Raih Pencapaian Positif di 2023, Mitsubishi Fuso Targetkan Pangsa Pasar 41% 

14 March 2024, 22:53

Sales & Marketing Director KTB Aji Jaya saat presentasi pencapaian perusahaan (MI/NURTJAHYADI)

Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter(MI/NURTJAHYADI)

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengumumkan keberhasilannya mempertahankan posisi puncak pangsa pasar untuk segmen kendaraan niaga selama 53 tahun dan mengungkap strategi 2024.
Tahun lalu kondisi pasar kendaraan niaga mengalami gejolak dan mengalami penurunan permintaan hingga 9% jika dibandingkan 2022 lalu, dengan volume pasar sebanyak 84.957 unit. Meskipun demikian Mitsubishi Fuso berhasil bertahan sebagai Market Leader dengan raihan pangsa pasar sebesar 39,2% atau setara dengan 33.283 unit. 
Penyumbang terbesar penjualan tersebut disumbang oleh model Canter di kelas light duty truck (LDT) sebanyak 29.062 unit dengan pangsa pasar 53%. Sedangkan di kelas medium duty truk (MDT), Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsa pasar 18% atau sebanyak 4.179 unit.

Baca juga : KTB Siap Jadi Pelopor Penggunaan Truk Bertenaga Listrik di Indonesia
Selain itu, beragam aktivitas layanan purna jual telah dilakukan Mitsubishi seperti perluasan layanan after sales service seperti Bengkel Siaga 24 Jam, parts depo, dan mobile workshop service (MWS), serta menambah jaringan dealer yang saat ini total 222  titik.
Beragam Inovasi juga terus dilakukan, seperti Digital Operation MyFuso App & Telematic Runner 3.0 yang fokus untuk meningkatkan layanan demi kepuasan konsumen dan hadir lebih dekat dengan konsumen secara digital.
Menurut Sales & Marketing Director KTB Aji Jaya, dari aspek purnajual, Mitsubishi Fuso berhasil mencatatkan rekor penjualan spare part tertinggi pada 2023, naik 17% jika dibandingkan pada 2022. 
Baca juga : KTB Pastikan Truk Listrik eCanter Dipasarkan pada 2024 
“Dengan semakin banyaknya penjualan spare part tentunya menjadi tujuan kami untuk menjaminan ketersediaan spare part diseluruh wilayah Indonesia sehingga memudahkan bagi konsumen untuk melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan operasional mereka,” ujar Aji dalam acara buka bersama bertajuk Ramadan Berkah – Fuso Buka Puasa bersama Jurnalis di markas KTB, Pulomas, Jakarta Timur, Kamis (14/3). 
Tahun ini KTB akan terus meningkatkan market share dengan target 41% atau tumbuh sebesar 1,8% dengan total unit 34.850. “Kami akan mengusung strategi ‘customer-first’ untuk mencapai target itu. Kami berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi tidak hanya produk namun juga layanan dan teknologi terbaru yang sesuai untuk bisnis konsumen. Fuso akan mendengarkan masukan konsumen dan menyediakan Solusi bisnis yang tepat sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen,” papar Aji.
Beberapa strategi untuk menghadapi 2024 adalah menyediakan produk dan layanan yang disesuaikan dengan karakter, area, dan jenis bisnis konsumen, meningkatkan pelayanan dealer dengan menambah dealer-dealer berstatus Fuso Pro-Shop, dan digitalisasi dengan mengembangkan fitur Runner yaitu Bengkel Runner.
Menyambut Ramadan ini, Mitsubishi Fuso menyediakan berbagai promo service. Bagi konsumen yang ingin mendapatkan penanganan service cepat dengan fasilitas Fast Lane terdapat diskon 10% untuk penggantian filter oli dan filter solar, diskon 20% untuk oli mesin, dan diskon 10% untuk jasa pengerjaan. Bengkel Siaga 24 Jam dan Mobile Workshop Service juga tetap beroperasi penuh selama Ramadan sampai Lebaran.
Aji Jaya juga resmi mengumumkan rencana untuk meluncurkan truk listrik eCanter pada Juli 2024 ini, tepatnya di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD City. Penjualan awal akan difokuskan di wilayah Jabotabek, dengan target utama dari sektor bisnis logistik. (S-3)

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi