Bidik Wisatawan dari Indonesia, Taiwan Buka Layanan Pariwisata di Jakarta

28 February 2024, 20:37

Acara peresmian pembukaan Kantor Layanan Pariwisata Taiwan di GoWork Central Park, Jakarta, Rabu (28/2/2024).(Ist)

DALAM rangka menyebarkan dan memperluas pasar pariwisata Taiwan secara global di Indonesia, Administrasi Pariwisata Kementerian Perhubungan dan Komunikasi (MOTC) Taiwan membuka Kantor Layanan Pariwisata Taiwan di GoWork Central Park, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Deputi Direktur Jenderal Administrasi Pariwisata Kementerian Perhubungan dan Komunikasi (MOTC) Tawuab, Chou Ting Chang, membuka secara resmi Kantor Layanan Pariwisata Taiwan di Jakarta.

MOTC juga mengundang Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei, China Airlines, Eva Airways, Singapore Airlines, dan agen perjalanan lokal ke Indonesia untuk bergabung dalam mengeksplorasi peluang bisnis pariwisata Taiwan 2024. 
Baca juga : Biro Pariwisata Taiwan Ingin Manjakan Para Wisatawan dari Indonesia

Gandeng Selebram Kadek Arini

Pada acara peresmian tersebut juga diadakan kegiatan promosi Taiwan Day yang dimeriahkan Kadek Arini, seorang selebritas Instagram (selebgram).

Kadek juga membagikan pengalaman pribadi dalam melakukan perjalanan ke Taiwan dengan tema “The New Mysteries of Taiwan Tourism in 2024” dan “Sajian Destinasi dan Festival Baru untuk Pariwisata di Taiwan”.  Baca juga : Mulai 4 Desember, Pekerja Migran RI Dilarang Masuk Taiwan

Selain itu, Taiwan Tourism akan menyediakan makanan dan suvenir khas Taiwan bagi masyarakat Indonesia yang berkunjung ke pusat layanan atau service centre untuk menunjukkan pesona pariwisata Taiwan yang ramah wisatawan. 

Dengan populasi lebih dari 278,8 juta jiwa, Indonesia merupakan negara terbesar di ASEAN dalam hal luas wilayah dan skala ekonomi, serta memiliki dividen demografi dan daya konsumsi yang berkembang pesat. 

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki potensi terbesar untuk pengembangan pariwisata.  Baca juga : Dukung Pengembangan Pariwisata dengan Langkah Kreatif yang Konsisten

Untuk memperluas pasar wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan, Administrasi Pariwisata Taiwan telah memprioritaskan pendirian Kantor Layanan Pariwisata Taiwan di Jakarta setelah pandemi Covid-19.

Pembukaan Kantor Layanan Pariwisata Taiwan dengan harapan dapat menjawab kebutuhan wisatawan Indonesia dan memberikan lebih banyak informasi langsung tentang pariwisata Taiwan.

Menteri Chen Sheng-peng dari Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei di Indonesia mengatakan bahwa sejak Taiwan mempromosikan kebijakan baru ke arah selatan pada 2016, telah terjalin interaksi yang erat antara pemerintah Indonesia dan sektor swasta.  Baca juga : Hingga November, BPS Catat Kenaikan 11,9% Perjalanan Wisatawan Nusantara

“Melalui pendalaman kerja sama dan pertukaran yang menyeluruh, hubungan bilateral antara Taiwan dan Indonesia pun terus berkembang di semua aspek.” jelas Chen. 

Kunjungan timbal balik tahunan antara Taiwan dan Indonesia mencapai angka 229.960 sebelum pandemi, dan kunjungan timbal balik akan mencapai angka 201.950 pada 2023. 

Diharapkan, melalui pendirian Kantor Layanan Pariwisata Taiwan dari Administrasi Pariwisata Taiwan di Jakarta, informasi pariwisata Taiwan akan secara aktif dipromosikan untuk menciptakan puncak baru dalam pertukaran pariwisata antara Taiwan-Indonesia.  Baca juga : Rerie: Jaga Momentum Pertumbuhan Sektor Pariwisata

Selain itu, karena Indonesia adalah negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, dengan angka lebih dari 200 juta umat, pasar konsumen secara keseluruhan memiliki ukuran yang cukup besar. 

Diyakini bahwa di masa depan, kantor layanan tersebut dapat secara langsung memberikan lebih banyak informasi pariwisata yang lebih ramah muslim kepada warga Indonesia untuk meningkatkan kemampuan Taiwan dalam menarik wisatawan ke pasar pariwisata Muslim.

Deputi Direktur Jenderal Administrasi Pariwisata Kementerian Transportasi dan Komunikasi (MOTC), Chou Ting Chang, mengatakan, “Indonesia adalah pasar utama yang secara aktif dikembangkan oleh Taiwan.”

“Administrasi Pariwisata Taiwan tidak hanya mementingkan turis Tiongkok, tetapi juga secara aktif mempersiapkan pasar muslim yang besar,” jelas Chou. (S-4) 

 

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi