13 Tahun Lalu Instagram Resmi Dirilis, Dibeli Facebook USD1 Miliar Tunai

6 October 2023, 15:05

TEMPO.CO, Jakarta – Instagram dikenal sebagai salah satu platform media sosial online dan layanan jejaring sosial untuk berbagi foto dan video. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2010 oleh salah satu pendiri Kevin Systrom dan Mike Krieger, dan sekarang dimiliki oleh Meta Platforms , Inc., perusahaan induk Facebook.Salah satu platform media sosial terbesar di dunia, Instagram berhasil melampaui dua miliar pengguna aktif bulanan pada tahun 2022. Kantor pusat perusahaan berada di Menlo Park, California. Simak kilas balik beroperasinya Instagram berikut.Kilas balik peluncuran media sosial InstagramInstagram diluncurkan oleh Kevin Systrom. Systrom merupakan lulusan Stanford dan sebelumnya bekerja di Google. Kreasi awalnya yakni Burbn, dinamakan demikian karena ketertarikannya pada wiskidan bourbon. Hal ini juga terinspirasi oleh popularitas Foursquare dan platform berbasis lokasi lainnya.Burbn saat itu memberi fasilitas pengguna untuk memposting tulisan bersama dengan foto, yang belum menjadi pokok postingan sosial. Systrom mendapatkan pendanaan ventura untuk Burbn dan kemudian merekrut sesama lulusan Stanford, yakni Mike Krieger yang pernah bekerja di platform media sosial Meebo. Kemudian, mereka mengerjakan ulang konsep tersebut untuk fokus pada foto yang diambil menggunakan perangkat seluler dan menamainya Instagram. Systrom dan Krieger menganut minimalisme dengan prototipe mereka, berkonsentrasi pada gambar dengan memberi opsi untuk menambahkan filter, komentar, dan fitur “suka”. Kevin Systrom dan Mike Krieger juga memutuskan untuk menghindari versi Web untuk aplikasi iOS yang akan memanfaatkan kemampuan fotografi iPhone 4 yang jauh lebih baik. Setelah ditekuni, mereka berhasil menyelesaikan aplikasinya dalam beberapa bulan.Mereka memposting foto pertama platform tersebut pada Juli 2010. Instagram dirilis ke publik di App Store Apple pada tanggal 6 Oktober 2010 dan berhasil menjangkau 25.000 pengguna pada hari pertama. Kurang dari tiga bulan kemudian, Instagram memiliki satu juta pengguna. Hal ini merupakan sebuah pencapaian yang fenomenal.Seiring dengan pesatnya pertumbuhan popularitas Instagram, perusahaan ini menarik minat berbagai investor dan calon pembeli. Pada April 2012, 18 bulan setelah peluncurannya, Instagram dibeli seharga USD1 miliar dalam bentuk tunai dan saham oleh Facebook. Akuisisi ini terjadi sekitar sebulan sebelum penawaran umum perdana Facebook.Profil Adam Mosseri, kepala Meta yang mengambil alih InstagramKetika Facebook diluncurkan pada tahun 2004, hal itu mengubah cara orang terhubung. Aplikasi seperti Messenger, Instagram, dan WhatsApp semakin memberdayakan miliaran orang di seluruh dunia. Kini, Meta bergerak melampaui layar 2D menuju pengalaman mendalam seperti augmented reality dan virtual reality untuk membantu membangun evolusi berikutnya dalam teknologi sosial.Iklan

Adam Mosseri menjadi kepala Instagram yang mengawasi semua fungsi aplikasi termasuk teknik, produk, dan operasi. Adam telah berada di Meta, sebelumnya Facebook, selama lebih dari 11 tahun. Adam Mosseri merupakan direktur desain aplikasi seluler perusahaan dan kemudian pindah ke manajemen produk di mana dia memimpin tim produk dan teknis Umpan Berita selama bertahun-tahun.Dilansir dari laman resmi Meta, sebelum di Meta, Adam bekerja di TokBox sebagai desainer pertama perusahaan. Adam memulai karirnya dengan mendirikan konsultan desain pada 2003 dengan kantor di New York dan San Francisco yang berfokus pada desain grafis, interaksi, dan pameran. Adam meraih gelar BA dari Gallatin School of Interdisciplinary Study di NYU di mana dia mempelajari Desain Informasi dan Media. Lahir dan besar di New York, Adam sekarang tinggal di San Francisco bersama istri dan ketiga putranya.Fitur dan layanan InstagramFitur dan layanan Instagram berfokus pada postingan yang berisi gambar dan/atau video berdurasi pendek. Postingan ini terdapat dalam profil pengguna dan dapat ditampilkan secara publik di Instagram atau secara pribadi kepada pengikut pengguna.Ada dua saluran utama untuk memposting, yakni feed permanen pengguna atau ke “Stories” mereka, bagian khusus tempat konten tetap ada selama 24 jam sebelum menghilang (kecuali diarsipkan secara khusus). Selain itu, dimungkinkan juga untuk melakukan streaming video “langsung” langsung dari kamera ke platform.Instagram juga memberikan fitur pada pengguna untuk dapat terhubung satu sama lain melalui pesan pribadi (dikenal sebagai pesan langsung atau DM]), di mana mereka dapat berbagi foto atau video permanen atau foto atau video yang hilang (mirip dengan Snapchat).Pengguna juga dapat “mengikuti” satu sama lain, dengan semua akun yang diikuti dikumpulkan menjadi satu feed. Platform Instagram juga memungkinkan penjelajahan berdasarkan topik atau hashtag dan pengguna dapat melihat campuran acak dari postingan populer.Pilihan Editor: Ternyata Ini Nama Instagram Saat Pertama Dibikin

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi