Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Pengguna Tokopedia, Lazada, dan Shopee Cari Kepuasan Berbelanja, Bukan Diskon?

Pengguna Tokopedia, Lazada, dan Shopee Cari Kepuasan Berbelanja, Bukan Diskon?

Bisnis.com, JAKARTA – Ipsos, lembaga riset pasar asal prancis, menyebut loyalitas penggung di Indonesia dipengaruhi oleh teknologi dan inovasi yang dikembangkan oleh e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada.

Perusahaan dagang el pun berlomba dalam menghadirkan layanan optimal dari sisi kecepatan pengiriman barang, opsi pilihan metode pembayaran hingga live streaming. 

Executive Director Ipsos Indonesia Andi Sukma mengatakan para pemain e-commerce bersaing melalui teknologi dan inovasi program untuk menarik hati masyarakat.

Hal itu dilakukan sesuai dengan ketertarikan pengguna e-commerce dalam negeri yang lebih mengedepankan kepuasan dalam belanja, khususnya saat periode festival belanja.

“Masyarakat mencari e-commerce yang bisa menciptakan perasaan puas pada pengalaman berbelanja online,” kata Andi dikutip, Rabu (30/10/2024). 

Indikator kepuasan pelanggan pada riset IpsosPerbesar

Dia menyatakan meningkatnya minat belanja online membuka peluang besar bagi platform e-commerce untuk terus berkembang dalam meningkatkan kepuasan konsumen. 

E-commerce juga dinilai masih menjadi tempat berinvestasi yang tepat bagi Penjual untuk memperluas pasarnya dan terus bertumbuh.

Ipsos melakukan penelitian kepada sejumlah e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop, pada Juni 2024. 

Terdapat sejumlah poin yang menjadi indikator dalam perhitungan seperti rekomendasi kerabat terdekat, keamanan dan kenyamanan hingga metode pembayaran. 

Untuk kategori keragaman metode pembayaran, TikTok Shop memjadi sorotan karena menempati urutan terbawah dengan 8%.  Pun untuk kecepatan pengiriman, responden Ipsos menilai pengiriman Lazada dan TikTok Shop perlu ditingkatkan mengingat skor rendah yang dikantongi yaitu Lazada 13% dan TikTok Shop 9%.

TikTok Shop dan Lazada dinilai perlu meningkatkan kualitas pengiriman barang. Sementara untuk live streaming shopping, Lazada dan Tokopedia perlu melakukan perbaikan karena menempati urutan terbawah yaitu Tokopedia (10%) dan Lazada 9%.

Perbesar