FHA-Food & Beverage, Pameran Dagang F&B Terbesar di Singapura Kembali Hadir dengan Target 60.000 Pengunjung

5 April 2024, 5:48

Warta Ekonomi, Jakarta –
FHA-Food & Beverage, sebuah pameran dagang makanan dan minuman terbesar di Singapura, akan mempersembahkan edisi tahun 2024 pada tanggal 23-26 April.

Sebagai platform utama bagi para profesional dan pemimpin industri F&B di Asia, acara ini bakal berlangsung bersamaan dengan ProWine Singapore, pameran perdagangan wine dan minuman beralkohol terkemuka di Asia Tenggara. 
Dua acara gabungan tersebut akan menawarkan pameran inovasi makanan dan minuman yang meriah, serta solusi industri di berbagai sektor.

Acara ini akan berlangsung selama empat hari di Singapore EXPO, yang meliputi area seluas 65.000 meter persegi dengan 70 paviliun internasional. Hal ini dipersembahkan untuk menampung partisipasi lebih dari 1.500 peserta pameran dari 50 negara dan wilayah, dengan estimasi kehadiran 60.000 pengunjung.
Krisetiadi Purwanto, Market Lead for Customer Success Indonesia di NielsonIQ, menyatakan bahwa FHA-Food & Beverage 2024 memberikan pengalaman yang lebih dalam dan komprehensif bagi para profesional industri F&B di Asia, termasuk Indonesia. 
“FHA-Food & Beverage 2024 diharapkan menjadi kesempatan terbaik untuk mempromosikan dan memperkenalkan potensi industri F&B Indonesia ke pasar global. Terlebih lagi, Singapura sendiri telah menjadi salah satu mitra dagang yang paling strategis bagi Indonesia di antara negara-negara ASEAN lainnya,” katanya.
Baca Juga: Targetkan 1.000 Store di 2024, Tomoro Coffee Bidik Pasar Singapura
Jerman, Sebagai Negara Kehormatan
Jerman dan Singapura menjalin hubungan bilateral yang kuat, mengakui satu sama lain sebagai sekutu penting di kawasan masing-masing, terutama dengan penandatanganan Deklarasi Bersama yang strategis pada tahun 2022.
Penekanan pada keberlanjutan dan perdagangan bebas dalam penandatanganan tersebut mencerminkan komitmen terhadap nilai-nilai dan tujuan bersama. Pencapaian ekspor makanan dan minuman Jerman ke negara-negara Asia Tenggara yang melebihi satu miliar euro, dengan Singapura sebagai salah satu mitra utamanya, menegaskan keberhasilan kolaborasi ekonomi ini.
Tahun ini, dengan kerja sama Kementerian Pangan dan Pertanian Federal Jerman, FHA-Food & Beverage telah menunjuk Jerman sebagai Negara Kehormatan, di mana 37 peserta pameran akan hadir di Paviliun Jerman, menjadikannya partisipasi Jerman yang substansial dan terbesar dalam sejarah penyelenggaraan acara. 
Pengunjung akan memiliki kesempatan eksklusif untuk terlibat dalam kegiatan seperti presentasi “German Day,” yang mencakup kombinasi acara wine-food pairing (memadukan wine dengan makanan) dan acara memasak.
Kompetisi Daging Pertama di FHA-Food & Beverage
Volume penjualan daging di Singapura diproyeksikan mencapai 502.400 ton pada tahun 2026, naik dari 411.100 ton pada tahun 2021. 
Menanggapi tren pertumbuhan ini, FHA-Food & Beverage akan meluncurkan kompetisi daging perdana, yang disponsori oleh Meat & Livestock Australia, di mana para butchers dan koki profesional dapat berkumpul untuk menunjukkan keahlian pengolahan daging sapi dan domba secara kreatif. 
Kompetisi ini akan berlangsung pada tanggal 24 & 25 April 2024, dan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada konsumen serta ide memasak untuk mempromosikan konsumsi daging sapi dan domba.
Memupuk Semangat Kreatif Talenta Muda dan Pembuat Beer
FHA Beer Awards 2024, yang diadakan untuk kedua kalinya, bertujuan untuk menampilkan keragaman dan kreativitas dalam pembuatan bir di zaman sekarang. Peserta akan dinilai berdasarkan 10 kategori, dan pemenang dari setiap kategori akan melanjutkan untuk berpartisipasi dalam babak Best of Show.
Edisi kedua juga akan menampilkan Young Talents Escoffier – Singapore Selection. Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi individu di bawah usia 25 tahun untuk menampilkan keahlian kuliner mereka.
Untuk pertama kalinya di FHA-Food & Beverage, peserta akan menerima akreditasi dari juri panel Chef Michelin terkemuka dalam dua kategori: Kitchen Category, yang menampilkan chef ternama seperti Emmanuel Stroobant dari 2 Bintang Michelin Saint Pierre, Jeremy Gillon dari 1 Bintang Michelin JAG, dan banyak lagi; serta Service Category, yang terdiri dari sommelier dan profesional bidang wine berpenghargaan sebagai dewan juri.
Baca Juga: Lewat Forum Bisnis, Indonesia – Singapura Perkuat Sinergi Ekonomi di Asia Tenggara
FHA-Food & Beverage sebagai Platform Terpadu
FHA-Food & Beverage 2024 akan mempertemukan peserta dengan 12 segmen produk inti. Dari inovasi gastronomi hingga praktik berkelanjutan, segmen-segmen ini akan memperkaya pengalaman komprehensif bagi pengunjung, serta memenuhi beragam kebutuhan dan minat para penggemar maupun pakar kuliner.
“Kami sangat senang bisa kembali menyelenggarakan FHA-Food & Beverage 2024 di Singapura, ajang F&B paling internasional di Asia. Selama bertahun-tahun, kami telah menyaksikan pertumbuhannya menjadi pameran perdagangan pangan internasional terkemuka, yang menampilkan keragaman kuliner Singapura di tengah komunitas pakar pangan global. Dengan rekam jejak yang kuat selama 46 tahun, FHA tetap menjadi acara bisnis utama bagi pemasok internasional untuk terhubung dengan pembeli di Asia dan sekitarnya, beradaptasi dengan tren yang berkembang,” kata Janice Lee, Event Director – Food, Hong Kong & Singapore, Informa Markets.
FHA-Food & Beverage giat mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk hadir dan berpartisipasi dalam acara ini. Christin Sugiarto, National Sales Manager PT Pandurasa Kharisma, yang juga merupakan Hosted Buyer di FHA-Food & Beverage 2023, berbagi pengalaman mengapa ia terus kembali ke FHA-Food & Beverage dari tahun ke tahun dan mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk bergabung. 

“FHA-Food & Beverage secara signifikan menghemat waktu dan biaya perjalanan untuk menemukan beragam supplier internasional. Lokasinya di Singapura, dekat secara geografis dan memungkinkan perjalanan yang efisien dari Indonesia dibandingkan dengan perjalanan langsung ke sumber produk di seluruh dunia. Selain itu, acara ini memberikan informasi tentang permintaan produk di pasar kami, menunjukkan apakah produk-produk tersebut telah diimpor oleh pelaku industri lainnya,” jelasnya.
Baca Juga: Menjaga Asa Indonesia Emas Berkelanjutan, Warta Ekonomi Hadirkan Economic dan Business Outlook 2024

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi