Dirut soal Ustaz Ruqyah Server BSI: Itu Hoaks

11 May 2023, 12:25

Jakarta, CNN Indonesia — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menegaskan unggahan viral yang menyebut server bank sedang diruqyah ustaz tidak benar alias hoaks. Foto ini muncul di gangguan layanan di ATM dan mobile banking (m-banking) mereka sejak Senin (8/5) lalu.
Direktur Utama BSI Hery Gunardi menegaskan gambar yang viral beredar di jagat maya itu hoaks atau bohong.
“Maaf itu hoax,” ungkap Direktur Utama BSI Hery Gunardi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (11/5).

Sebelumnya beredar tangkapan layar status Facebook seseorang bernama Muhammad Zunaidi. Tangkapan layar itu beredar media sosial Twitter, Facebook, hingga grup WhatsApp.
Status Facebook itu juga melampirkan sebuah foto anggota Dewan Pengawas Syariah BSI Didin Hafidhuddin, Mohammad Hidayat, dan Oni Sahroni.
“Mohon doa teman-teman sekalian, guru, dan rekan kita Ustaz Hasan Bishri minta meruqyah ruang server BSI (Bank Syariah Indonesia) pusat yang sedang down dari kemarin. Ikhtiar lahir dan batin diupayakan. Semoga Allah beri kemudahan. Aamiin yaa robbal ‘alamin,” demikian narasi yang ditulis di status tersebut.
Layanan perbankan BSI sendiri error sejak Senin (8/5) lalu. Sejumlah nasabah pun mengeluhkan tidak bisa mengakses aplikasi mobile banking maupun ATM.

BSI berdalih kejadian itu terjadi karena BSI tengah melakukan pemeliharaan sistem. Akibat proses itu, sistem tidak dapat diakses sementara waktu.
Meski begitu, Corporate Secretary BSI Gunawan Arief Hartoyo mengklaim layanan ATM dan kantor cabang sudah normal bertahap per Senin sore.
“Alhamdulillah, saat ini sekitar 1.200 unit ATM BSI pulih dan secara bertahap kantor-kantor BSI telah kembali beroperasi. Kami senantiasa akan memantau perkembangan secara berkelanjutan,” ucapnya.
Ia pun memohon maaf atas kendala dan ketidaknyamanan yang dialami nasabah BSI sehubungan dengan berlangsungnya proses maintenance sistem.

BSI, kata Gunawan, memastikan dana dan data nasabah tetap aman. Ia juga kembali mengimbau kepada seluruh nasabah untuk terus waspada dan berhati-hati atas segala bentuk modus penipuan maupun tindak kejahatan digital yang mengatasnamakan BSI.
Namun, pada Rabu (10/5) siang sejumlah nasabah mengaku masih mengalami gangguan saat bertransaksi melalui ATM. Hilman, nasabah asal Tangerang Selatan mengatakan dirinya tidak bisa bertransaksi melalui ATM sejak Senin. Artinya, Hilman tak bisa mengakses layanan BSI selama tiga hari.
“Dari Senin saya jadi gak bisa transfer uang. Sebel bener,” katanya.
Tak hanya Hilman, sejumlah nasabah juga mengutarakan hal yang sama di Twitter. Bahkan, di antara mereka ada yang menyebut ATM BSI dikunci. Keluhan nasabah di Twitter ini pun sempat trending. Rata-rata mereka mengatakan layanan BSI masih error.

[Gambas:Video CNN]
(mrh/pta)

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi