BPR Nusumma Jateng Kontribusi Nyata untuk Masyarakat dan Perekonomian Indonesia

5 January 2024, 8:33

SEMARANG, suaramerdeka.com – BPR Nusumma Jateng menjadi salah satu bank perkreditan rakyat yang mendapatkan penghargaan Satria Brand Award (SBA) tahun 2023 dari Suara Merdeka Network (SMN). Penghargaan diserahkan CEO Suara Merdeka Network Kukrit Suryo Wicaksono yang diterima langsung Direktur PT BPR Nusumma Jateng Eko Setiawan, pada malam penganugerahan, di Hotel Gumaya Semarang, 23 Desember lalu. Direktur PT BPR Nusumma Jateng Eko Setiawan menyampaikan, kebanggaannya dengan menerima penghargaan SBA dari Suara Merdeka yang merupakan media terbesar di Jawa Tengah. Baca Juga: Disdik DKI Jakarta Cairkan KJP Plus Januari 2024 untuk 656 Ribu Peserta Didik, Ini Rinciannya Dengan penghargaan tersebut, ia berharap BPR Nusumma akan makin terkenal. “Penghargaan ini sangat menggembirakan bagi kami. Semoga dapat menjadikan BPR Nusumma Jateng lebih dikenal masyarakat luas.”

“Sehingga BPR Nusumma makin memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat, sekaligus terhadap perekonomian Indonesia,” ungkap Eko kepada Suara Merdeka, melalui sambungan telepon, Kamis 4 Januari 2024. Baca Juga: Download Contoh LK 1.1 Identifikasi Masalah PPG dalam Jabatan (Daljab) 2023 Format Doc Terlengkap Sebab menurut dia, SBA sangat menarik dan membantu kalangan wirausaha, instansi, maupun lembaga pemerintahan dan swasta untuk lebih maju. Karena akan makin dikenal masyarakat luas, sekaligus sebagai penguatan branding suatu perusahaan. Karena itu, sebagai penerima SBA, brand BPR Nusumma juga makin kuat menancap di hati masyarakat. Baca Juga: Pesan Pemain Timnas Indonesia kepada Fans: Jangan Bedakan Lokal dan Keturunan, Dukung Kami di Piala Asia! Apalagi, kata Eko, sudah 33 tahun, BPR Nusumma berpengalaman dalam membantu masyarakat Indonesia. Eko mengatakan, Bank Nusumma didirikan berdasarkan MoU yang ditandatangani Nahdlatul Ulama yang diwakili KH Abdurrahman Wahid dengan Bank Summa pada 1 Juni 1990. Namun, menurutnya, sejak tahun 2015 yang secara legalitas tahun 2018 sampai sekarang, kepemilikan Bank Perkreditan Rakyat Nusumma Group beralih ke Nusantara Bina Artha, sebagai pemegang saham pengendali (PSP). Menurut Eko, CEO Nusantara Bina Artha Tedy S Djajawinata, menyampaikan bahwa Nusantara Bina Artha bersama Bank Nusumma berkomitmen, menyediakan akses layanan keuangan yang bertanggung jawab, mudah dijangkau, aman, dan terpercaya. Baca Juga: KA Turangga Tabrak KA Komuter Bandung di Petak Haurpugur-Cicalengka, Jumlah Korban Belum Diketahui “Dengan layanan yang kami berikan itu, sehingga dapat memberikan dampak positif pada peningkatan taraf hidup masyarakat,” katanya. Karena itu, lanjut Eko, BPR Nusumma memiliki visi yaitu menjadi bank yang keren dan juara. Untuk mencapai visi tersebut, BPR Nusumma memiliki tiga misi. Yaitu, menjadi bank yang dikenal dekat dengan masyarakat dikarenakan layanan yang innovatif, mulia, dan terpercaya. Baca Juga: BLT El Nino Cair Kembali Awal Januari 2024 di Daerah Ini, Begini Cara Cek Online Kemudian, konsisten manjadi bank yang sehat, untuk dapat tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Selanjutnya, memiliki indeks kebahagiaan SDM dan organisasi yang tinggi, sehingga dapat terus memberikan dampak positif kepada masyarakat. Sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Menurutnya, BPR Nusumma memiliki budaya kerja “Pelita”. Yaitu passion, excellence, learning, integrity, teamwork, dan innovation, yang menjadi tanggungjawab bersama bagi setiap insan di dalamnya. Passion, selalu bersemangat dan antusias tentang apa yang kita lakukan. Excellence, mau dan ikhlas bekerja melampaui semua harapan dan melebihi segala sesuatu yang kita harapkan. Learning, terus meningkatkan ketrampilan, pengetahuan, dan kemampuan. Integrity, jujur, tulus, dan beretika untuk semua perbuatan. Teamwork, kekerjasama secara efektif untuk menambah nilai bagi semua pemangku kepentingan. Lalu, innovation, yakni merangkul pemikiran baru untuk menciptakan peluang bagi semua pemangku kepentingan. Ia menyampaikan, saat ini PT BPR Nusumma secara group memiliki 37 jaringan kantor yang tersebar di empat provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DIY dengan total aset sebesar Rp 750 miliar. Di Jawa Tengah, PT BPR Nusumma Jateng memiliki empat kantor cabang, yaitu Tegal, Blora, Jepara, dan Klaten, serta dengan 12 kantor kas. Adapun kantor pusat dan kantor pusat operasional berada di Cabang Tegal, berlokasi di Jl Raya Kajen No 78 Talang Kabupaten Tegal. Alamat kantor cabang lain yaitu Cabang Blora berlokasi Jl Ronggolawe No 15-A Megal, Balun, Cepu, Blora. Cabang Jepara di Jl Raya Jepara–Kudus KM 14, Krasak RT 1 RW 4 Pecangaan Jepara. Cabang Klaten di Jl Mayor Sunaryo No 16 A Jonggrangan Baru, Jonggrangan, Klaten Utara. “Jaringan luas yang menjangkau hingga ke pelosok desa itu, menjadikan Bank Nusumma sebagai lembaga keuangan sahabat anak negeri. Saat ini menjangkau lebih dari 68 ribu nasabah hingga ke pelosok desa,” terangnya. Adapun layanan yang diberikan dari PT BPR Nusumma Group, yaitu berupa tabungan, deposito, dan kredit. “Saat ini kami menawarkan program tabungan undian berhadian nama Pesta Meriah Nusumma atau PMN. “Hadiah yang disediakan berupa mobil, emas batangan, dan uang tunai. Setiap tahun diadakan pengundiannya pada bulan Agustus bertepatan dengan hari lahir PT Nusumma Group,” katanya. Ia mengatakan, PT Nusumma Jateng saat ini menerapkan digitalisasi yang akan membantu dari sisi operasional dan nasabah. Di antaranya NusGo (Nusumma Go). Aplikasi ini untuk proses pengajuan kredit dari awal sampai pencairan kredit. Ada juga aplikasi Talenta, yaitu aplikasi untuk absen karyawan, mengajukan cuti, minta persetujuan lembur, gaji karyawan, dan dilakukan di mana saja. Kemudian, aplikasi Tableu, yaitu alat monitoring atas hasil kinerja seluruh karyawan Nusumma Jateng terlihat jelas terutama untuk dasar dari menentukan kebijakan ke depan. Kemudian virtual account yang bekerja sama dengan Bank Mandiri dan Bank Permata, serta mesin EDC untuk pick up service. Untuk rencana ke depan, ia menyampaikan, PT BPR Nusumma Jateng akan melakukan pengembangan terutama wilayah dan melakukan inovasi terhadap digitalisasi yang sudah berjalan. “Kami juga akan menambah armada mobil kas keliling untuk di cabang-cabang agar bisa diterima dan berdampak positif terhadap masyarakat sekitar,” katanya.***

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi