Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Kenapa Lampu Motor Wajib Menyala di Siang Hari? Ini Penjelasan Polisi

Kenapa Lampu Motor Wajib Menyala di Siang Hari? Ini Penjelasan Polisi

Polisi mewajibkan pengendara motor menyalakan lampu pada siang hari. Kewajiban itu diatur dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 107 ayat 2. Kenapa motor harus menyalakan lampu utama saat siang hari?

Dalam unggahan di akun Instagram @tmcpoldametro, polisi menjelaskan alasan lampu utama motor wajib menyala siang hari. Alasannya adalah terkait dengan safety. Motor dengan lampu utama yang menyala pada siang hari, dinilai lebih jelas terlihat oleh pengendara lain.

Jadi, alasan pertama terkait dengan visibilitas. Lampu menyala membuat motor lebih terlihat, terlebih ketika cuaca di luar kurang terang atau ketika kondisi mendung hingga hujan.

“Kemudian alasan kedua, untuk mengurangi risiko kecelakaan. Lampu motor di siang hari membantu pengendara lain mengenali motor lebih cepat,” ungkap keterangan polisi.

Selanjutnya faktor ketiga adalah terkait dengan keselamatan di persimpangan jalan. Dengan lampu motor menyala siang hari, maka bisa menarik perhatian kendaraan lain di persimpangan jalan, sehingga potensi kecelakaan bisa dicegah. Maka itu, motor-motor zaman sekarang kebanyakan sudah dilengkapi fitur Auto Headlight On (AHO) yang bisa membuat lampu langsung menyala ketika kunci diarahkan ke posisi On.

Lalu yang menjadi pertanyaan bikers, apakah dengan menyalakan lampu terus-terusan, baik siang maupun malam hari, bisa bikin aki motor cepat tekor? Jawabannya tidak ya detikers.

Mengutip laman Wahana Honda, anggapan bahwa menyalakan lampu secara terus menerus dapat membuat aki soak adalah tidak benar. Soalnya, selama arus pada kumparan terus terisi dengan penuh dan seimbang, maka lampu dinyalakan sesering mungkin pun tidak menjadi masalah.

Bagi yang belum tahu, battery atau aki pada motor berfungsi sebagai tempat menyimpan arus satu arah, di mana untuk mengisi arus tersebut dapat diperoleh dari generator atau spull. Di dalam aki terdapat sistem berpola charge dan recharge atau mengisi dan melepaskan.

Aki akan langsung bekerja secara otomatis ketika mesin motor dan lampu dihidupkan. Dalam keadaan seperti itu, aki akan terus menerus menyuplai arus listrik ke komponen lain, termasuk lampu dan arusnya sendiri juga terus diisi oleh generator agar tetap seimbang. Adapun ketika menghidupkan motor dan kemudian lampu menjadi putus, hal tersebut dikarenakan terdapatnya pengaksesan idle atau rpm yang cukup tinggi secara mendadak.

[Gambas:Instagram]

Merangkum Semua Peristiwa