Gandeng Oracle Exadata Cloud@Customer, Kinerja Operasional KAI Melonjak Tajam

18 January 2024, 4:32

Kereta Api Indonesia (KAI), operator kereta api umum milik negara, telah melakukan migrasi beban kerja sistem tiket kereta api on-premise-nya dari Oracle Exadata ke Oracle Exadata Cloud@Customer di Oracle Cloud Infrastructure (OCI). Hal ini telah menghasilkan peningkatan kinerja operasional KAI sebesar 50 persen, sehingga memungkinkan operator kereta api umum ini untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan penumpang sebesar 15 persen apabila dibandingkan sebelum masa Covid. Dengan solusi dari Oracle ini, PT KAI sudah siap untuk melayani peningkatan penumpang saat ini yang mengalami peningkatan penumpang 5 kali lipat dibandingkan masa Covid serta menghasilkan penghematan biaya sebesar 30 persen. “Pemindahan beban kerja sistem tiket kereta api KAI ke cloud telah merevolusi sistem operasi kereta api kami,” kata Albertus Indarko Wiyogo, Executive Vice President, Information Technology, Kereta Api Indonesia. Baca Juga: Awas, Ada Bibit Siklon Tropis, Begini Dampaknya untuk Kita

Selain itu, dengan Oracle Exadata Cloud@Customer, KAI memiliki akses ke platform database Exadata yang disediakan sebagai layanan cloud di data center-nya sendiri untuk memenuhi persyaratan kedaulatan dan kepatuhan data lokal. Setiap tahunnya, KAI mengangkut sekitar 429 juta penumpang dan 47,2 juta ton kargo. Dengan operasi yang sudah ada sejak tahun 1800-an, KAI terus mencari cara untuk meningkatkan operasinya untuk memenuhi permintaan penumpang dan bisnis yang terus berubah dan meningkat. Proses tiket yang lambat, ditambah dengan teknologi lokal yang tidak didukung dan pemeliharaan perangkat keras yang mahal telah menjadi tantangan yang konstan. KAI mencari infrastruktur cloud database dengan kinerja, stabilitas, dan ketersediaan database yang tinggi untuk mengakomodasi penyebaran beragam aplikasi dan sistem mission-critical. Selain itu, sistem ini harus ditempatkan di data center sendiri untuk memenuhi kebutuhan kedaulatan dan kepatuhan data lokal, serta untuk dapat memperluas sistem dan layanan secara fleksibel seiring dengan pertumbuhan bisnis sekaligus mengurangi investasi awal dan biaya operasional yang sedang berjalan. Baca Juga: Madonna Meminta Maaf karena Salah Menyebutkan Toronto dengan Bilang Boston KAI memilih Oracle Exadata Cloud@Customer sebagai infrastruktur database cloud yang akan memenuhi kebutuhannya dan memungkinkan pertumbuhan bisnis.”Oracle telah menjadi penyedia teknologi yang luar biasa bagi kami selama lima tahun terakhir dengan solusi database-nya dan kini, Oracle Exadata Cloud@Customer telah terbukti menjadi platform terbaik untuk strategi digitalisasi jangka panjang kami,” ujar Albertus. Selain itu, Oracle juga mampu meningkatkan kinerja operasional PT KAI sebesar 50 persen dan meningkatkan kapasitas manajemen penumpang sebesar 15 persen dalam hitungan bulan, yang didukung dengan berbagai tingkat keamanan database. ”Ini bukanlah hal yang mudah. Kami senang bisa melanjutkan kolaborasi jangka panjang kami dengan Oracle,” lanjut Albertus.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi