HSBC Indonesia Salurkan Social Trade Loan Sebesar USD 100 Juta ke PNM

9 March 2024, 0:00

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) menyalurkan social trade loan dengan dengan nilai mencapai USD 100 juta kepada PT Permodalan Nasional Madani (PNM).
Managing Director Wholesale Banking HSBC Indonesia, Riko Tasmaya mengatakan, penyaluran social trade loan yang diberikan HSBC ini merupakan yang terbesar secara global, dan diperuntukkan sebagai bagian dari aspirasi bank untuk membantu memperluas akses terhadap pembiayaan dan pengembangan inklusif bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya pengusaha mikro perempuan di seluruh Indonesia.
“Kami berharap bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan apalagi UMKM merupakan mesin pertumbuhan ekonomi yang penting di Indonesia karena menyumbang 61% PDB Indonesia dan menyerap 97% tenaga kerja,” jelas Riko secara resmi, Rabu (6/3/2024).

Riko juga mengatakan, dalam membangun inklusi dan ketahanan berarti juga berupaya mengatasi kesenjangan yang menurut HSBC dapat membuat perbedaan.
“Kami bangga memberikan social trade loan dengan total sebesar USD 100 juta atau setara hampir Rp 1,5 triliun untuk membantu PNM memperluas akses terhadap pembiayaan bagi jutaan perempuan pengusaha mikro di seluruh Indonesia, serta berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan perempuan Indonesia,” rinci Riko.
Untuk diketahui, pinjaman sosial merupakan pinjaman yang digunakan untuk mendanai kegiatan dan proyek yang bertujuan untuk mengatasi masalah sosial atau mencapai hasil sosial yang positif.
Proyek yang memenuhi syarat dapat mencakup (namun tidak terbatas pada) pinjaman kepada UMKM, dukungan untuk produk dan layanan kesehatan pemerintah dan swasta, pengembangan fasilitas infrastruktur pendidikan pemerintah dan swasta, dan dukungan untuk perumahan yang terjangkau.
Sebelumnya HSBC Indonesia juga telah memberikan pinjaman sosial kepada PT Mitra Bisnis Keluarga Ventura (MBK), lembaga keuangan swasta non-bank di Indonesia yang menerapkan model bisnis Grameen Bank, melayani lebih dari 1,52 juta perempuan pengusaha mikro di Indonesia. Inklusi adalah kunci untuk membuka dunia penuh peluang.
“Sejak keberadaan kami di Indonesia hampir 140 tahun yang lalu, sebagai bank internasional terkemuka, HSBC telah mendukung pertumbuhan berbagai bisnis di Indonesia,dan kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indonesia dengan menciptakan ekosistem Yang inklusif yang memungkinkan s setiap bisnis untuk berkembang,” kata Riko.
Adapun menurut data International Monetary Fund, pada tahun 2021 rasio kredit perbankan terhadap PDB di Indonesia relatif rendah yaitu 35%, dan terdapat 22 juta perempuan pengusaha mikro di Indonesia yang kekurangan akses terhadap perbankan dan lembaga keuangan. Berdasarkan informasi dari PNM, PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) merupakan layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku UMKM yang diluncurkan sejak tahun 2015.
PNM melihat potensi yang besar atas tumbuhnya UMKM di Indonesia jika dimbangi dengan kompetensi yang mumpuni dari pelaku UMKM. Program Mekaar telah berdampak nyata membangun kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan kaum lbu.
Apalagi berdasarkan data Indef pada 2021, pembiayaan PNM telah berkontribusi meningkatkan pertumbuhan PDB sebesar 0,087%. Selain itu pembiayaan Mekaar telah membantu meningkatkan pendapatan rumah tangga sebesar 1,36 % sampai dengan 1,71 %.
“Harapannya kedepan setelah mendapatkan pembiayaan dan pemberdayaan yang kami berikan, masyarakat terutama nasabah kami, nasabah PNM, khususnya nasabah PNM Mekaar, bisa memilki kemandirian ekonomi dan secara lokal maupun nasional akan ada multiplier effect dari pertumbuhan aktivitas ekonomi yang mereka lakukan,” pungkas Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi.

Artikel Selanjutnya

Bank Neo Commerce Umumkan Pengunduran Diri Pamitra Wineka

(adv/adv)

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi