Jakarta –
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan memproduksi lokal Kawasaki W175 injeksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat mulai tahun depan. Motor retro tersebut sebelumnya berstatus impor utuh atau completely built up (CBU) dari India.
Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion PT KMI mengatakan, sejak pertama meluncur di PRJ Kemayoran 2024, Kawasaki W175 injeksi langsung menjadi buruan konsumen di Indonesia. Bahkan, penjualannya menjadi salah satu yang tertinggi dibandingkan model-model lain.
Kondisi tersebut membuat pihaknya yakin untuk merakit lokal Kawasaki W175 injeksi di Indonesia. Harapannya, konsumen bisa membeli motor tersebut tanpa khawatir kehabisan unitnya.
“Luar biasa bagus permintaannya. Kita cuma dapat jatah 280 unit dari Kawasaki India dan itu semua sudah sold out. Kita harus tunggu tahun depan,” ujar Michael C. Tanadhi saat ditemui di kawasan Tangerang Selatan, belum lama ini.
“Tahun depan rencananya kita mau langsung menjadikan motor itu CKD, semuanya masih dalam proses,” tambahnya.
Kawasaki W175L injeksi di PRJ 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com
Michael kemudian mengurai alasan mengapa Kawasaki W175 injeksi sejak awal tak langsung diproduksi di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut merupakan kebijakan internal perusahaan.
“Kita waktu mau masukin masih dalam proses pemindahan pabriknya, tidak keburu kalau tahun ini. Tapi dari dealer sudah minta secepatnya dimasukin ke Indonesia,” tuturnya.
Ketika ditanya apakah harga Kawasaki W175 injeksi lebih murah saat sudah diproduksi lokal, Michael tak bisa menjawabnya dengan tegas. Namun, kata dia, peluang tersebut tak tertutup.
“Mungkin sama, mungkin juga ada perubahan, tapi belum kita atur ulang,” kata dia.
Spesifikasi Kawasaki W175 Injeksi
Secara desain, Kawasaki W175L injeksi sebenarnya masih sama seperti model regular. Hanya saja, ada sejumlah penyempurnaan di kendaraan tersebut. Mulai dari posisi setang yang lebih tinggi, penggunaan spion baru yang membulat, penambahan handle seat dan standar tengah, hingga swingarm serta fender yang dirancang lebih panjang.
Tak lupa pabrikan juga memberinya warna dan striping baru. Motor tersebut dibuat agak minimalis dengan perpaduan aksen yang tak terlalu mencolok.
Kawasaki W175L injeksi di PRJ 2024. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com
Perubahan paling kentara di W175L injeksi adalah mesinnya yang sudah pakai sistem pengabutan injeksi. Sebelumnya, motor tersebut hanya tersedia dalam opsi karburator. Pembaruan tersebut membuat efisiensi bahan bakarnya diklaim lebih baik.
Kawasaki W175L juga sudah menggunakan panel instrumen semi-digital yang menampilkan indikator bensin. Kemudian perubahan lainnya terdapat di bagian pengereman yang sudah menggunakan antilock braking system (ABS) berkanal tunggal.
Sementara spesifikasinya masih sama, yakni menggunakan mesin SOHC 177cc bersilinder tunggal dengan muntahan tenaga 13 PS dan torsi 13,2 PS. Pembekalan tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima-percepatan.
Kawasaki W175L injeksi dibanderol Rp 35 jutaan dengan status on the road Jakarta.
(sfn/sfn)