Jakarta –
BYD bakal meluncurkan merek premium Denza pekan depan. Catat tanggalnya!
Merek premium asal China, Denza, dipastikan meramaikan pasar otomotif Indonesia dalam hitungan hari. Dalam undangan yang diterima meja redaksi detikOto, merek premium di bawah naungan BYD itu akan diluncurkan pada 22 Januari. Undangan itu bertajuk ‘Denza Grand Launch’.
Sebelumnya, BYD memang sudah membocorkan bahwa Denza akan meluncur di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2025 tanpa menyebutkan waktu pastinya. Denza sejatinya akan bertarung dengan merek premium sekelas Lexus.
Buat yang belum tahu, Denza sebelumnya merupakan perusahaan patungan dari BYD dan Mercedes-Benz. Kala itu, keduanya sama-sama memiliki saham 50-50 persen. Namun sejak musim panas tahun 2024, Denza sepenuhnya dimiliki BYD.
BYD punya alasan tersendiri membawa merek premiumnya ke Tanah Air. Lewat Denza, BYD ingin menegaskan soal identitas kendaraan premium yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia.
“Kami ingin memberikan identitas kembali terhadap suatu kata premium dimana dalam kemewahan tersebut juga terkandung di dalamnya teknologi super safety dan suatu feature intelligent cukup baik yang dimiliki oleh BYD,” ungkap Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao belum lama ini.
Menurut Eagle, pasar premium di Indonesia masih menyasar kalangan tertentu. Namun lewat Denza, pihaknya bakal membuat mobil premium bisa dirasakan kalangan yang lebih luas.
“Jika pelanggan Indonesia berbicara tentang premium, mereka akan berpikir wah, jauh dari saya. Ini harusnya tidak terjadi. Kami ingin suatu hal yang bisa dijangkau, tentu saja kami ingin membuat Denza menjadi lebih kompetitif,” urai Eagle.
Sebagai awalan, produk perdana yang akan dikenalkan Denza adalah D9. D9 merupakan MPV ramah lingkungan. Di negara asalnya, Denza D9 punya opsi powertrain plug-in hybrid (PHEV) dan EV. Varian PHEV bisa menempuh jarak hingga 1.050 km bila baterai dan tangki bensinnya terisi penuh. Sementara bila hanya mengandalkan baterai, mobil bisa menempuh jarak sekitar 200 km. Untuk di Indonesia, kabarnya Denza akan lebih dulu mengenalkan D9 versi listrik.
Sebelum peluncuran, BYD juga diketahui telah membuka pemesanan untuk Denza D9 EV. Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan mengungkap per November 2024, saat belum ada peluncuran, sudah ada ratusan unit konsumen RI yang memesan Denza D9.
Luther tak merinci lebih detail soal jumlah pemesanan tersebut. Namun menurutnya, dengan angka pemesanan yang sudah mencapai ratusan unit ini, membuat BYD cukup percaya diri bahwa MPV listrik itu dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Ditambah lagi, Denza D9 bakal jadi pemain baru di tengah ketatnya persaingan antara MPV listrik di segmen premium.
“Artinya belum launching belum ada barangnya tapi udah taruh uang untuk order. Artinya jangan-jangan selama ini nggak ada pilihan aja,” kata Luther.
(dry/din)