Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Review Mitsubishi All New Triton Ultimate, Mobilnya Para Bos Tambang

Review Mitsubishi All New Triton Ultimate, Mobilnya Para Bos Tambang

Jakarta

Mitsubishi All New Triton Ultimate hadir dengan berbagai pembaruan yang menjadikannya pilihan menarik di segmen pickup double cabin. Dengan harga Rp 527 juta untuk varian Ultimate Double Cabin 4×4 AT, mobil ini bersaing ketat dengan Toyota Hilux tipe tertinggi yang dibanderol sekitar Rp 530 jutaan. Harga tersebut tergolong kompetitif mengingat banyaknya keunggulan yang ditawarkan.

All New Triton Ultimate dirancang untuk menghadapi medan berat sekaligus nyaman digunakan di jalan raya. Tim detikOto telah menguji mobil ini di medan offroad dan hasilnya cukup impresif. Suspensi yang telah direvisi dan sasis baru memberikan kenyamanan lebih dibandingkan versi sebelumnya. Selain itu, pengendalian di jalan raya tetap halus dan stabil, membuat mobil ini cocok untuk berbagai kebutuhan. Hmm, kira-kira apa saja kelebihan apalagi ya yang ditawarkan mobilnya para bos tambang yang satu ini ya?

Spesifikasi dan Konsumsi Bahan Bakar

Menggunakan mesin 4N16 2.442 Diesel Common Rail Turbo, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 181,4 HP pada 3.500 RPM dan torsi maksimum 430 Nm pada 2.250 RPM.

Mesin ini lebih efisien dan optimal dibandingkan generasi sebelumnya. Konsumsi bahan bakar di rute dalam kota mencapai 12,8 km/liter, sementara di tol mencapai 17,1 km/liter. Dengan kapasitas tangki penuh, estimasi jarak yang bisa ditempuh hingga 773 km. Hal tersebut tentu memudahkan pengendara yang sering bekerja di pedalaman.

Sebagai kendaraan niaga, All New Triton Ultimate memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu 5.265 x 1.865 x 1.795 mm dengan wheelbase 3.130 mm dan ground clearance 222 mm. Mobil ini tentu memiliki dimensi bagasi yang luas yakni 1.465 x 1.545 mm. Hal tersebut menjadikannya pilihan ideal untuk mengangkut barang.

Fitur Berkendara Modern

Mitsubishi melengkapi All New Triton Ultimate dengan berbagai mode berkendara, seperti Normal dan Eco. Untuk medan khusus, terdapat mode terrain yang mencakup Normal, Gravel, Snow, Mud, Sand, dan Rock. Terdapat juga teknologi super select yang memungkinkan pengemudi memilih penggerak seperti 2H, 4H, 4HLc, dan 4LLc untuk menghadapi berbagai jenis permukaan.

Tidak hanya itu, fitur rear differential lock membantu melewati rintangan sulit. Kendati dirancang untuk medan berat, Mitsubishi tetap mempertimbangkan kenyamanan di jalan aspal dengan menyematkan fitur ADAS, termasuk forward collision mitigation, rear cross traffic alert, lane change assist, dan blind spot warning. Sistem keselamatan lainnya seperti Tire Pressure Monitoring System (TPMS), tujuh airbag, ABS, EBD, dan brake assist juga hadir untuk melindungi pengendara.

Mitsubishi All New Triton Ultimate 4×4 Foto: Muhammad Hafizh GemilangInterior dan Hiburan

Di bagian interior, All New Triton Ultimate menawarkan kenyamanan maksimal. Ruang kabin lega dengan material berkualitas memberikan kesan mewah. Sistem hiburan dilengkapi dengan head unit serupa XFORCE yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur modern lain termasuk wireless charger, port USB Type C dan Type A, serta ruang penyimpanan yang melimpah.

Kelebihan dan Kekurangan

Mitsubishi All New Triton Ultimate menawarkan berbagai kelebihan. Kabin yang nyaman dengan fitur canggih seperti mode berkendara dan teknologi rear differential lock membuat mobil ini semakin andal untuk berbagai medan. Selain itu, performa mesinnya yang lebih bertenaga dan efisien memberikan daya tarik lebih. Dengan harga yang kompetitif, Triton Ultimate menjadi pilihan yang lebih menarik dibandingkan generasi sebelumnya.

Namun, tetap terdapat beberapa kekurangan. Visibilitas ke belakang yang terbatas tanpa kamera 360 serta ketiadaan fitur auto door lock dan paddle shift tentu menjadi kekurangan mobil ini. Sistem kunci pintu bak yang masih manual juga menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna. Selain itu, mesin diesel mobil ini memerlukan solar berkualitas tinggi untuk menjaga performa tetap optimal.

(lth/rgr)