by.U Layani 10 Juta Pelanggan, Telkomsel hingga Tri Berebut Pasar Gen Z

by.U Layani 10 Juta Pelanggan, Telkomsel hingga Tri Berebut Pasar Gen Z

Bisnis.com, JAKARTA — Persaingan operator seluler dalam memperebutkan pasar generasi muda atau Gen Z makin panas. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melalui by.U, bertarung dengan PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk. dengan brand Axis dan PT Indosat Tbk. dengan brand Tri memperebutkan pasar anak muda. 

Survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat, jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2025 mencapai 229 juta jiwa.

Dari jumlah itu, mayoritas pengguna berasal dari kalangan Generasi Z (13–28 tahun) dan Milenial (29–44 tahun) yang dikenal sebagai generasi digital-native. Bagi mereka, internet bukan lagi fasilitas tambahan, melainkan kebutuhan utama dalam aktivitas sehari-hari.

VP Brand & Marketing Communications Telkomsel, Emir G. Surya mengatakan perusahaan berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Gen Z.

Perusahaan berfokus pada 4  pilar yang terdiri dari fleksibilitas penuh dan harga yang terjangkau, simple dan transparan, hiburan tanpa batas, hingga jaringan luas.

“Jaringan nomor 1 Telkomsel, dimana by.U mengandalkan jaringan terluas dan terdepan untuk memastikan Gen Z selalu terkoneksi kapan saja, di mana saja,” kata Emir G. Surya, dikutip Minggu (19/10/2025). 

Emir mengatakan sejak diluncurkan pada Oktober 2019, by.U tumbuh pesat sebagai pilihan utama pengguna muda Indonesia. Hingga kuartal ketiga 2025, jumlah pelanggan by.U telah melampaui 10 juta pengguna aktif. Adapun secara keseluruhan pada semester I/2025 total pelanggan Telkomsel mencapai 158,8 juta pelanggan.

Selain pada sisi teknis, kata Emir, by.U juga menonjol dalam hal komunikasi brand. Mengusung gaya bahasa yang santai, jenaka, dan relevan dengan kultur digital muda, by.U konsisten menghadirkan komunikasi yang terasa personal dan otentik.

Alih-alih menggandeng duta merek konvensional, by.U justru aktif berkolaborasi dengan komunitas lokal, kreator digital, hingga tim e-sports.

“by.U memahami karakter Gen Z yang suka hal-hal unik, fun, dan penuh kejutan,” kata Emir. 

Telkomsel bukanlah satu-satunya operator yang menyasar Gen Z. XLSMART dan Indosat juga melakukan hal yang sama. 

XLSMART melalui brand Axis juga melakukan berbagai program dan kampanye untuk memperluas pasar mereka di Gen Z. Axis menggelar acara olah raga kompetisi Futsal antar pelajar untuk mendekatkan merk Axis kepada pelajar SMAN.

Adapun Axis turut berkontribusi terhadap total pelanggan XLSmart yang menyentuh 82,6 juta pelanggan pada semester I/2025. 

Sementara itu Indosat mengandalkan brand Tri untuk menjangkau anak muda. Tri belum lama menggelar program loyalitas agar pelanggan Gen Z tetap setia dan tidak berpindah ke operator lain. 

Tri menggelar program Bombas Tri 2025 dengan hadiah utama yaitu mobil listrik BYD Atto 1 Dynamic. Total pelanggan Indosat pada semester I/2025 mencapai 95,4 juta pelanggan, sebagiannya merupakan pelanggan Gen Z pengguna Tri.