Jakarta –
BMW Motorrad Indonesia resmi merilis model teratas dari lini adventure mereka, yakni R 1300 GS Adventure. Moge ikonik dari BMW ini dibanderol mulai dari Rp 1,4 miliaran.
Embel-embel ‘Adventure’ di namanya, tak sekadar mengartikan varian baru dari BMW R 1300 GS (KA1) yang sudah ada. Sebab BMW R 1300 GS Adventure ini sejatinya merupakan generasi baru berkode bodi KA2.
Lantas sebagai versi ‘upgrade’ dari R 1300 GS, BMW menghadirkan R 1300 GS Adventure dengan rangka, teknologi mesin, fitur, hingga desain yang benar-benar baru.
Kehadiran ASA di BMW R 1300 GS Adventure membuatnya tak dibekali tuas kopling Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Satu teknologi baru yang paling mencolok dan menjadi terobosan bagi lini adventure BMW Motorrad adalah Automated Shift Assistant (ASA). Hadirnya teknologi ini diklaim membuat aktivitas berkendara menggunakan BMW R 1300 GS Adventure lebih sederhana.
Sesuai namanya, teknologi ASA tersebut membuat pengendara tak perlu repot menekan kopling untuk memindahkan gigi. Penggunaan dua aktuator elektromekanis dapat membuat perpindahan gigi yang halus tanpa perlu menekan kopling secara manual.
Sistem kerjanya, yang tidak mekanikal seperti transmisi konvensional, juga diklaim membuat perpindahan gigi lebih cepat dan tepat. BMW bahkan mengklaim kehadiran ASA ini dapat menghilangkan kemungkinan mesin mati karena perpindahan gigi yang tidak tepat saat adventure.
Namun ASA di BMW R 1300 GS Adventure menjadi opsi. Pencinta moge adventure yang lebih ‘konvensional’ untungnya masih dapat membeli varian non-ASA, sehingga masih dapat menggunakan motor ini dengan transmisi manual 6-percepatan yang dapat diatur dengan kopling.
BMW Motorrad Indonesia resmi meluncurkan generasi terbaru BMW R 1300 GS Adventure. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Lantas selain teknologi ASA, BMW Motorrad merancang generasi baru dari R 1300 GS Adventure ini dengan desain yang lebih bongsor. Tampilannya sangat kontras dengan model KA1 yang ramping.
Secara dimensi, BMW R 1300 GS Adventure berukuran mirip dengan model legendaris mereka K52 atau BMW R 1250 GS. Panjangnya tembus 2.280 mm, lebar 1.012 mm, dan wheelbase-nya 1.534 mm.
R 1300 GS Adventure juga membawa tangki yang besar dengan desain yang ikonik. Tangki ini berkapasitas 30 liter. Total bobot motor ini menjadi 269 kg yang artinya jauh lebih berat ketimbang model KA1.
BMW Motorrad mempercayakan mesin boxer 2-silinder 1.300 cc generasi terbaru untuk R 1300 GS Adventure ini. Diklaim tenaganya tembus 145 HP di 7.750 RPM dan torsi 149 Nm di 6.500 RPM.
Khasnya BMW pula, moge adventure lini teratas mereka ini masih dibekali dengan beragam fitur canggih. Ada empat mode berkendara di motor ini mulai dari Enduro, Rain, Road, hingga Eco.
Selain itu, fitur ‘penjaga’ seperti Engine Drag Torque Control, Dynamic Brake Control, Hill Start Control, dan lain sebagainya juga disertakan sebagai standar di R 1300 GS Adventure.
BMW R 1300 GS Adventure 719 Option with ASA Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Untuk harganya, PT Layur Astiti Bumi Kencana selaku importir dan distributor resmi dari merek BMW Motorrad Indonesia membanderol motor ini dengan harga mulai dari Rp 1,4 miliaran. Berikut daftar harga BMW R 1300 GS Adventure di Indonesia:
BMW R 1300 GS Adventure Trophy Rp 1.460.000.000
BMW R 1300 GS Adventure Trophy with ASA Rp 1.480.000.000
BMW R 1300 GS Adventure Triple Black Rp 1.460.000.000
BMW R 1300 GS Adventure Triple Black with ASA Rp 1.480.000.000
BMW R 1300 GS Adventure Option 719 Rp 1.530.000.000
BMW R 1300 GS Adventure Option 719 with ASA Rp 1.550.000.000
(mhg/rgr)