Jakarta –
Produsen mobil premium asal China Maxus akhirnya memulai perjalanan di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung Maxus langsung memperkenalkan dua Multi Purpose Vehicle (MPV) listrik, yakni Mifa 7 yang dihargai Rp 788 juta dan Mifa 9 Rp 1.088.000.000, pada Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024.
Langkah Maxus di Indonesia bisa dikatakan cukup berani mengingat meski market MPV merupakan market terbesar di Indonesia, namun bermain disegmen premium yang notabene memiliki market kecil perlu diacungi jempol.
Tentu Maxus hadir di tanah air bukan tanpa strategi, menurut Overseas Regional Manager SAIC MAXUS AUTOMOTIVE CO., LTD, Zhang Wei, pada Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, menjelaskan SAIC bersama PT Indomobil Energi baru menyadari langkah dan mengetahui apa yang menjadi tujuan Maxus di Indonesia.
“Kami langsung memperkenalkan 2 model sekaligus di Indonesia, dan itu yang menjadikan kami lebih lama untuk bisa memperkenalkannya, padahal kami sudah memperkenalkan Mifa 9 di GIIAS 2023. Maxus bersama indomobil group kini lebih siap untuk memperkenalkan dua model secara langsung. Kami memperkenalkan 2 produk ini dengan harga yang cocok untuk konsumen kami,” ucap Zhang Wei.
“saat ini kami melakukan secara CBU, dan saat ini langkah ini kami nilai menjadi langkah yang tepat, kami percaya memperkenalkan produk yang tepat, yaitu MPV listrik premium pertama di dunia. Jadi harga yang kami tawarkan sangat murah dibandingkan dengan fitur yang kami tawarkan terutama tentang sisi ekonomi, fitur-fitur dan kenyamanan yang kami tawarkan,” Zhang Wei menambahkan.
Pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, diikuti model dan merk baru yang masuk Indonesia, salah satunya Maxus. Pada hari pertama GJAW 2024, produsen mobil listrik asal Tiongkok yang diboyong Indomobil Group sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) tersebut resmi meluncurkan dua MPV listrik andalannya Mifa 7 dan Mifa 9. Foto: Rifkianto Nugroho
Zhang menambahkan Maxus sangat menyadari bermain pada segmen premium tidaklah mudah, berbagai strategi perlu diterapkan.
“Kami menargetkan market premium, kami tahu pasar ini tidak besar. Kami tidak mempermasalahkan volume kecil karena bermain di segmen premium, karena memang kami melihat demikianlah produk kami. tapi ini menjadi langkah awal kami,” ujar Zhang Wei.
“Partner kami (indomobil group) melakukan riset, dan ini hasilnya kami memperkenalkan kendaraan penumpang premium. Dan di masa mendatang kami belum bisa membicarakannnya sekarang, nanti akan kami beritahukan produk apa saja yang sudah kami persiapkan di Indonesia,” kata Zhang Wei sambil tersenyum.
Zhang Wei pun menuturkan strategi apa saja yang akan dilakukan Maxus di Indonesia.
“Strategi kami, Pertama-pertama, kedua model ini memiliki segmen yang berbeda. Satu model MPV luxury dengan dimensi yang lebih besar, satu model luxury tapi kami memiliki model yang berbeda. Kami bisa mengatakan kami menjadi yang pertama memperkenalkan Luxury MPV EV dan kami mulai mengirimkan produk kami pada Desember 2024. Dan untuk Mifa 7, ini produk yang menarik, karena harga yang kami tawarkan bisa dikatakan murah. Berdasarkan riset kami, banyak konsumen yang menginginkan kendaraan listrik keluarga yang memiliki dimensi besar,” kata Zhang.
Pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, diikuti model dan merk baru yang masuk Indonesia, salah satunya Maxus. Pada hari pertama GJAW 2024, produsen mobil listrik asal Tiongkok yang diboyong Indomobil Group sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) tersebut resmi meluncurkan dua MPV listrik andalannya Mifa 7 dan Mifa 9. Foto: Rifkianto Nugroho
“Selain itu mobil listrik memiliki sisi ekonomis yang tinggi, memiliki pajak murah, dan tidak perlu perawatan yang rumit, dan ramah lingkungan. Dan kami juga bisa memberikan pengalaman dan kenyamanan MPV listrik sesungguhnya, konsumen akan mendapatkan banyak keuntungan dengan memilih kendaraan kami,” Zhang Wei menuturkan.
Dalam kesempatan yang sama Chief Operating Officer PT Indomobil Energi Baru, Yudhy Tan menambahkan target pertama
“Untuk pertama target kami adalah memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Memberikan yang terbaik, apa yang mereka butuhkan. Kami akan memberikan diler terbaik, service center, dan semua yang terbaik untuk konsumen. Sehingga bisa membuat konsumen happy memiliki kendaraan kami,” tutup Yudhy.
(lth/rgr)