Jakarta –
Honda Scoopy baru menggunakan mesin yang sama seperti Honda BeAT. Namun, pabrikan memberikan ‘sentuhan tambahan’ agar sesuai dengan karakter pengendara skuter matik tersebut.
Kepastian itu disampaikan Nattawat Akrasukphaisan selaku Product Engineering Division Honda R&D Southeast Asia. Menurutnya, ‘sentuhan tambahan’ tersebut merupakan optimasi di bagian injeksi.
“Honda Scoopy baru dan BeAT pakai mesin yang sama, eSP 110cc. Perbedaannya ada di FI (fuel injection) tunning yang disesuaikan dengan karakter motor,” ujar Nattawat di sela-sela peluncuran produk di Cikarang, Jawa Barat.
PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama
Hal yang sama juga disampaikan Senior Analyst New Model Service and Publication Dept PT AHM Sarwono Edhi. Sehingga, Honda Scoopy baru menawarkan sensasi berkendara yang sedikit berbeda dibandingkan Honda BeAT.
“Mesin motornya sama kayak Honda BeAT baru. Perbedaannya hanya FI tuning saja. Itu disesuaikan dengan karakter pengguna yang lebih slow dan fashion,” kata Sarwono Edhi.
Sebagai catatan, Honda Scoopy baru menggendong mesin eSP 110cc SOHC dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW dan torsi puncak 9,2 Nm. Mesin itu sudah memenuhi standar Euro 3.
Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto
Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 59 km/liter. Honda Scoopy baru punya tangki bensin berkapasitas 4,2 liter. Sehingga, dalam kondisi full tank, skutik tersebut bisa menempuh jarak 247 km!
Namun, perlu dicatat, angka itu merupakan klaim internal AHM. Sedangkan untuk mengetahui hasil pastinya, kami perlu melakukan pengetesan pribadi secara fuel to fuel.
(sfn/rgr)