BAKTI Komdigi Gencarkan Literasi Digital, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Bitung

BAKTI Komdigi Gencarkan Literasi Digital, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Bitung

Bisnis.com, BITUNG – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Digital terus memperluas akses setiap sudut Indonesia. Sampai saat ini BAKTI telah membuka akses internet di 27.869 lokasi se-Indonesia, dengan perincian 60 lokasi akses internet menggunakan koneksi non-satelit Satria, dan  27.809 lokasi menggunakan Satria.

Direktur Utama BAKTI Komdigi, Fadhilah Mathar, menjelaskan secara total ada 6.747 BTS on air. Sementara total koneksi yang menggunakan Palapa Ring 131 lokasi baik di paket barat, tengah dan timur, serta kapasitas Satria 1 mencapai 150 Gbps.

Dia melanjutkan, berbagai infrastruktur teknologi itu sebenarnya merupakan fondasi dasar untuk pengembangan kualitas masyarakat di masa mendatang, terutama untuk menciptakan talenta-talenta digital yang mumpuni.

“Jadi infrastruktur digital itu, prasyarat dasar agar masyarakat yang melek digitalisasi itu terwujud sehingga bisa mendorong produktivitas mereka. Makanya, salah satu hal yang tidak kalah penting adalah literasi digital terhadap masyarakat,” tuturnya di sela sosialisasi bertajuk Pengembangan Potensi Teknologi Digital di Bitung, Sulawesi Utara, Rabu (5/11/2025).

Sosialisasi digitalisasi ini melibatkan para tokoh masyarakat Sulawesi Utara yang memang sudah punya succes story melakukan proses digitalisasi sehingga masyarakat, terutama mahasiswa itu termotivasi.

Melalui literasi digital, masyarakat, khususnya generasi muda yang sekarang masih menggunakan akses telekomunikasi hanya untuk sekedar rekreasi atau gaya hidup, bisa memanfaatkannya untuk hal-hal yang lebih produktif.

“Jika masyarakat luas, termasuk kaum muda semakin produktif berkat teknologi digital, maka target pertumbuhan ekonomi sebesar 8% yang dicanangkan oleh Presiden Prabowo Subianto, bukan tidak mungkin dapat direalisasikan,” tambahnya. 

Kegiatan sosialisasi digitalisasi bagi masyarakat desa ini diikuti sekitar 200-an peserta dari Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara. Mereka mendapatkan pengayaan tentang pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan perekonomian, seperti menjadi afiliator produk atau pemasaran produk UMKM lokal.

Anggota Dewan Pengawas BAKTI Komdigi, Virgie Baker, mengatakan para peserta kegiatan literasi digital itu berasal dari berbagai latar belakang, seperti komunikasi pendukung pariwisata, pelaku UMKM, serta mahasiswa perguruan tinggi ekonomi di Bitung.

“Jadi yang ingin ditekankan oleh BAKTI Komdigi adalah pemanfaatan dari konektivitas bisa benar-benar berdampak langsung kepada masyarakat,” katanya.

Dia sepakat literasi digital perlu untuk terus digalakan oleh semua pihak, termasuk BAKTI Komdigi karena dia menyadari belum semua masyarakat bisa menggunakan teknologi digital secara positif. 

Adolf Lomban, salah satu peserta literasi digital merasa bersyukur bisa terlibat dalam kegiatan sosialisasi  yang digelar BAKTI Komdigi karena mendapatkan wawasan serta motivasi khususnya mengenai pemasaran secara digital.

“Sebagai duta pariwisata di Bitung, saya dan teman-teman mendapatkan ilmu bagaimana memasarkan potensi-potensi pariwisata yang ada di Kota Bitung sehingga bisa meningkatkan perekonomian daerah,,” pungkasnya.