Perusahaan: Google

  • Sebagian Jakarta Diguyur Hujan di Akhir Pekan

    Sebagian Jakarta Diguyur Hujan di Akhir Pekan

    Jakarta: Hujan diprediksi mengguyur sebagian wilayah Jakarta pada Minggu, 1 Desember 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan turun dengan intensitas ringan hingga sedang.

    Saat pagi, cuaca Jakarta berawan tebal. Kondisi ini juga terjadi di Kepulauan Seribu.

    Siang harinya, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diperkirakan hujan ringan. Sedangkan Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu berawan tebal.

    Wilayah Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu diperkirakan berawan tebal pada sore hingga malam hari. Sedangkan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat hujan ringan.
     

    Suhu udara Jakarta pagi hari diperkirakan berkisar 25-32 derajat Celsius. Memasuki siang hari, suhu udara mencapai 30-34 derajat celsius, sedangkan malam hari mencapai 26-29 derajat celcius.

    Jakarta: Hujan diprediksi mengguyur sebagian wilayah Jakarta pada Minggu, 1 Desember 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan turun dengan intensitas ringan hingga sedang.
     
    Saat pagi, cuaca Jakarta berawan tebal. Kondisi ini juga terjadi di Kepulauan Seribu.
     
    Siang harinya, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diperkirakan hujan ringan. Sedangkan Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu berawan tebal.
    Wilayah Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu diperkirakan berawan tebal pada sore hingga malam hari. Sedangkan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat hujan ringan.
     

    Suhu udara Jakarta pagi hari diperkirakan berkisar 25-32 derajat Celsius. Memasuki siang hari, suhu udara mencapai 30-34 derajat celsius, sedangkan malam hari mencapai 26-29 derajat celcius.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AGA)

  • Komoditas Unggulan Ini Siap Meluncur ke Tiongkok, Apa Saja?

    Komoditas Unggulan Ini Siap Meluncur ke Tiongkok, Apa Saja?

    Jakarta: PT Berkat Cawan Milenial (BCM), perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan bahan pangan dari produksi hingga distribusi internasional, menandatangani perjanjian kerja sama ekspor komoditas unggulan Indonesia yakni jagung, tapioka, dan tepung konyaku dengan mitra Guang Tong Shi Pin dari Guangdong, Tiongkok.
     
    Pengiriman perdana dijadwalkan pada Januari 2025, menandai langkah penting dalam memperluas jangkauan distribusi global sekaligus mendukung program pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan nasional. Pemerintah Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto, menargetkan pencapaian swasembada pangan pada 2027.
     
    Inisiatif ini mencakup pembangunan lumbung pangan di berbagai tingkatan serta program makan bergizi gratis bagi pelajar dan kelompok rentan. Kerja sama ekspor komoditas yang dilakukan oleh BCM sejalan dengan upaya pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.
    Direktur Utama BCM, Via Amalia menyatakan ekspor jagung, tapioka, dan tepung konyaku ini tidak hanya meningkatkan devisa negara tetapi juga mendorong produktivitas petani lokal.
     
    “Kerja sama ini tidak hanya memperkuat posisi Indonesia di pasar global, tetapi juga menjadi bagian dari upaya kami untuk berkontribusi langsung terhadap ketahanan pangan nasional. Kami percaya ekspor ini akan membuka lebih banyak peluang bagi petani lokal, memperluas cakupan pasar, dan menunjukkan kualitas unggulan bahan pangan Indonesia,” ujar dia, dalam keterangan tertulis, Minggu, 1 Desember 2024.
     
    Sebagai perusahaan yang mengelola bahan pangan dari proses produksi hingga distribusi, BCM memprioritaskan kualitas, efisiensi, dan keberlanjutan. Komoditas seperti jagung, tapioka, dan tepung konyaku dipilih karena tingginya permintaan global terhadap produk ini.
     
    Jagung dan tapioka menjadi komponen penting dalam industri pangan dan pakan ternak, sedangkan tepung konyaku telah menarik perhatian pasar internasional sebagai bahan pangan sehat dan ramah lingkungan.
     
    “Kami terus berinovasi untuk memastikan setiap produk yang kami kelola tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar internasional tetapi juga membawa manfaat nyata bagi komunitas lokal. Kami memahami pentingnya efisiensi dalam rantai pasokan, dan itulah yang menjadi fokus utama kami dalam setiap tahap proses produksi hingga distribusi,” tambah Via Amalia.
     
    BCM terus berinovasi dalam mengoptimalkan rantai pasokan untuk memastikan produk pangan sampai ke konsumen dengan efisien. Teknologi dan strategi distribusi yang digunakan memungkinkan perusahaan untuk menjaga kesegaran produk, meminimalkan biaya logistik, dan meningkatkan daya saing di pasar internasional.
     
    Hal ini juga mendukung pencapaian keberlanjutan dan efisiensi dalam rantai pasokan global. Kerja sama dengan berbagai pihak menjadi pilar penting dalam strategi BCM untuk memperluas jangkauan distribusi global.
     
    Dengan mitra seperti PT Rajawali Nusindo (RNI), BUMN yang berperan aktif dalam mendukung sektor pangan, dan mitra internasional di Guangdong, China, BCM membangun jaringan distribusi yang solid untuk meningkatkan kepercayaan pasar terhadap produk pangan Indonesia.
     
    “Kami yakin kolaborasi strategis ini akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan BCM untuk membawa bahan pangan Indonesia semakin dikenal di pasar internasional. Kami akan terus menjaga standar tinggi dalam kualitas produk dan layanan kami, sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara swasembada pangan,” tegas Via Amalia.
     
    BCM memastikan seluruh proses produksi, pengolahan, dan distribusi dilakukan sesuai standar internasional. Perusahaan tidak hanya fokus pada keuntungan komersial tetapi juga pada dampak sosial, seperti pemberdayaan petani lokal dan pengurangan jejak karbon dalam rantai pasokan.
     
    Langkah strategis ini diharapkan dapat meningkatkan devisa negara, memperkuat sektor pertanian, dan mendorong daya saing Indonesia di pasar global. BCM berkomitmen untuk terus memberikan solusi pangan inovatif yang berkelanjutan dan berkualitas tinggi.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Boncos Lebih dari 1%, IHSG Enggan Beranjak di Level 7.100-an Minggu Ini

    Boncos Lebih dari 1%, IHSG Enggan Beranjak di Level 7.100-an Minggu Ini

    Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan ini untuk periode 25-29 November 2024 mengalami penurunan sebesar 1,13 persen menjadi pada level 7.114,266 dari 7.195,565 pada pekan lalu.
     
    “Kapitalisasi pasar Bursa juga mengalami perubahan sebesar 0,43 persen menjadi Rp12.000 triliun dari Rp12.053 triliun pada pekan sebelumnya,” ungkap Sekretaris Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad dalam keterangan tertulis, Sabtu, 30 November 2024.
     
    Sementara itu, rata-rata nilai transaksi harian Bursa mengalami peningkatan sebesar 35,53 persen menjadi Rp13,45 triliun dari Rp9,93 triliun pada pekan sebelumnya.
    Tidak hanya itu, rata-rata volume transaksi harian Bursa selama sepekan turut mengalami peningkatan sebesar 31,23 persen menjadi 26,10 miliar lembar saham dari 19,89 miliar lembar saham pada minggu sebelumnya.
     
    “Rata-rata frekuensi transaksi harian Bursa turut mengalami peningkatan sebesar 3,27 persen menjadi 1,14 juta kali transaksi dari 1,10 juta kali transaksi pada pekan lalu,” jelas Kautsar.
     
    Adapun, pergerakan investor asing pada Jumat (29/11) mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp1,89 triliun dan sepanjang 2024 investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp21,56 triliun.
     

     

    Catat 6 obligasi dan 1 sukuk

    BEI juga mencatat terdapat enam obligasi dan satu sukuk, yaitu (1) Obligasi Berkelanjutan I Dian Swastatika Sentosa Tahap III Tahun 2024, (2) Obligasi Berkelanjutan II Hartadinata Abadi Tahap I Tahun 2024, (3) Obligasi Berkelanjutan IV Toyota Astra Financial Services dengan Tingkat Bunga Tetap Tahap IV Tahun 2024.
     
    Kemudian (4) Obligasi Berkelanjutan VII, (5) Obligasi Berwawasan Sosial Berkelanjutan I Sarana Multigriya Finansial Tahap IV Tahun 2024, (6) Obligasi Berkelanjutan III Bussan Auto Finance Tahap II Tahun 2024, dan (7) Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Dian Swastatika Sentosa Tahap III Tahun 2024.
     
    Total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat sepanjang 2024 adalah 131 emisi dari 70 emiten senilai Rp125,88 triliun. Total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI berjumlah 595 emisi dengan nilai outstanding sebesar Rp473,19 triliun dan USD86,0163 juta, yang diterbitkan oleh 131 emiten.
     
    “Surat Berharga Negara (SBN) tercatat di BEI berjumlah 190 seri dengan nilai nominal Rp6.061,51 triliun dan USD502,10 juta. Selain itu, di BEI telah tercatat sebanyak delapan emisi Emisi Beragun Aset (EBA) dengan nilai Rp2,70 triliun,” tutup Kautsar.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Begini Cara Beli Saham IPO

    Begini Cara Beli Saham IPO

    Jakarta: Buat kamu yang tertarik berinvestasi, saham baru yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Initial Public Offering (IPO) bisa jadi pilihan menarik. Saham IPO adalah saham yang pertama kali dijual ke publik oleh perusahaan.
     
    Sebelum membeli, penting untuk tahu apa itu saham IPO, bagaimana cara menemukannya, dan cara membelinya. Selain itu, kamu juga perlu tahu apakah saham IPO bisa langsung dijual setelah dibeli. Berikut penjelasannya, dikutip dari laman IDX.
     
    Pengertian saham IPO

    Saham IPO (Initial Public Offering) adalah saham yang pertama kali dijual oleh perusahaan ke publik. Tujuannya agar perusahaan bisa mengumpulkan dana untuk berkembang atau mengurangi utang.
     
    Sebelum saham bisa diperdagangkan, perusahaan harus melalui beberapa tahap, seperti persetujuan dari regulator dan pengungkapan informasi penting kepada publik. Setelah IPO, saham perusahaan dapat dibeli dan dijual oleh investor di pasar sekunder.
     
    Cara menemukan saham IPO

    Untuk menemukan saham IPO, kamu bisa mencoba cara-cara mudah berikut ini:
    1. Kunjungi situs e-IPO ( e-ipo.co.id ) untuk melihat daftar saham IPO yang tersedia.
    2. Cek informasi tentang saham IPO di perusahaan sekuritas tempat kamu membuka rekening saham.
    3. Buka rekening saham di perusahaan sekuritas jika belum punya.
    4. Dapatkan Single Investor Identification (SID) setelah membuka rekening saham.
    5. Setelah semuanya siap, kamu bisa memesan saham IPO melalui e-IPO.
     

     

    Cara beli saham IPO

    1. Kunjungi e-ipo.co.id dan login dengan akun kamu.
    2. Pilih saham IPO yang ingin dibeli dan klik ‘Pesan’.
    3. Isi formulir dengan kode sekuritas, jumlah lot, dan jawab pertanyaan yang ada.
    4. Klik ‘Kirim’, cek ringkasan pesanan, lalu klik ‘Simpan’.
    5. Masukkan OTP yang dikirimkan ke nomor terdaftar dan klik ‘Simpan Pesanan’.
    6. Konfirmasi dengan membaca prospektus dan klik ‘Saya telah membaca prospektus’.
     
    Apa saham IPO bisa langsung dijual?

    Saham IPO tidak bisa langsung dijual setelah dibeli. Setelah kamu membeli saham IPO dan mendapatkan alokasi saham, saham tersebut akan masuk ke dalam akun kamu. Namun, kamu baru bisa menjualnya setelah saham tersebut tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).
     
    Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari setelah distribusi saham selesai. Setelah tercatat, kamu bisa menjual sahamnya kapan saja di pasar sekunder.
     
    Itulah beberapa hal penting tentang saham IPO yang perlu kamu pahami sebelum berinvestasi. Ikuti langkah-langkahnya untuk mempermudah proses pembelian, dan jangan lupa untuk selalu melakukan riset sebelum mengambil keputusan. (Nanda Sabrina Khumairoh)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Transaksi Digital Dorong Efisiensi Industri dan UMKM

    Transaksi Digital Dorong Efisiensi Industri dan UMKM

    Jakarta: Digitalisasi transaksi, termasuk penggunaan QRIS dinilai menjadi katalis penting dalam mendorong efisiensi dan transparansi di berbagai sektor industri. Inovasi itu tak hanya mempermudah pendataan transaksi, tetapi juga mempercepat proses bisnis secara keseluruhan.

    “Perkembangan transaksi digital di Indonesia sudah sangat pesat. Penggunaan QRIS sangat membantu para pengusaha dalam pembayaran, pendataan, perekaman, dan distribusi dokumen,” kata Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI),  di Jakarta, Jumat, 29 November 2024.

    Akbar menambahkan, pemanfaatan QRIS sangat efisien, namun aspek keamanan atau security perlu terus ditingkatkan. Menurutnya, transaksi digital berkontribusi besar pada kecepatan dan akurasi perpindahan data yang berujung pada peningkatan kualitas layanan di sektor industri.

    “Penting bagi pelaku usaha untuk merasa aman saat menggunakan transaksi digital. Oleh karena itu, pengembangan cyber security harus menjadi prioritas agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya,” tegasnya.

    Sejalan dengan itu, Direktur Utama PT TDC, Indra, mendukung digitalisasi sebagai cara untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi bisnis. Ia memperkenalkan aplikasi Posku Lite yang dirancang khusus untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) beralih dari pencatatan manual ke sistem digital.

    “Posku Lite berfokus pada kecepatan dan akurasi pencatatan transaksi. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur unggulan yang mendukung operasional harian UMKM,” ujar Indra.

    Menurutnya, Posku Lite dapat diunduh gratis melalui Google Play Store dan memungkinkan pengelolaan satu akun oleh beberapa pengguna. Dengan fitur ini, pemilik UMKM dapat membagikan akses aplikasi kepada karyawan atau cabang toko untuk memantau transaksi harian, mingguan, hingga bulanan.

    “Setiap transaksi akan menghasilkan invoice otomatis yang dapat dicetak menggunakan printer Bluetooth atau dikirim langsung melalui WhatsApp dan email kepada pelanggan,” jelasnya.

    Indra juga mengungkapkan bahwa metode pembayaran di Posku Lite sangat beragam, mencakup QRIS, transfer bank, dan tunai, dengan penarikan dana yang dapat dilakukan dalam waktu 1×24 jam.

    Salah satu keunggulan utama Posku Lite adalah fitur White Label/Kustomisasi Aplikasi, yang memungkinkan mitra mengemas ulang aplikasi menggunakan identitas mereka sendiri, seperti nama, logo, dan warna tampilan.

    “Tim kami akan membantu mendaftarkan versi mitra ke Google Play. Solusi ini sangat cocok untuk UMKM karena sederhana, efektif, dan transparan dalam mengelola transaksi harian,” ujar Indra.

    Ia menambahkan bahwa aplikasi ini juga dilengkapi fitur diskon dan terus diperbarui sesuai kebutuhan pasar, menjadikannya alat yang fleksibel dan relevan bagi pelaku UMKM di era digital.

    Jakarta: Digitalisasi transaksi, termasuk penggunaan QRIS dinilai menjadi katalis penting dalam mendorong efisiensi dan transparansi di berbagai sektor industri. Inovasi itu tak hanya mempermudah pendataan transaksi, tetapi juga mempercepat proses bisnis secara keseluruhan.
     
    “Perkembangan transaksi digital di Indonesia sudah sangat pesat. Penggunaan QRIS sangat membantu para pengusaha dalam pembayaran, pendataan, perekaman, dan distribusi dokumen,” kata Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI),  di Jakarta, Jumat, 29 November 2024.
     
    Akbar menambahkan, pemanfaatan QRIS sangat efisien, namun aspek keamanan atau security perlu terus ditingkatkan. Menurutnya, transaksi digital berkontribusi besar pada kecepatan dan akurasi perpindahan data yang berujung pada peningkatan kualitas layanan di sektor industri.
    “Penting bagi pelaku usaha untuk merasa aman saat menggunakan transaksi digital. Oleh karena itu, pengembangan cyber security harus menjadi prioritas agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya,” tegasnya.
     
    Sejalan dengan itu, Direktur Utama PT TDC, Indra, mendukung digitalisasi sebagai cara untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi bisnis. Ia memperkenalkan aplikasi Posku Lite yang dirancang khusus untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) beralih dari pencatatan manual ke sistem digital.
     
    “Posku Lite berfokus pada kecepatan dan akurasi pencatatan transaksi. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur unggulan yang mendukung operasional harian UMKM,” ujar Indra.
     
    Menurutnya, Posku Lite dapat diunduh gratis melalui Google Play Store dan memungkinkan pengelolaan satu akun oleh beberapa pengguna. Dengan fitur ini, pemilik UMKM dapat membagikan akses aplikasi kepada karyawan atau cabang toko untuk memantau transaksi harian, mingguan, hingga bulanan.
     
    “Setiap transaksi akan menghasilkan invoice otomatis yang dapat dicetak menggunakan printer Bluetooth atau dikirim langsung melalui WhatsApp dan email kepada pelanggan,” jelasnya.
     
    Indra juga mengungkapkan bahwa metode pembayaran di Posku Lite sangat beragam, mencakup QRIS, transfer bank, dan tunai, dengan penarikan dana yang dapat dilakukan dalam waktu 1×24 jam.
     
    Salah satu keunggulan utama Posku Lite adalah fitur White Label/Kustomisasi Aplikasi, yang memungkinkan mitra mengemas ulang aplikasi menggunakan identitas mereka sendiri, seperti nama, logo, dan warna tampilan.
     
    “Tim kami akan membantu mendaftarkan versi mitra ke Google Play. Solusi ini sangat cocok untuk UMKM karena sederhana, efektif, dan transparan dalam mengelola transaksi harian,” ujar Indra.
     
    Ia menambahkan bahwa aplikasi ini juga dilengkapi fitur diskon dan terus diperbarui sesuai kebutuhan pasar, menjadikannya alat yang fleksibel dan relevan bagi pelaku UMKM di era digital.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ALB)

  • Apa Itu SeaBank? Berikut Kelemahan dan Kelebihannya

    Apa Itu SeaBank? Berikut Kelemahan dan Kelebihannya

    Jakarta: SeaBank belakangan ini banyak dibicarakan karena menawarkan layanan perbankan digital yang praktis dan serba online. Kalau kamu penasaran, penting banget untuk tahu lebih dulu apa itu SeaBank, apakah aman digunakan, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya.
     
    Penjelasan berikut bakal memberikan gambaran lengkap buat kamu apa itu SeaBank, seperti dikutip dari laman resmi SeaBank dan Shopee.
     
    Apa itu SeaBank?

    SeaBank adalah bank digital berbasis aplikasi yang memudahkan transaksi dan pengelolaan keuangan lewat Handphone. Kamu bisa kirim atau terima saldo dari rekening SeaBank maupun bank lain.
     
    Aplikasi ini dibuat oleh PT Bank Seabank Indonesia, yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).
     
    Apakah SeaBank aman?

    Aplikasi SeaBank dilengkapi dengan keamanan berlapis seperti verifikasi dua langkah dan enkripsi end-to-end untuk melindungi transaksi. Setiap transaksi juga harus dikonfirmasi dengan kode OTP atau PIN sebelum diproses.
    SeaBank sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), jadi keamanannya bisa dipercaya.
     

     

    Kelebihan dan kekurangan SeaBank

    Kelebihan:
    – Bunga tabungan yang menarik hingga 3,5 persen per tahun, tanpa saldo minimum, dan bunga dihitung setiap hari.
    – Kemudahan dalam melakukan transaksi seperti transfer, pembayaran tagihan, dan top-up dompet digital melalui aplikasi.
    – Keamanan yang terjamin dengan verifikasi dua langkah dan enkripsi end-to-end.
    – Terhubung dengan Shopee, memudahkan transaksi antar pengguna platform tersebut.
     
    Kekurangan:
    – Ketergantungan pada aplikasi digital yang mungkin kurang cocok bagi pengguna yang lebih memilih layanan perbankan fisik.
    – Layanan yang sepenuhnya berbasis aplikasi dapat terganggu jika terjadi masalah teknis atau koneksi internet.
     
    Itulah penjelasan tentang SeaBank, mulai dari fitur hingga kelebihan dan kekurangannya. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, SeaBank bisa jadi pilihan yang menarik, tapi pastikan layanan ini sesuai dengan kebutuhan kamu. (Nanda Sabrina Khumairoh)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Cara Bayar Shopee lewat BRImo

    Cara Bayar Shopee lewat BRImo

    Jakarta: Membeli barang secara online kini semakin mudah dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia. Salah satunya adalah melalui aplikasi BRImo yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran Shopee dengan cepat dan praktis.
     
    Bagi kamu yang belum familiar, berikut ini adalah cara mudah untuk membayar belanjaan Shopee lewat BRImo yang bisa kamu coba, dikutip dari laman resmi Shopee.
     

    Cara bayar pesanan Shopee lewat BRImo

    Untuk melakukan pembayaran Shopee lewat BRImo, caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:
     
    – Buka aplikasi BRImo dan login dengan PIN.
    – Pilih menu Dompet Digital di halaman utama.
    – Jika nomor handphone belum terdaftar, pilih Top Up Baru, lalu pilih Dompet Digital.
    – Pilih ShopeePay dari daftar yang muncul.
    – Masukkan nomor handphone yang akan diisi saldo ShopeePay, lalu pilih Lanjutkan.
    – Periksa informasi nama dan nomor handphone yang muncul, pastikan sudah benar.
    – Masukkan jumlah saldo yang ingin diisi, minimal Rp10 ribu.
    – Periksa semua data, lalu masukkan PIN BRImo untuk menyelesaikan transaksi.
    – Saldo ShopeePay kamu langsung terisi dan siap digunakan
    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa melakukan pembayaran Shopee lewat BRImo dengan mudah dan cepat. Setelah saldo ShopeePay terisi, belanjaan di Shopee pun bisa segera dibayar tanpa ribet. (Nanda Sabrina Khumairoh)

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Cara Mendorong Industri Pengolahan Susu Lokal

    Cara Mendorong Industri Pengolahan Susu Lokal

    Jakarta: Pelaku industri mendorong industri pengolahan susu segar lokal dengan terus mengandeng pelaku peternakan lokal.
     
    PT Sumoda Tama Berkah, sebagai produsen susu dengan brand Susu Mbok Darmi menegaskan komitmennya untuk terus mendukung peternak lokal. CEO Susu Mbok Darmi Dhony Pratama menyampaikan sejak awal berdiri telah berkomitmen menggunakan 100 persen bahan baku dari peternak dan petani lokal.
     

    “Ini bukan hanya bagian dari tanggung jawab sosial kami, tetapi juga bentuk nyata dari upaya kami dalam memberdayakan ekonomi lokal.”  tegas dia dikutip Sabtu, 30 November 2024.
     
    Susu Mbok Darmi berusaha memastikan standar tinggi dalam setiap produk yang dihasilkan melalui proses produksi yang higienis dan sertifikasi halal.
    “Hal ini memungkinkan konsumen menikmati susu segar sekaligus mendukung keberlangsungan usaha peternak lokal,” tegas dia.

    Gandeng peternak lokal

    Dhony menambahkan dalam situasi sulit seperti saat ini tetap memprioritaskan kerja sama dengan peternak lokal untuk memastikan bahwa susu yang mereka hasilkan dapat terserap sepenuhnya.
     
    “Kami percaya, hanya dengan sinergi seperti ini, industri susu lokal dapat terus bertahan dan berkembang.”
     
    Selain memberikan manfaat ekonomi, keberadaan Susu Mbok Darmi juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurangi ketergantungan pada impor susu.
     
    Sebagai merek susu segar lokal, Susu Mbok Darmi terus melakukan inovasi dengan menghadirkan berbagai varian rasa yang disukai oleh konsumen.
     
    “Semua produk diproduksi secara etis dan dengan penuh perhatian terhadap keberlanjutan ekosistem peternakan lokal,” tegas dia.
     
    Susu Mbok Darmi tak hanya berkomitmen menjaga kesehatan konsumen, tetapi juga menjadi pendorong utama dalam pembangunan ekonomi lokal berbasis peternakan.
     
    Susu Mbok Darmi menghadirkan susu pasteurisasi yang bahan bakunya berasal dari peternak lokal di sekitar Bogor.
     
    Dengan konsep “jadul” yang unik, Susu Mbok Darmi tersedia di berbagai lokasi strategis seperti pusat perbelanjaan, kampus, dan stasiun.
     
    Selama lebih dari 11 tahun, merek susu segar ini telah bermitra erat dengan peternak lokal di kawasan Bogor, Pangalengan, dan Lembang, menyediakan bahan baku berkualitas tinggi untuk produk susu pasteurisasi.

    Serapan pelaku industri susu

    Terbaru, para peternak sapi khususnya di Pulau Jawa yang menggelar aksi protes dengan membuang susu karena suplai dari peternak dan pengepul tidak bisa semuanya terserap ke industri pengolahan produk susu.
     
    Aksi ini menjadi bentuk kekecewaan para peternak atas minimnya daya serap dari industri pengolahan, yang berdampak pada penumpukan stok susu dan kerugian bagi mereka. Para peternak berharap pemerintah dan industri dapat segera memberikan solusi agar hasil susu mereka dapat terserap dengan lebih optimal.
     
    Koordinator Aksi Boyolali, Sriyoni  menjelaskan alasan industri menolak susu lokal karena perbaikan mesin. Setelah perbaikan mesin, ada alasan baru lagi bahwa pasar lesu, yang artinya produk dari industri tidak mampu terpasarkan semua dan kemudianmengurangi jumlah produksi.
     
    “Kita berasumsi bahwa karena produk impor banyak yang masuk,” ujar dia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (SAW)

  • UMKM Harus Selalu Berinovasi Agar Tak Kalah Bersaing

    UMKM Harus Selalu Berinovasi Agar Tak Kalah Bersaing

    Jakarta: Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) didorong agar selalu berinovasi dan adaptif terhadap perkembangan zaman agar tidak ketinggalan oleh pasar internasional. Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) sudah memberikan pelatihan dan pendampingan intensif kepada UMKM agar bisa berkembang pesat.

    Komdigi berharap pendampingan dan pelatihan yang diberikan dapat memberi dampak bagi perkembangan usaha UMKM. Para fasilitator dan koordinator yang dilibatkan juga diharapkan dapat memperluas jejaring dan meningkat kompetensinya setelah melakukan pendampingan.

    “Terus maju UMKM Indonesia! Tingkatkan terus daya saing dengan selalu berinovasi dan adaptif terhadap perkembangan teknologi digital,” ujar Ketua Tim Adopsi Teknologi Digital UMKM Komdigi, Poppy Ramdhania, dalam keterangannya, Sabtu, 30 November 2024.
    UMKM Level Up
    Dalam upaya mengapresiasi kinerja para pelaku UMKM, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Digital menyelenggarakan acara Malam Anugerah UMKM Level Up 2024. Program UMKM Level Up ini telah melalui berbagai tahap, mulai dari pendaftaran peserta UMKM, seleksi pemilihan fasilitator dan koordinator pendamping, hingga pelaksanaan webinar dan workshop dengan berbagai materi terkait digitalisasi UMKM

    “Selama 5 bulan berjalan, telah terselenggarakan belasan kegiatan di 19 lokasi kota/kabupaten  melibatkan 8.248 UMKM dari berbagai sektor di mana mayoritas (67,1 pers en) UMKM bergerak di sektor kuliner, 12,2 persen di sektor kerajinan tangan, 8,4 persen fashion, 1,4 persen kerajinan kulit, dan 10,9 persen bergerak di bidang lainnya,” ujar dia.
     

    Komdigi juga akan memberikan penghargaan terhadap koordinator, fasilitator, dan UMKM yang telah melewati seleksi dan penilaian cukup selektif hingga terpilih menjadi yang terbaik.

    Penghargaan tersebut akan diberikan kepada dua koordinator, 10 fasilitator, dan lima pelaku UMKM yang paling berkomitmen dan memberi kontribusi besar dalam proses adopsi teknologi digital UMKM.

    “Karena keberhasilan program ini tidak lepas dari peran vital koordinator dan fasilitator yang mendampingi UMKM selama lima bulan,” ujar dia. 

    Jakarta: Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) didorong agar selalu berinovasi dan adaptif terhadap perkembangan zaman agar tidak ketinggalan oleh pasar internasional. Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) sudah memberikan pelatihan dan pendampingan intensif kepada UMKM agar bisa berkembang pesat.
     
    Komdigi berharap pendampingan dan pelatihan yang diberikan dapat memberi dampak bagi perkembangan usaha UMKM. Para fasilitator dan koordinator yang dilibatkan juga diharapkan dapat memperluas jejaring dan meningkat kompetensinya setelah melakukan pendampingan.
     
    “Terus maju UMKM Indonesia! Tingkatkan terus daya saing dengan selalu berinovasi dan adaptif terhadap perkembangan teknologi digital,” ujar Ketua Tim Adopsi Teknologi Digital UMKM Komdigi, Poppy Ramdhania, dalam keterangannya, Sabtu, 30 November 2024.
    UMKM Level Up
    Dalam upaya mengapresiasi kinerja para pelaku UMKM, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Digital menyelenggarakan acara Malam Anugerah UMKM Level Up 2024. Program UMKM Level Up ini telah melalui berbagai tahap, mulai dari pendaftaran peserta UMKM, seleksi pemilihan fasilitator dan koordinator pendamping, hingga pelaksanaan webinar dan workshop dengan berbagai materi terkait digitalisasi UMKM
    “Selama 5 bulan berjalan, telah terselenggarakan belasan kegiatan di 19 lokasi kota/kabupaten  melibatkan 8.248 UMKM dari berbagai sektor di mana mayoritas (67,1 pers en) UMKM bergerak di sektor kuliner, 12,2 persen di sektor kerajinan tangan, 8,4 persen fashion, 1,4 persen kerajinan kulit, dan 10,9 persen bergerak di bidang lainnya,” ujar dia.
     

    Komdigi juga akan memberikan penghargaan terhadap koordinator, fasilitator, dan UMKM yang telah melewati seleksi dan penilaian cukup selektif hingga terpilih menjadi yang terbaik.
     
    Penghargaan tersebut akan diberikan kepada dua koordinator, 10 fasilitator, dan lima pelaku UMKM yang paling berkomitmen dan memberi kontribusi besar dalam proses adopsi teknologi digital UMKM.
     
    “Karena keberhasilan program ini tidak lepas dari peran vital koordinator dan fasilitator yang mendampingi UMKM selama lima bulan,” ujar dia. 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AZF)

  • Laris Manis, UMKM Lokal Raup Cuan Lebih dari Rp4,5 Miliar di Belanda

    Laris Manis, UMKM Lokal Raup Cuan Lebih dari Rp4,5 Miliar di Belanda

    Jakarta: Produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Pertamina mencetak transaksi sebesar 270 ribu Euro atau lebih dari Rp4,5 miliar pada hari ke-2 pameran pada Discovering The Magnificence of Indonesia (DMI) 2024 Tourism & Trade Expo. Hal ini menunjukkan animo pada sektor pariwisata dan perdagangan Indonesia. 
     
    Produk UMKM Bunga Palm Purbalingga dan UMKM Bali Honey Denpasar menjadi produk yang paling diminati pengunjung, khususnya bagi para buyer Eropa maupun Diaspora Belanda (Netherlands). Sejumlah penandatanganan Komitmen Kerjasama Pembelian dari UMKM tersebut juga dilakukan.  
     
    “Ini merupakan bukti nyata bahwa UMKM Indonesia mampu bersaing di kancah global. Dengan memanfaatkan momen seperti DMI 2024, kami berharap produk lokal semakin dikenal dan diminati pasar internasional,” kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 30 November 2024.
       
    Event yang berlangsung di Jaarbeurs, Utrecht Belanda ini menjadi ajang promosi potensi pariwisata dan memperkenalkan produk-produk unggulan Indonesia kepada pasar internasional. UMKM binaan Pertamina hadir dengan berbagai produk inovatif, mulai dari makanan olahan, kerajinan tangan, komoditi, fashion, hingga produk kecantikan berbahan lokal yang ramah lingkungan. 
     

    Antusiasme masyarakat Belanda terhadap produk UMKM asal Indonesia terlihat dari tingginya jumlah transaksi dan minat pembeli, terutama pada produk yang mengedepankan nilai budaya dan keberlanjutan. Produk komoditi seperti gula, madu, hingga produk makanan, kerajinan, dan tenun menjadi primadona.
     
    “Acara DMI 2024 Tourism & Trade Expo masih akan berlangsung hingga akhir pekan waktu setempat. Ini memberikan peluang lebih besar bagi UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mencetak pencapaian baru,” ungkap Fadjar.
     
    Sebagai BUMN Energi, Pertamina berkomitmen menjaga ketahanan energi nasional, sekaligus berperan aktif mendorong kemandirian ekonomi masyarakat Indonesia. Pertamina juga mendukung target Net Zero Emission 2060, serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG).
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)