Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menargetkan jumlah transaksi pada momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun ini mencapai Rp40 triliun atau naik 16 persen dibanding tahun lalu. Harbolnas berlangsung selama tujuh hari, pada 10-16 Desember 2024.
Dalam momen Harbolnas ini, Mendag Budi mendadak menjadi bintang saat tampil sebagai host live shopping pada sesi Spesial Harbolnas 12.12 yang disiarkan di Shopee Live pada Kamis (12/12).
Dalam rangkaian puncak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024, Mendag secara khusus menjadi host dengan menawarkan produk pakaian pria dari jenama lokal Kevas Co dan juga produk hijab dan khimar modern dari UMKM Sayra Official.
Tampilnya Mendag dalam sesi live shopping menunjukkan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan platform e-commerce dalam mempromosikan produk UMKM. Terlebih, produk yang dipromosikan Mendag, sudah menembus pasar ekspor di Shopee.
Dalam kesempatan kali ini, Mendag Budi juga berbincang-bincang dalam sesi mini talkshow bersama dengan dua UMKM lokal yang produknya sudah semakin dikenal di kalangan masyarakat. Ia menjelaskan, sektor ini memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara.
“Sektor UMKM ini jadi tulang punggung perekonomian nasional, menyerap hampir 97 persen atau sekitar 117 juta dari total tenaga kerja di Indonesia. Salah satu contohnya adalah Mas Kevin dengan Kevas Co, yang sukses menembus pasar ekspor dengan produk-produknya yang berkualitas,” ujar Mendag Budi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 13 Desember 2024.
“Selain itu ada juga Ibu Surmiyati dengan Sayra yang berhasil memanfaatkan teknologi untuk terus bertumbuh. Harbolnas 2024 ini tujuannya adalah mendukung brand-brand lokal untuk memperkuat daya saing dan memperluas jangkauan mereka, sehingga bisa mengikuti jejak-jejak Kevas dan Sayra,” sambungnya.
Tebar promo spesial Harbolnas
Sementara itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto mengungkapkan, sebagai platform e-commerce yang identik dengan kampanye tanggal kembar, Shopee meramaikan gelaran Harbolnas 2024 ini dengan sejumlah program dan promo menarik seperti diskon dan voucher spesial.
Ragam promo tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan, sekaligus mendukung pertumbuhan pengusaha dan UMKM lokal.
“Harbolnas selalu menjadi momen penting bagi Shopee untuk memberikan manfaat bagi semua pihak. Dengan menghadirkan promo menarik, kami ingin memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pembeli, sekaligus mendorong pertumbuhan UMKM lokal,” tutur Christin.
“Kami tentu berharap, Shopee bersama dengan seluruh penjual dan pembeli UMKM bisa membantu pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat sekaligus menggerakkan roda perekonomian nasional,” tambah Christin.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
dan follow Channel WhatsApp Medcom.id
(HUS)