Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

KTM Mulai Berhemat, Pebalap Dikurangi Demi Efisiensi

KTM Mulai Berhemat, Pebalap Dikurangi Demi Efisiensi

Jakarta

KTM sedang melakukan restrukturisasi perusahaan. Imbasnya dalam ajang balap, jumlah rider-nya harus dikurangi.

Kondisi ini menyeruak setelah KTM punya masalah keuangan. KTM menanggung beban utang sebesar 2,9 miliar euro (Rp 48 triliun). Krisis itu tak hanya mengancam bisnis sepeda motor KTM, tapi juga mulai merembet ke partisipasi mereka di balap MotoGP.

Alpine Creditors Association (AKV) melaporkan setelah sidang pertama, bahwa langkah reorganisasi saat ini mencakup rencana keluarnya KTM dari MotoGP. Sebelumnya KTM memastikan tetap mengikuti MotoGP pada 2025, namun mereka tidak menjelaskan rencananya di MotoGP setelah tahun 2025.

Sebuah laporan dari media Austria Der Standard pada Minggu (29/12) menyatakan bahwa keluarnya KTM dari MotoGP akan terjadi pada tahun 2026, yang merupakan tahun terakhir kesepakatannya mereka saat ini dengan Dorna Sports.

KTM merupakan pabrikan yang rajin mengikuti ajang kejuaraan sepeda motor. Bukan hanya MotoGP, tetapi juga MX GP dan juga Reli Dakar. Motorsport juga termasuk dari rencana restrukturisasi perusahaan.

Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer telah menetapkan langkah beberapa bulan sebelumnya untuk mengurangi biaya dan menjadikan KTM lebih menarik bagi investor dan mitra tambahan. Salah satunya mengurangi jumlah pebalap KTM.

“Masalah yang sangat sederhana namun sangat menyakitkan adalah bahwa kami telah mengurangi program kami di seluruh dunia sebanyak 12 pebalap, dan masing-masing dari mereka memiliki dua, tiga atau empat karyawan yang terlibat di dalamnya,” kata Pit Beirer kepada Speedweek, dikutip Jumat (3/1/2025).

Imbasnya seperti mata rantai, satu pebalap yang dipecat bisa berdampak kepada para pekerja lain.

“Keputusan untuk membubarkan tim balap individu atau menghapus pebalap individu dari beberapa kategori terutama berdampak pada kami di dunia balap, namun banyak pekerjaan yang hilang sebagai akibatnya. Di balik proyek yang dihentikan selalu ada dua truk yang sudah tidak tersedia lagi serta kendaraan dan mobil lain. Kemudian material yang dibutuhkan pengemudi tidak tersedia lagi. Pemotongan tersebut merupakan tindakan segera yang nyata,” kata dia.

“Kami juga memutuskan untuk tidak lagi menjadi sponsor Hard Enduro World Championship,” tambah dia.

“Yang ingin kami lindungi sampai akhir adalah di mana pun kami berada, uangnya bisa digunakan untuk mengembangkan sepeda motor. Kami memenangkan 13 gelar kejuaraan dunia tahun ini di berbagai cabang olahraga; Ini hanya berhasil jika Anda terus mengembangkan sepeda motor lebih jauh.

“Tidak ada olahraga yang kami mainkan yang mudah. Dalam dunia balap dan bagi pelanggan kami, Siap berlomba berarti membangun sepeda motor yang kompetitif. Itu sebabnya hati dan jiwa kami serta sebagian besar anggaran dicurahkan ke produk, ke sepeda motor. Makanya kami fokus pada KTM di olahraga off-road. Jika kita memiliki tiga unit dalam satu cabang olahraga, unit KTM tetap sama besarnya, dan truk kedua digunakan bersama antara GASGAS dan Husqvarna atau dihilangkan seluruhnya,” tambahnya.

Dia bilang penghematan anggaran juga dilakukan dari hal terkecil. Bukan cuma soal pengurangan pebalap.

“Beberapa pengurangan drastis telah dilakukan, yang kini akan membantu kami dalam keseluruhan tagihan. Ini mengarah pada hal-hal kecil yang mengubah kamar single menjadi kamar double. Jika Anda melakukan semua hal kecil, pada akhirnya Anda akan mendapatkan sejumlah besar uang,” jelasnya lagi.

KTM sedang melakukan pembicaraan dengan manajemen juara dunia Formula 1 tujuh kali Lewis Hamilton.

Hamilton telah dikaitkan awal tahun ini dengan pembelian tim Gresini, sementara Liberty Media mengonfirmasi bahwa Hamilton telah menyatakan minatnya kepada raksasa media AS itu untuk terlibat dalam MotoGP.

Para investor punya waktu hingga minggu ketiga bulan Januari 2025 untuk mengajukan penawaran mereka. Investasi mereka sangat diperlukan buat rencana restrukturisasi KTM, yang harus memenuhi kuota pembayaran utang sebesar 30% yang ditetapkan. Rencana tersebut akan diputuskan melalui pemungutan suara oleh para kreditor pada akhir Februari 2025.

(riar/dry)