Bisnis.com, JAKARTA — TikTok Shop, platform e-commerce, memiliki fitur libur toko yang dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk menutup toko sementara saat libur lebaran.
Fitur ini memungkinkan pemilik toko untuk menghentikan penerimaan pesanan baru saat mereka tidak dapat beroperasi, seperti saat hari libur, akhir pekan, atau periode liburan panjang seperti menjelang Hari Raya.
Alhasil, dengan fitur libur toko, pengguna TikTok Shop dapat memastikan bahwa tidak ada pesanan baru yang diterima selama periode tertentu.
Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Toko Libur:
1.Pengguna perlu masuk ke akun TikTok Shop mereka dan menuju ke menu “My Account”.
2.Setelah itu, Anda bisa memilih “Account Settings” dan mengaktifkan fitur libur toko dengan mengklik nama toko mereka di menu “Store Holiday Mode”.
3.Langkah selanjutnya. Anda cukup memasukkan tanggal mulai dan selesai liburan sebelum mengklik “Submit”.
Saat fitur libur toko diaktifkan, toko akan berhenti menerima pesanan baru sementara. Namun, pengguna masih bisa mengaktifkan fitur balasan pesan otomatis kepada pelanggan. Ini memungkinkan mereka untuk tetap berkomunikasi dengan pelanggan meskipun toko sedang dalam masa libur.
Untuk mengaktifkan fitur balasan pesan otomatis, pengguna cukup mengklik “Setup Now” di halaman Fitur Libur Toko, menulis pesan singkat namun informatif yang akan diterima pelanggan saat mereka menghubungi toko, dan menyimpannya.
Selain menjaga kinerja toko dari potensi dampak negatif saat tidak aktif dalam menjual produk, fitur libur toko juga membantu pengguna mengatur jadwal liburan atau hari tidak beroperasi.
Dengan mengaktifkan fitur ini, mereka dapat memperlancar hubungan dengan pembeli dan memastikan bahwa toko hanya beroperasi saat mereka siap untuk melayani pelanggan.
Dengan demikian, fitur libur toko tidak hanya memberikan kenyamanan bagi pemilik toko dalam mengelola jadwal mereka, tetapi juga membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberi tahu mereka tentang status toko saat ini. Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan jangka panjang.