1 Juta Unit Terjual dalam Sepekan, Pesaing iPhone 17

1 Juta Unit Terjual dalam Sepekan, Pesaing iPhone 17

Bisnis.com, JAKARTA — Raksasa teknologi China, Xiaomi, kembali mengguncang pasar lewat peluncuran lini Xiaomi 17 yang sukses besar. Hanya dalam waktu seminggu sejak dirilis akhir bulan lalu, Xiaomi 17, termasuk varian 17 Pro dan 17 Pro Max, telah menembus penjualan lebih dari 1 juta unit—menjadikannya seri dengan penjualan tercepat sepanjang sejarah keluarga Xiaomi.

Menjadi ancaman bagi iPhone 17 yang juga baru meluncur dan diklaim lebih laku dari iPhone 16 pada awal kemunculannya.

Presiden Xiaomi Lu Weibing, mengonfirmasi pencapaian luar biasa ini lewat akun Weibo resminya. Dia menyebutkan, tingginya permintaan membuat Xiaomi harus langsung menggenjot produksi agar stok tetap tersedia di tengah antusiasme yang membara.

“Penjualan 1 juta unit dalam waktu secepat ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kami siap penuhi permintaan pasar,” ujar Weibing, Sabtu (4/10/2025).

GSMArena melaporkan kunci sukses Xiaomi 17 series terletak pada inovasi dan fitur premium yang dibenamkan. Xiaomi 17 Pro dan 17 Pro Max, misalnya, tampil beda berkat layar sekunder di bagian belakang dan penggunaan chipset terbaru Snapdragon 8 Elite Gen 5 SoC. Varian Pro Max bahkan membawa baterai monster 7.500 mAh yang menempatkannya di kelas flagship dengan daya tahan luar biasa.

Xiaomi 17 standar pun tidak kalah menggoda: mengusung chipset yang sama dengan baterai Si/C 7.000 mAh serta triple kamera belakang, menawarkan kombinasi kinerja dan efisiensi baterai yang sangat kompetitif di segmen kelas menengah atas.

Tak hanya soal jumlah, kecepatan menembus angka 1 juta unit pun jadi sorotan. Xiaomi mengklaim pencapaian ini jauh lebih cepat dibanding rekor seri-seri sebelumnya, menegaskan daya saing produk mereka yang semakin solid di pasar domestik China. Pihak perusahaan bahkan harus menambah produksi agar bisa memenuhi lonjakan permintaan, khususnya untuk varian Pro Max yang langsung ludes di berbagai channel distribusi.

Namun, fenomena menarik datang dari pola pembelian: varian Xiaomi 17 Pro Max menjadi penyumbang penjualan terbesar dan kerap sold-out di pasar, sementara versi standar justru dilaporkan kurang diminati konsumen.

Banyak outlet ritel melaporkan antrian panjang untuk mencoba varian Pro dan Pro Max, dan konsumen bahkan rela menunggu pre-order demi mendapatkannya lebih awal.

Lompatan penjualan ini tak hanya menegaskan dominasi Xiaomi di segmen flagship domestik, namun juga memperlihatkan bagaimana strategi inovasi berani dan harga bersaing jadi kunci mendobrak rekor pasar smartphone yang semakin sengit.