Jakarta, CNBC Indonesia – Youtube jadi favorit gen Z Amerika Serikat (AS) untuk menghabiskan waktu di internet. Bahkan aplikasi berbagai video itu mengalahkan dua raksasa media sosial lain Tiktok dan Instagram.
Laporan firma penelitian Pew Research Center menyebutkan 9 dari 10 remaja memilih Youtube. Bahkan mereka cukup sering menggunakannya dengan 73% menggunakan setiap hari dan 15% menyebutnya hampir konstan, dikutip Jumat (20/12/2024).
Meski dikalahkan Youtube, masih banyak juga remaja AS yang menggunakan Tiktok dan Instagram. Berdasarkan laporan 6 dari 10 remaja menggunakan keduanya.
Snapchat digunakan 55% remaja. Sementara Facebook, X dan WhatsApp mulai ditinggalkan kelompok usia tersebut.
Pengguna Facebook terus menurun selama 10 terakhir dan anjlok hingga 71%. Dalam catatan survei tersebut, penggunanya tinggal 32%.
Media sosial X yang dulunya bernama Twitter mengantongi pengguna remaja yang jauh lebih kecil sebanyak 17%. Penurunan juga terus terjadi dari 10 tahun lalu sebanyak 33%.
Sementara WhatsApp hanya digunakan 23% Gen Z. Jumlahnya memang cukup sedikit, tetapi mengalami kenaikan 6% dari 2022.
Aplikasi paling baru yang dimiliki Meta, Thread juga digunakan sedikit remaja. Platform microblogging yang dirilis setahun lalu hanya digunakan 6% Gen Z di AS.
Sebagai informasi, riset Pew Research ini dilakukan pada remaja 13 hingga 17 tahun. Survei dilakukan sejak 18 September hingga 10 Oktober 2024 lalu.
(dem/dem)