Full Kunci Jawaban Post Test Modul 1 2 3 4 Profil Pelajar Pancasila di Platform Merdeka Mengajar

6 April 2024, 16:25

JAKARTA, suaramerdeka.com – Simak full kunci jawaban post test modul 1 2 3 4 Profil Pelajar Pancasila di Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam artikel ini. Platform Merdeka Mengajar (PMM) disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Tak hanya itu, PMM juga dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Baca Juga: Selama Mudik Lebaran 2024, Wamenkes Imbau Puskesmas tetap Buka Layanan, Posko Kesehatan dan RS Hasan Sadikin juga Siap Melayani
Salah satu yang harus dipelajari oleh para guru adalah mengenai Topik Profil Pelajar Pancasila. Dalam Topik Profil Pelajar Pancasila, terdapat sebanyak delapan modul yang harus dipelajari.

Setelah mempelajari setiap modul, para guru harus mengerjakan post test sebagai bukti pemahaman terhadap tiap modul yang dipelajari. Baca Juga: Sinopsis Parasyte: The Grey, Drakor Baru Tentang Parasit di Tubuh Manusia Kali ini, artikel ini menyediakan full kunci jawaban post test modul 1 2 3 4 Profil Pelajar Pancasila. Dilansir dari YouTube Intan Ayu, berikut full kunci jawaban post test modul 1 2 3 4 Profil Pelajar Pancasila di PMM. Modul 1: Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila Baca Juga: Padu Padan Shimmer Dress di Hari Lebaran, Baju Kekinian yang Jadi Trend 1. Tantangan dan perubahan zaman yang berkembang dengan pesat menuntut perlunya pendidikan yang menanamkan keseimbangan diri agar murid dapat beradaptasi dan memiliki jati diri yang kuat. Hal ini termasuk dalam urgensi profil pelajar Pancasila yaitu… A. Sebagai profil lulusan B. Untuk kesejahteraan jiwa dan raga C. Sebagai upaya mencapai cita-cita bangsa D. Sebagai rumusan karakter dan kompetensi abad 21 Jawaban : D Baca Juga: 3 Alasan Menarik Harus Nonton Queen of Tears Episode 9 yang Tayang Malam Ini 2. Berikut yang bukan dimensi dari profil pelajar Pancasila adalah… A. Bernalar kritis B. Cinta tanah air C. Bergotong royong D. Ber kebhinekaan global Jawaban: B Baca Juga: Liburan ke Salatiga? Coba Menginap di Pitu Rooms, Hotel Tertipis No 2 Dunia dengan Pengalaman Baru 3. Dimensi yang membangun kepedulian murid serta kesadaran bekerja sama dengan orang lain adalah… A. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia B. Ber kebhinekaan global C. Bergotong royong D. Mandiri Jawaban: C Baca Juga: 317.835 Orang Diprediksi Terbang di Puncak Arus Mudik H-4 Lebaran 2024 4. Berikut yang bukan merupakan urgensi dari dirumuskannya profil pelajar Pancasila adalah… A. Untuk kesejahteraan jiwa dan raga B. Pengganti tujuan pendidikan nasional C. Sebagai bintang penuntun pembelajaran D. Untuk menyiapkan warga negara sekaligus warga dunia Jawaban: B Baca Juga: Mudik Pakai Mobil Listrik, 239 SPKLU Siaga 24 Jam, Intip Tips Jitu Isi Daya Mobil Listrik Selama Perjalanan 5. Berikut yang bukan landasan dasar dalam merumuskan profil pelajar Pancasila adalah… A. Cita-cita pendidikan Ki Hajar Dewantara B. Cita-cita bangsa dalam pembukaan UUD RI 1945 C. Dokumen kurikulum negara maju yang sudah teruji D. Tujuan pendidikan nasional dalam Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jawaban: C Modul 2: Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia 1. Pelajar Indonesia adalah pelajar beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME. Keimanan dan ketakwaan ini terejawantahkan dalam akhlaknya yang mulia kepada… A. Dirinya dan sesama manusia B. Dirinya, orang lain dan alam C. Dirinya, orang lain, hewan dan tumbuhan D. Dirinya, sesama manusia, alam, juga tanah air Jawaban: D 2. Pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Elemen yang menguatkan hubungan murid dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah elemen… A. Akhlak beragama B. Akhlak pribadi C. Akhlak kepada sesama D. Akhlak kepada alam Jawaban: A 3. Berikut adalah contoh mengintegrasikan elemen akhlak pribadi dalam pembelajaran di kelas, kecuali… A. Guru SD menjadikan kejujuran sebagai keyakinan dan budaya kelas B. Guru Agama mengambil topik kajian keagamaan berdasarkan isu yang dihadapi murid C. Guru Sejarah mengajak murid melihat 2 sisi sejarah untuk mengajarkan murid berempati D. Guru PJOK memberikan pembelajaran olahraga yang menyenangkan agar murid suka dan nyaman berolahraga Jawaban: B 4. Pak Zamrud adalah guru Sejarah XII. Saat belajar tentang perang Dunia II, ia mengajak murid untuk mempelajari sejarah dari 2 sisi. Pak Zamrud membagi murid ke dalam 2 blok, yaitu Blok Sekutu dan Blok Poros. Setiap blok mempelajari sejarah dari sudut pandangnya masing-masing untuk kemudian disampaikan kepada blok lain. Praktik yang dilakukan Pak Zamrud melatih murid untuk menguatkan elemen… A. Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati. B. Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajarkan murid untuk melihat perspektif lain yang menumbuhkan rasa empati. C. Akhlak pribadi, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan. D. Akhlak kepada sesama, karena Pak Zamrud mengajak murid untuk mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan. Jawaban: B 5. Elemen akhlak kepada alam diintegrasikan dalam pembelajaran pada kelompok mata pelajaran IPA. Pertanyaan di atas adalah… A. Benar, karena mata pelajaran IPA memiliki ruang lingkung paling relevan dengan alam dan ekosistem B. Salah, mata pelajaran lain juga dapat berperan dalam mengajak murid untuk menjaga lingkungan C. Benar, karena semua pembelajaran IPA dapat dikaitkan dengan alam sekitar D. Salah, semua mata pelajaran memiliki ruang lingkung materi alam dan ekosistem Jawaban: B Modul 3: Dimensi Berkebinekaan Global 1. Berikut ini merupakan elemen-elemen dari dimensi Berkebinekaan Global, kecuali… A. Komunikasi dan interaksi antar budaya B. Menghormati keanekaragaman budaya C. Mengenal dan menghargai budaya D. Berkeadilan sosial Jawaban: B 2. Anak-anak sejak kecil perlu diperkenalkan dengan budaya di mana ia hidup agar menghargai dan menghormati budayanya. Berikut ini manakah cara yang paling tepat dilakukan guru untuk mengenalkan dan menghargai budaya kepada anak? A. Bermain permainan daring modern B. Menghafalkan nama produk/hasil budaya yang ada C. Membiasakan penggunaan contoh budaya luar saat mengajar D. Memberikan tugas mewawancarai orang di sekitarnya tentang asal usul budaya/kebiasaan masyarakat Jawaban: D 3. 1. Berkomunikasi antarbudaya
2. Menghilangkan stereotipe dan prasangka
3. Menimbang dan menumbuhkan berbagai perspektif
4. Menyalarkan perbedaan budaya Dari pilihan di atas, manakah yang merupakan sub-elemen dari elemen komunikasi dan interaksi budaya… A. 2 dan 4 B. 2 dan 3 C. 1 dan 3 D. 1 dan 4 Jawaban: B 4. Satya mempunyai banyak sekali teman dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ia sering melihat kebiasaan temannya yang berbeda dengan dirinya. Tak jarang ia berbeda pendapat dengan temannya hingga membuatnya kesal dan menganggapnya kurang baik. Sebagai guru, apa yang harus dilakukan agar Satya dapat belajar dari pengalaman kebhinekaannya? A. Menasehati Satya dan temannya karena membuat kegaduhan ketika berpendapat B. Memisahkan Satya dari teman yang dianggap berbeda dan kurang baik C. Meminta Satya mengalah dan mengikuti pendapat temannya. D. Mengajak Satya merefleksikan pengalamannya dengan pertanyaan-pertanyaan yang tepat Jawaban: D 5. Berikut ini manakah yang merupakan contoh perilaku yang mencerminkan elemen berkeadilan sosial … A. Murid diberikan kesempatan mengungkapkan pendapat dan suaranya B. Murid diberikan aturan yang dibuat oleh guru dan sekolah C. Murid dilatih berkompetisi dengan murid lain D. Murid diajar dengan metode dan strategi pembelajaran yang sama di kelas Jawaban: A Modul 4: Dimensi Bergotong Royong 1. Agar bisa bergotong royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi mandiri. A. Benar, karena berhubungan B. Salah, bisa berjalan masing-masing Jawaban: A 2. Berikut ini adalah elemen dari dimensi gotong royong, kecuali: A. Elemen kolaborasi B. Elemen kepedulian C. Elemen berbagi D. Elemen kerja sama Jawaban: D 3. Dalam konteks elemen kepedulian, murid perlu memiliki persepsi sosial yang berarti… A. Mengenal orang di sekitar B. Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu Jawaban: B 4. Bu Nila mendukung murid menguatkan elemen kolaborasi di kelas. Hal yang dilakukan Bu Nila adalah sebagai berikut, kecuali: A. Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai minat B. Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai kemampuan C. Menghargai semua ucapan murid dengan tidak mematahkan pendapat murid tanpa argumen logis D. Mendorong murid memahami reaksi teman sekelompoknya Jawaban: C 5. Pak Sukri adalah guru biologi di SMA Muara 3. SMA Muara 3 hanya memiliki 5 mikroskop untuk digunakan 20 murid. Memanfaatkan keadaan ini, Pak Sukri bisa menguatkan dimensi gotong royong dengan cara: A. Membagi kelas ke 4 kelompok, 1 kelompok menggunakan mikroskop, 3 lainnya berkegiatan lain A. Membagi kelas ke 4 kelompok, 1 kelompok menggunakan mikroskop, 3 lainnya berkegiatan lain B. Membagi murid ke dalam beberapa kelompok, laju memberi 1 mikroskop ke tiap kelompok C. Menggunakan alarm untuk mengatur waktu penggunaan mikroskop tiap-tiap murid D. Menggilir penggunaan mikroskop sesuai daftar hadir Demikian informasi mengenai full kunci jawaban post test modul 1 2 3 4 Profil Pelajar Pancasila di PMM.***