JAKARTA – Survei Klook Travel Pulse mengungkapkan 91 persen wisatawan Indonesia berencana untuk berlibur ke luar negeri pada tahun ini.
Survei yang dilakukan pada Desember 2024 melalui GlobalWebIndex (GWI) ini mencakup 7.000 responden di 14 negara, yakni Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Jepang, Australia, Tiongkok Daratan, India, Indonesia, dan Amerika Serikat.
“Terungkap sebanyak 91 persen dari wisatawan Indonesia berencana melakukan wisata internasional di 2025,” ungkap General Manager Klook untuk Indonesia, Singapura, dan Malaysia, Sarah Wan, Selasa, 4 Maret.
Sarah memaparkan, dari wisatawan Indonesia akan menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga di luar negeri, sebanyak 55 persennya akan melakukan wisata internasional dalam 3-6 bulan ke depan, termasuk pada periode lebaran.
“Kami melihat semakin banyak warga Indonesia yang menghabiskan momen Lebaran bersama keluarga untuk berwisata ke luar negeri,” ujar Sarah.
Terungkap tiga destinasi favorit wisatawan Indonesia pada 2025 yaitu Jepang, Singapura dan Korea Selatan. Adapun Kota destinasi favorit untuk wisatawan yang ingin berwisata ke Jepang adalah Tokyo dan Osaka, dua kota terbesar di Jepang.
“Melihat antusias wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Jepang, Klook Travel Station akan memberikan banyak promosi wisata Jepang, termasuk beli 1 gratis 1 untuk Universal Studios Jepang, diskon 50 persen untuk semua destinasi, dan 30 persen untuk tiket Shinkansen sekali jalan,” tutur Sarah.
Dia menambahkan dari survei juga ditemukan 4 dari 5 wisatawan memiliki keterbatasan finansial dalam berwisata. Akan tetapi, sebanyak 62 persen dari wisatawan bersedia untuk menghabiskan setengah dari budget wisata guna mendapatkan pengalaman seperti atraksi dan tur.
“Karena itu, di Klook Travel Station, Klook memberikan satu pengunjung beruntung, berupa satu Klook travel voucher Rp10 juta untuk digunakan pemenang berwisata ke destinasi manapun. Program ini dapat diperoleh mulai 5 hingga 9 Maret 2025 di Central Park Mall, Jakarta,” jelasnya.
Selain itu, lanjut dia, wisatawan bisa langsung memilih tempat duduk di Shinkansen dengan pemandangan gunung Fuji atau memiliki opsi tempat duduk dengan penyimpanan bagasi besar.
Kemudian, wisatawan juga lebih mudah masuk stasiun hanya dengan fitur scan QR code yang langsung diperoleh di aplikasi Klook saat pembelian.