Jakarta –
Jadi pemain baru di segmen komersial, kehadiran Toyota All New Hilux Rangga dapat sambutan hangat dari pasar. Setelah diperkenalkan pada Agustus 2024, sampai kini tercatat ada sekitar 2.000 unit yang telah dipesan.
Demikian disampaikan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy pada ajang test Drive All New Toyota Hilux Rangga di Surabaya. Disebutnya, jumlah pesanan yang mencapai ribuan unit tak disangka sebelumnya.
“Dalam kurun waktu 2-3 bulan Toyota Hilux Rangga telah terpesan 2.000 unit. Karena Toyota Hilux Rangga sendiri telah mumpuni, terlebih saat konsumen melakukan test drive secara langsung, bagaimana engine-nya, transmisinya, performanya, bagaimana kelincahan dari mobil ini. Dan kesenangan lainnya, konsumen konsumen bisa dengan mudah memodifikasinya,” ucap Anton.
Tentu angka pemesanan Toyota Hilux Rangga ini membuat Anton terkejut, karena awalnya mobil para pengusaha dan penghobi ini ditargetkan hanya mencapai penjualan 400 unit per bulan.
“Untuk Rangga yang saya katakan tadi, target kita nggak muluk-muluk, karena kita kan pemain baru setelah sekian lama kijang pickup sudah tidak ada, kita hanya menargetkan sekitar 400-an per bulan. Tapi kalau kita bicara sekarang mencapai 2.000 unit, berarti kita bicara itu 5 bulan sales atau penjualan gitu ya. Jadi saya rasa demand cukup bagus,” kata Anton
“Saya juga bicara dengan teman-teman di Jawa Timur, mereka sangat optimis karena produk ini memberikan sesuatu yang berbeda sesuatu yang unik dan juga ternyata disukai oleh masyarakat. Tentu harapannya tahun depan penjualan akan naik dan penjualan mobil komersial bisa naik juga,” Anton menambahkan.
Anton juga mengakui hadirnya Toyota All New Hilux Rangga, mengingatkan akan kejayaan Kijang saat bermain di segmen komersial.
“Jujur kehadiran Toyota Hilux Rangga mengingatkan saya akan heritage Kijang. Itulah mengapa kami menggunakan nama Rangga, sebagai keluarga dari Kijang,” Anton menambahkan.
Toyota All New Hilux Rangga Foto: dok. Toyota-Astra Motor
Bicara soal kendaraan komersial yang terpenting adalah kapasitas muatan. Hilux Rangga dirancang dengan cargo bed yang besar untuk menampung berbagai jenis barang bawaan yang disesuaikan bisnis pelanggan. Dengan panjang dek 2.305 mm dan lebar 1.700 mm, kendaraan ini menawarkan luasan kargo yang optimal. Desain dek rata mampu membawa muatan hingga 1,2 ton sekali angkut.
Sebagai contoh, bak pikap ini bisa membawa 56 galon air mineral dalam sekali perjalanan. Kapasitas muatan yang andal dan memadai ini tentu bermanfaat bagi operasional bisnis yang menguntungkan.
All New Hilux Rangga dilengkapi deck atau bak belakang yang tebal dengan pilihan 3 way deck (bukaan bak 3 arah) serbaguna untuk bongkar muat yang efisien, bersama 1 way deck (bukaan bak 1 arah). Fitur bukaan 3 arah juga jadi satu-satunya di kelas Medium Pick Up. Radius putar yang ringkas sebesar 4,9 m, memastikan kemampuan manuver yang mudah, bahkan dengan beban berat.
Selain itu setiap kendaraan komersial Toyota mewujudkan standar QDR atau Quality (kualitas), Durability (ketangguhan), dan Reliability (keandalan) yang tinggi. Apa pun medannya, pikap menengah ini dapat mengatasi berbagai tantangan, bahkan di jalan yang kurang ideal.
Hilux Rangga menunjukkan ketangguhan ini dengan berbagi mesin, sasis, dan drivetrain yang kokoh (termasuk transmisi, propeller shaft, dan diferensial) dengan Hilux yang teruji keandalannya. Platform yang telah terbukti ini dipercaya secara global di lebih dari 140 negara, memastikan ketahanan yang tak tertandingi di lingkungan apa pun.
Hilux Rangga juga dilengkapi sistem power steering rack-and-pinion untuk handling presisi, dan perawatan yang lebih mudah. Posisi roda kemudi yang datar, meningkatkan kenyamanan dibandingkan mobil niaga tradisional.
Berkat kualitas, daya tahan, dan keandalannya, Hilux Rangga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan. Tidak hanya menawarkan masa pakai yang lebih lama, namun juga memerlukan biaya perawatan yang lebih rendah, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.
(lth/din)