Kementerian BUMN Dukung Telkom Fokus B2B dan Kembangkan Infrastruktur Digital RI

9 July 2023, 16:12

Event Telkom Digiland 2023 berlangsung di Istora Senayan Jakarta, pada 8 dan 9 Juli 2023. Foto: Dok. TelkomKementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung penuh inisiatif Telkom Indonesia untuk fokus mengincar segmen pasar business-to-business (B2B) di masa depan. Perusahaan teknologi dan telekomunikasi ini diharapkan menjadi pemain terdepan dalam layanan infrastruktur digital.Wamen BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan bahwa Telkom punya peran penting dalam ekosistem digital Indonesia, khususnya dalam membangun infrastruktur, mulai dari pembangunan jaringan fiber optik, data center, cloud, IoT (Internet of Things), dan digital services.“Tentunya kami berharap Telkom Group bisa benar-benar menjadi pemain dominan dan bisa bersaing di level global dalam memberikan services kepada seluruh pemain digital,” kata Kartika dalam pidatonya di acara Telkom Digiland 2023 di Istora Senayan Jakarta, Sabtu (8/7).Telkom mengambil langkah untuk melepas bisnis IndiHome ke Telkomsel, efektif per Juli 2023. Momentum ini merupakan strategi bisnis agar Telkom fokus menggarap segmen B2B. Sementara Telkomsel, diarahkan untuk menggarap segmen pasar business-to-customer (B2C).“Telkom ini jadi punya dua, separated organization yang mendorong untuk ke customer driven, yakni Telkomsel dengan IndiHome. Nanti juga Telkom ini harus menjadi transformasi B2B provider untuk digital services dan infrastructure services,” kata Kartika.Sejumlah anak perusahaan Telkom didorong untuk fokus di B2B. Mereka mengincar bisnis yang dijalankan oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM), korporasi, hingga pemerintahan.Contohnya, dalam urusan telekomunikasi, Mitratel akan menjalankan bisnis menara jaringan seluler, kemudian Telkom Akses yang mengembangkan infrastruktur telekomunikasi jaringan fiber, juga ada Telkomsat yang memberi solusi telekomunikasi berbasis satelit.Sementara untuk solusi teknologi informasi bagi korporasi hingga pemerintahan, Telkomsigma didorong untuk jadi pemain besar di sana.Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, di event Telkom Digiland 2023 di Istora Senayan Jakarta, Sabtu, 8 Juli 2023. Foto: Dok. TelkomDirut Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa saat ini, ia punya tugas baru untuk membangun kesadaran masyarakat terkait fokus Telkom di masa depan.“Harapannya, tentu lebih dikenal lagi kita akan membangun awareness bahwa Telkom akan fokus ke B2B. B2B itu ada enterprise, ada government, ada SME (small medium enterprise),” kata Ririek.Telkom Digiland 2023 itu sendiri merupakan salah satu event yang dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengedukasi publik dan para pemangku kepentingan industri teknologi dan telekomunikasi, terkait tujuan bisnis Telkom di masa depan. Event ini menghadirkan festival musik, konferensi dengan berbagai topik yang inspiratif dan edukatif, pameran teknologi dan layanan terbaru Telkom, serta pameran UMKM binaan.Tahun ini, Digiland 2023 diselenggarakan di dua kota yakni di Jakarta pada 8 dan 9 Juli 2023, serta Surabaya pada 23 Juli 2023. Tema yang diusung adalah “Elevating Your Future.”Talk show diisi oleh narasumber inspiratif dan mumpuni di bidangnya, seperti Najwa Shihab, Deddy Corbuzier, Nex Carlos, Sigit Djokosoetono, dan lainnya. Adapun Conference ini terbagi dalam lima sesi, antara lain, Elevating Your Future, Elevating Your Enterprise, Elevating Your Business, Elevating Your Impact, dan Elevating Your Passion.Digiland 2023 juga dimeriahkan oleh berbagai artis papan atas seperti Lyodra, Padi Reborn, Nassar, Cokelat, Jamrud, dan artis lainnya. Akan hadir pula lebih dari 50 tenant Pasar Rakyat dan UMKM Binaan Telkom Indonesia sebagai wujud dukungan Telkom terhadap pondasi perekonomian digital Indonesia.