Agentic AI Dongkrak Produktivitas Pekerja dalam 6 Bulan

Agentic AI Dongkrak Produktivitas Pekerja dalam 6 Bulan

Bisnis.com, JAKARTA — Agentic AI dinilai menjadi masa depan baru kecerdasan buatan (AI) yang mampu bekerja berdampingan dengan manusia dan meningkatkan produktivitas secara signifikan. 

Teknologi ini menjadi angin segar bagi para pelaku usaha, terutama ketika kebutuhan akan efisiensi kerja semakin mendesak. 

Dalam acara Media Briefing Salesforce pada Rabu (3/12/2025), Andreas Diantoro, Country Leader & President Director Salesforce Indonesia, mengungkapkan bahwa Agentic AI mampu meningkatkan produktivitas manusia hingga dua kali lipat hanya dalam kurun waktu 6 bulan.

Menurut Andreas, perkembangan ini bahkan melampaui prediksi sebelumnya. 

“Dengan adanya Agentic AI, produktivitas itu akan dobel setiap 18 bulan. Bahkan sekarang, produktivitas dan performa manusia akan naik dobel hanya selama 6 bulan. Itu sudah terjadi di luar sana,” ujarnya. 

Dia menjelaskan bahwa salah satu keunggulan Agentic AI adalah kemampuannya bekerja tanpa henti selama 24 jam penuh, memungkinkan penyelesaian proses operasional secara lebih cepat dan konsisten.

Agentic AI berbeda dari AI generatif biasa. Teknologi ini tidak hanya menghasilkan konten atau menjawab pertanyaan, tetapi juga mampu berinisiatif, menjalankan tugas dari awal hingga akhir, serta beradaptasi berdasarkan umpan balik. 

Agentic AI dapat membuat keputusan sendiri tanpa harus menunggu instruksi manusia secara terus-menerus, sehingga berfungsi layaknya tenaga kerja digital yang otonom. Kemampuan inilah yang menjadikan Agentic AI relevan bagi perusahaan dari berbagai skala.

Andreas juga menegaskan bahwa dampak Agentic AI terhadap perusahaan, khususnya di Indonesia, akan sangat besar dalam beberapa tahun ke depan. 

Dia menyebutkan bahwa berdasarkan studi terbaru, potensi value added dari penerapan AI di Indonesia dapat mencapai hampir US$400 miliar atau Rp6,65 kuadriliun. 

Nilai sebesar itu dinilai mampu memberikan dorongan signifikan bagi pertumbuhan GDP nasional, apalagi mengingat besarnya jumlah konsumen di Indonesia. Karena itu, Andreas menilai bahwa adopsi Agentic AI oleh perusahaan-perusahaan lokal menjadi peluang besar untuk meningkatkan daya saing ekonomi secara keseluruhan.

Tidak hanya relevan bagi perusahaan besar, pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) juga dapat merasakan manfaat yang sama besarnya.

Data yang disajikan Andreas sebanyak 82% pemilik usaha di Indonesia menilai Agentic AI sebagai teknologi penting bagi masa depan bisnis mereka. 

Terlebih, Agentic AI kini mampu berfungsi menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari, sehingga UMKM bisa menggunakannya untuk menyusun proses bisnis, SOP, hingga strategi penjualan secara lebih mudah dan terstruktur. (Nur Amalina)