Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Dalam Kota Mantap, Dibawa Touring Sedap

Dalam Kota Mantap, Dibawa Touring Sedap

Jakarta

Jargon Turbo yang disematkan pada Yamaha NMAX terbaru nyatanya bukan gimmick. Terobosan teknologi dari pabrikan berlogo garpu tala itu membuat Yamaha Nmax mantap dipakai dalam kota dan sedap diajak touring.

Pekan lalu Yamaha mengundang beberapa media nasional melakukan touring di Jawa Barat. Rutenya tidak bisa dibilang jauh. Perjalanan dimulai dari Kota Bandung menuju Pangalengan di hari pertama, lalu kembali ke Bandung via Ciwidey pada hari kedua. Total jarak tempuh cuma sekitar 150 km.

Meski cuma touring tipis-tipis, pilihan rute kami lewati ternyata sangat cocok untuk membuktikan seberapa asyiknya teknologi ‘Turbo’ yang disematkan Yamaha pada Nmax-nya ini. Singkatnya, Yamaha Nmax TURBO TechMAX yang saya pakai sepanjang trip ini mantap dipakai dalam kota dan sangat menyenangkan diajak perjalanan jauh antarkota.

Yamaha Nmax Turbo Touring di Jawa Barat Foto: Yamaha Motor Indonesia

Tenaga Ekstra: Menanjak dan Menyalip Tanpa Kendala

Istilah Turbo yang dipakai Yamaha sejatinya merujuk pada teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission atau YECVT. Memang agak melenceng dari istilah turbo yang dikenal pada kendaraan roda empat. Namun secara prinsip, teknologi ini menawarkan sensasi yang sama.

Berbeda dengan turbo di mobil yang memanfaatkan gas buang, pada NMax baru, akselerasi datang dari teknologi YECVT. Jadi terdapat bantuan motor listrik pada transmisinya untuk menggerakkan pulley depan dan menggantikan kinerja roller.

Implementasi teknologi YECVT ini adalah kehadiran dua mode riding: T (town communting) untuk penggunaan dalam kota, dan S (sport touring) untuk pengunaan yang lebih agresif.

Dua mode berkendara ini masing-masing memiliki tiga tingkatan yakni Low (1), Medium (2) dan High (3). Ketiga tingkatan ini bisa dipilih menggunakan tuas Y-Shift yang berada di sisi kiri setang, tepat di bawah tombol klason. Menekan tuas T-Shift membuat mesin berputar lebih tinggi, rpm tinggi tersebut membuat akselerasi makin siip.

Jujur saja, sejak awal perjalanan di Kota Bandung maupun ketika mulai melewati jalur menanjak menuju Pangalengan, saya lebih sering menggunakan mode S. Mode ini menawarkan tenaga yang berlimpah dan akselerasi yang lebih mantap.

Teknologi ini terasa betul saat kami melewati jalur menanjak menuju Pangalengan. Ketika harus menyalip bus atau truk di jalur yang sempit, berliku, dan menanjak, saya sama sekali tak kesulitan melibasnya. Ini berkat tenaga besar yang dikeluarkan saat menekan tuas Y-Shift. Teknologi ini juga membuat saya lebih pede ketika akan menyalip kendaraan besar.

Asyiknya lagi, perubahan dari tingkat 1 ke 2, lalu ke 3 terasa seamless. Tidak ada jeda yang dirasakan ketika rpm mesin naik saat tuas Y-Shift dimainkan.

Meski menyandang nama ‘Turbo, Yamaha Nmax terbaru ini juga menawarkan kenyamanan berkendara yang tak kalah saat penggunaan dalam kota. Penggunaan mode T membuat motor ini menjadi lebih kalem untuk dipakai menembus kemacetan Kota Bandung.

Engine Brake yang Menyenangkan

Hal lain yang saya temukan sangat menyenangkan dari Yamaha Nmax Turbo ini adalah kemampuannya melakukan engine break. Betul, selain membuat akselerasi jadi lebih baik, teknologi YECVT juga membatu deselerasi motor melalui engine break.

Ini terasa sekali ketika melintasi jalur menurun dalam perjalanan dari Pangalengan menuju Bandung via Ciwidey. Besarnya tenaga engine break pada Nmax Turbo ini menawarkan sensasi yang mirip dengan motor manual.

Untuk memfungsikan engine break tentunya gas harus ditutup terlebih dahulu. Seberapa besar engine break yang ingin didapatkan bisa juga diatur dengan tuas Y-Shift.

Yamaha Nmax Turbo Touring di Jawa Barat Foto: Yamaha Motor Indonesia

Pada posisi 1, engine break bisa kita rasakan tipis-tipis. Saat naik ke posisi dua makin terasa tahanan deselerasi yang muncul, dan paling besar terasa pada posisi 3.

Fitur ini terasa sekali efeknya saat melewati jalanan menurun. Sering kali tuas rem tidak harus ditekan untuk mendapatkan perlambatan, jadi yang dilakukan cukup memainkan tuas Y-Shift.

(din/rgr)