Jakarta –
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus berupaya untuk menghadirkan akses kemudahan perbankan kepada setiap warga negara. Salah satunya lewat kehadiran AgenBRILink.
Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa perseroan terus berupaya mengakselerasi inklusi keuangan serta menciptakan sharing economy bagi masyarakat. Dia mengungkapkan bahwa hingga akhir September 2024, BRI tercatat memiliki lebih dari 1,02 juta AgenBRILink di lebih dari 62 ribu desa di seluruh Indonesia.
“Dari Januari hingga September 2024, para AgenBRILink berhasil mencatatkan total transaksi sebesar Rp 1.170 triliun,” kata Supari dalam keterangan tertulis, Senin (18/11/2024).
Dia mencontohkan salah satu manfaatnya terlihat dari kehadiran AgenBRILink Desa Sentral Baru Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Bengkulu. Lewat AgenBRILink banyak masyarakat dan mendapatkan kemudahan akses perbankan.
Pemilik AgenBRILink di Desa Sentral, Riswan Nurhadi mengatakan keputusan dirinya untuk membuka AgenBRILink yakni untuk memberikan kemudahan kepada warga dalam menikmati akses perbankan.
“Awalnya saya ragu untuk menjadi AgenBRILink karena tidak terbiasa dengan mesin EDC, namun berkat pembelajaran mandiri melalui video tutorial, saya kemudian berhasil menguasai operasional perangkat tersebut,” ujar Riswan.
Keputusan ini terbukti tepat, karena kini masyarakat Desa Sentral Baru dapat melakukan transaksi perbankan tanpa harus menempuh perjalanan 40 menit ke pusat kabupaten.
Riswan menjelaskan beberapa tantangan yang dihadapinya, terutama dalam hal promosi dan membangun kepercayaan di kalangan warga desa.
“Karena kami warga baru, masyarakat awalnya ragu. Tapi, melalui promosi langsung di warung dan dengan bantuan spanduk resmi BRI, akhirnya warga mulai percaya dan bertransaksi di AgenBRILink kami,” tutupnya.
(akd/ega)