Cara Pakai Layanan Internet dan Telepon Gratis dari Telkomsel untuk Korban Terdampak Banjir

Cara Pakai Layanan Internet dan Telepon Gratis dari Telkomsel untuk Korban Terdampak Banjir

Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel memberikan dukungan layanan telekomunikasi bagi masyarakat yang terdampak bencana alam di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat.

Dukungan layanan tersebut diberikan melalui program Paket Siaga Peduli Sumatra, di mana pelanggan dapat menikmati layanan internet dan telepon gratis untuk membantu kelancaran koordinasi dan kebutuhan darurat selama masa pemulihan.

“Kami memastikan layanan telekomunikasi tetap berjalan dan menyediakan paket bantuan agar warga dapat tetap terhubung, mengakses informasi, dan berkoordinasi dengan keluarga maupun pihak penyelamat,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, Selasa (2/12/2025).

Cara Menggunakan Layanan Internet dan Telepon Gratis

Paket darurat ini dapat diakses dan diaktifkan melalui UMB *888*20# pada ponsel anda. Paket ini berlaku satu kali aktivasi untuk pengguna SIMPATI, by.U, maupun Halo di wilayah terdampak.

Pelanggan dapat memilih paket 3 GB data untuk 7 hari atau 300 menit telepon dan 1.000 SMS ke semua operator untuk 7 hari.

Selain paket gratis, Telkomsel juga membuka Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana di sekitar 100 titik untuk memastikan kebutuhan komunikasi warga dapat terpenuhi.

Posko ini menyediakan layanan telepon dan SMS gratis sepanjang masa pemulihan, penggantian kartu tanpa biaya, dan perpanjangan masa aktif bagi pelanggan yang kehilangan atau mengalami kerusakan kartu.

Penyesuaian paket data

Lebih lanjut, Telkomsel juga melakukan penyesuaian paket data prabayar dan tagihan pascabayar serta layanan IndiHome.

Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak bencana, Telkomsel menyiapkan penggantian modem ONT dan STB tanpa biaya tambahan.

Perusahaan juga menyediakan layanan IndiHome 3P dan Telkomsel Orbit di kantor Basarnas untuk mendukung komunikasi tim penyelamat.

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan mempermudah proses koordinasi selama masa tanggap darurat,” ujar Nugroho.

Melalui dukungan ini, Telkomsel berharap layanan komunikasi dapat tetap diakses masyarakat sehingga proses penanganan bencana berjalan lebih cepat dan efektif.