Bisnis.com, JAKARTA — Honor, perusahaan penyedia elektronik asal China, menilai persaingan industri perangkat pintar yang ketat hingga preferensi konsumen menjadi tantangan dalam berjualan di Tanah Air. Perusahaan fokus pada inovasi untuk melewati tantangan tersebut.
“Tantangan tentu ada, mulai dari persaingan yang sangat ketat hingga preferensi konsumen,” kata President of Honor South Pacific, Justin Li kepada Bisnis pada Minggu (21/9/2025).
Namun, lanjut Justin, Honor melihat tantangan ini bukan sebagai hambatan, melainkan peluang untuk terus berinovasi dan semakin memahami karakteristik pasar Indonesia yang sangat dinamis.
Justin menambahkan untuk menghadapi persaingan tersebut, Honor mengusung strategi yang berfokus pada inovasi berbasis kebutuhan konsumen Indonesia.
Pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan rangkaian produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.
“Prinsip human-centric yang kami pegang membuat setiap inovasi berangkat dari insight konsumen. Misalnya, permintaan akan daya tahan baterai yang lama, layar nyaman untuk mata, hingga fitur AI yang membuat hidup lebih produktif,” kata Justin.
Selain itu, pihaknya memperkuat ekosistem all-scenario Honor agar konsumen dapat merasakan pengalaman yang lebih seamless, baik saat menggunakan smartphone, tablet, maupun perangkat wearables.
“Dengan pendekatan ini, kami yakin bisa membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen secara berkelanjutan,” ungkapnya.
Perusahaan teknologi yang baru kembali ke RI juga mengatakan respons konsumen Tanah Air sejauh ini cukup positif. Justin mengatakan smartphone dan tablet menjadi pendorong utama pertumbuhan HONOR di Indonesia.
“Sejak awal 2025, kami melihat respons pasar Indonesia terhadap smartphone dan tablet HONOR sangat positif. Kedua kategori ini menjadi motor penggerak utama karena memang paling relevan dengan kebutuhan konsumen sehari-hari, baik untuk bekerja, belajar, maupun hiburan,” kata Justin.
Honor sendiri bukan nama baru di Indonesia. Perusahaan ini pertama kali hadir pada 2018, kemudian hengkang pada 2019, sebelum akhirnya kembali pada awal 2025 dengan membawa sejumlah perangkat terbaru.
Perangkat terbaru tersebut mulai dari smartphone lipat Honor Magic V3, seri Honor X9c 5G, Honor 200 Pro, tablet Honor Pad 9 dan Honor Pad X8a, hingga laptop Honor MagicBook Art 14 serta perangkat wearables seperti Honor Watch 5 dan Honor Earbuds X7 Lite.
Terbaru, Honor resmi meluncurkan tiga tablet anyar di Indonesia pada 18 September 2025, yakni Honor Pad 10, Honor Pad X9a, dan Honor Pad X7. Kehadiran ketiganya memperluas jangkauan produk Honor di berbagai segmen, mulai dari entry-level hingga premium.
Honor Pad 10 diposisikan di segmen premium, Honor Pad X9a di kelas menengah, sementara Honor Pad X7 menyasar entry-level. Ketiga perangkat ini sudah didukung fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk menunjang produktivitas dan hiburan konsumen.
