Sanken tengah menyiapkan sejumlah inovasi baru, meski beberapa masih dalam proses peluncuran.

“Tentu banyak sekali, saya juga belum bisa bocorkan karena beberapa produk masih on-progress. Jadi ditunggu saja, produk kita juga tidak hanya berkecimpung di dunia home appliance ya, tapi salah satunya juga mungkin beberapa sudah tahu, Sanken sudah launching untuk produk sepeda listrik yang tentunya juga mengarah ke kesehatan,” pungkasnya.

Dengan konsistensi menghadirkan produk yang aman dan berfokus pada kesehatan, Sanken semakin menegaskan posisinya sebagai brand lokal yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat modern.

(akn/ega)